Berapa Sih Gaji Sistem Analis di Indonesia?

Discussion in 'Programming' started by SatyaAR, Apr 6, 2020.

  1. SatyaAR

    SatyaAR New Member

    Joined:
    Dec 11, 2019
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saat ini pekerjaan dibidang IT sangat menjanjikan untuk masa depan pekerjanya. Hal ini dikarenakan gaji yang diterima cukup besar di beberapa bidang IT seperti analis sistem, IT Engineer, developer, IT consultant, ahli sistem informasi, ahli keamanan siber, pengembang website, hingga menjadi seorang arsitek jaringan komputer. Kali ini kita akan membahas gaji analis sistem di Indonesia, yuk simak ulasannya.

    Jika seorang programmer dibilang sebagai orang yang menciptakan suatu piranti lunak maupun sebuah aplikasi, nah kalau seorang analis sistem merupakan orang yang banyak berkutat pada pengembangan piranti lunak dan aplikasi tersebut.

    [​IMG]
    Sistem analis adalah orang atau kelompok yang bertanggung jawab untuk melaksanakan pengembangan sistem. Sistem analis akan menekuni permasalahan ataupun kebutuhan pada suatu sistem. Karena sistem analis juga merupakan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya proses analisis ataupun perancangan pada sistem informasi. Oleh karena itu seseorang yang bekerja sebagai analis sistem biasanya pernah bekerja sebagai Programmer. Agar tidak kesulitan dalam pekerjaan ini nantinya.

    Selain itu mereka juga diberikan tanggung jawab lebih untuk membuat kebutuhan maupun desain suatu piranti lunak. Proses ini nantinya akan banyak berhubungan dengan klien, artinya seorang sistem analis akan bekerja “dibawah” arahan klien maupun customer.

    Selain dari perihal program dan piranti lunak, seorang analis sistem memiliki tugas untuk memeriksa hardware sistem jaringan yang dimiliki oleh klien secara berkala. Mereka juga bertanggung jawab atas kondisi dari hardware sistem jaringan tersebut.

    Gaji Sistem Analis di Indonesia Tahun 2020

    Berbicara mengenai gaji sistem analis saat ini, gaji disetiap perusahaan di Indonesia pastinya akan sangat berbeda. Faktor lain yang menentukan besaran gaji sistem analis ini juga bisa dilihat dari pengalaman Anda dalam berkecimpung di bidang sistem analis.

    Nah dengan rata-rata pengalaman kerja minimal 3 hingga 5 tahun, seorang analis sistem biasanya akan bisa menerima gaji sebesar Rp6.500.000,- hingga Rp12.000.000,- per bulannya. Tak hanya itu, nilai gaji ini juga akan terus bertambah seiring dengan pengalaman kerja Anda.
     
Loading...

Share This Page