Benarkah Sering Mengkonsumsi Kentang Bisa Menimbulkan Hipertensi?

Discussion in 'Health & Medical' started by Rinda Septiani, Sep 13, 2017.

  1. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    833
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kentang telah menjadi salah satu sayuran paling populer. Banyak berbagai makanan olahan yang berasal dari sayuran ini. Seperti kentang goreng selain enak karena cara membuatnya yang praktis serta bahannya yang tidak terlalu banyak, membuat makanan menjadi mudah untuk disukai.

    Makanan yang awalnya populer di negara-negara barat ini sekarang banyak di Indonesia. Selain mudah didapat, kentang kaya akan manfaatnya. Tak sulit untuk mendapatkan kentang dari mulai pasar tradisional hingga pasar modern seperti mall pasti ada.

    Salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kentang mengandung kalium yang dapat menurunkan darah tinggi. Tetapi makan kentang terlalu banyak juga memiliki efek buruk pada tekanan dalam jangka panjang. Lantas benarkan bahwa kentang bisa menimbulkan tekanan darah tinggi?

    Dilansir dari situs Independent, makan empat porsi kentang seperti kentang panggang, kentang rebus atau kentang tumbuk dalam seminggu bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi hingga 11%. Mereka juga menemukan pria maupun wanita yang mengkonsumsi kentang goreng empat porsi bahkan lebih dalam seminggu, mempunyai risiko terkena tekanan darah tinggi 17% lebih tinggi.

    Penyebabnya adalah kadar glikemik tinggi pada kentang. Jenis karbohidrat ini bisa berubah dengan cepat menjadi gula dengan signifikan dan seiring waktu dapat menyebabkan diabetes.

    Sebagai tanggapan, Victoria Taylor, seorang ahli gizi senior di Yayasan Jantung Inggris, mengatakan bahwa riset semacam ini hanya bisa menunjukan asosiasi, bukan sebab dan akibat. Karena itu mereka tidak bisa menyimpulkan bahwa kentang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

    Mereka mengatakan konsumsi kentang yang tinggi seperti kentang tumbuk atau kentang goreng dengan tekanan tinggi belum bisa dipastikan kebenarannya. Boleh kita mengkonsumsi kentang tapi tidak boleh berlebihan.

    Untuk penderita Hipertensi cara mengolah kentang yang baik untuk mendapatkan manfaat yang maksimal adalah dengan menggunakan microweve dengan tidak mengupas kulitnya, serta tidak menggunakan tambahan mentega, minyak atau bumbu. karena kentang yang dipanggang akan lebih baik dari kentang yang digoreng.
     
    Last edited: Sep 13, 2017
Loading...

Share This Page