Berani Bicara di Depan Umum, Ini Rahasianya!

Discussion in 'Science' started by sdkrahman, Jul 5, 2017.

Tags:
  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    187
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Salah satu kelemahan yang sering dialami oleh masyarakat adalah tidak berani bicara di depan umum, berbagai macam hal menjadi penyebabnya, salah satunya adalah kepribadian yang introvert atau tertutup. Hal ini menyebabkan rasa percaya diri mereka untuk berbicara di depan umum juga jadi semakin turun atau berkurang. Jika tak diatasi mulai dari sekarang akibatnya tentu akan sangat buruk kedepannya, termasuk ketika sudah menghadapi dunia kerja, karena apapun posisi Anda pastinya akan dituntut untuk hal ini.

    [​IMG]

    Berani untuk bicara sebenarnya bukan sebuah keahlian yang didapatkan dari lahir, melainkan sebuah skill yang jika di pupuk maka akan semakin bagus hasilnya nanti. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam berbicara, khususnya di depan publik, diantaranya adalah:

    1. Coba untuk atasi ketakutan Anda sendiri, rasa takut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah takut dikritik, takut nantinya salah berucap atau yang lainnya. Hal semacam ini sudah harus ditinggalkan jika Anda ingin menjadi orang yang lebih baik.

    2. Hapus mitos-mitos yang selama ini membayangi, beberapa orang memiliki masalah ketika akan berbicara di depan publik karena adanya beberapa mitos seperti salah kata nantinya akan ditertawakan oleh audience atau sejenisnya. Padahal sebenarnya tidak, karena audience justru akan maklum pada kesalahan yang dibuat tersebut.

    3. Terus berlatih, kunci utamanya memang dengan berlatih, ketika Anda selalu mencoba dengan keras maka nantinya hasil juga tak akan membohongi kerja keras tersebut. Namun berbeda ceritanya jika Anda takut dan justru malah tak mau mencoba, maka kepercayaan diri akan hilang.

    4. Cari dukungan, pastikan bahwa orang-orang yang ada di sekitar Anda juga memberikan masukan positif, semakin banyak masukan positif atau pujian yang diberikan pastinya akan membuat Anda semakin percaya diri.

    Berani bicara di depan umum, adalah sebuah langkah yang baik untuk membina hubungan sosial yang lebih luas, jadilah orang yang supel, untuk mendapatkan lebih banyak kolega atau jaringan dalam berbisnis.
     
  2. Cinta

    Cinta Member

    Joined:
    Dec 31, 2013
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    yg jelas, omongin yg perlu diomongin, persiapkan yg diomongin apa.
     
  3. elghaz1416

    elghaz1416 New Member

    Joined:
    Jul 20, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    "bukan sebuah keahlian yang didapatkan dari lahir" nice quote
     
  4. Dzkry Kun

    Dzkry Kun Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    117
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Latihan terus menerus.. Hapal dengan materi supaya gugupnya hilang.. + katanya belajar latihan depan kaca (cermin)
     
Loading...
Similar Threads - Berani Bicara Depan
  1. pemi
    Replies:
    11
    Views:
    1,308

Share This Page