Berbagai Layanan Informasional Yang Anda Dapatkan Dengan BRIAPI

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Dec 31, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Open banking
    adalah salah satu system yang diciptakan oleh bank yang menyediakan jaringan data lembaga keuangan melalui penggunaan antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API). Dengan program ini memudahkan nasabah untuk terhubung langsung dengan bank untuk proses tarnsaksi baik finansial maupun non finansial.

    Melalui layananan ini, kebutuhan di era digital yang serba cepat dan canggih, dimana bank dituntut untuk menyediakan layanan berbasi teknologi digital telah terpenuhi. Manfaat lainnya adalah termasuk lebih mudah mentransfer dana dan membandingkan penawaran produk untuk menciptakan pengalaman perbankan yang paling memenuhi kebutuhan setiap pengguna dengan cara yang paling hemat biaya. Open banking juga dikenal sebagai "data bank terbuka.”

    Salah satu bank yang sudah menyediakan layanan open banking ini adalah BRI. Dalam BRIAPI terdapat layanan-layanan yang dapat membantu nasabah. Salah satunya adalah layanan transaksional. Dalam layanan informasional terdapat beberapa fitur penting diantaranya adalah :

    1. Informasi mutasi

    Dalam setiap transaksi yang terjadi pada bisnis digital akan selalu ada catatan terhadap transaksi tersebut. Catatan ini juga dapat disebut sebagai histori transaksi. Dengan meliat histori transaksi anda dapat melihat kemana saja dan darimana saja uang yang masuk dan keluar dari rekening anda. Dalam dunia perbankan informasi histori ini disebut sebagai mutasi. Mutasi rekening merupakan ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, seperti yang sudah dijelaskan sebagai histori tadi. Manfaat informasi yang terdapat dalam mutasi ini dapat digunakan sebagai bukti hokum telah terjadinya sebuah transaksi keuangan.

    2. Informasi saldo

    Dalam informasi saldo fitur ini akan memberikan informasi saldo terkini rekening anda. Dalam setiap transaksi digital selalu ada catatan terkait jumlah uang yang terdapat pada suatu rekening. Untuk memudahkan akses terhadap informasi saldo rekening perusahaan anda BRIAPI menyediakan produk API layanan informasi saldo. Layanan ini akan memudahkan anda untuk memantau saldo rekening anda secara real time.

    3. Informasi valas

    Bagi anda yang berbisnis di pasar global dan menggunakan mata uang asing sebagai alat pembayarannya tentunya memiliki beberapa perbedaan fundamental dengan bisnis pada pasar domestic. Salah satunya adalah perbedaan nilai mata uang. Untuk itu, pelaku bisnis internasional diharuskan untuk memantau nilai kurs dari valuta asing (valas) karena nilainya yang amat fluktuatif. Dengan layanan informasi valas atau valuta asing ini seperti halnya dalam pemantauan saldo rekening anda dapat melihat valas secara real time.

    Valas merupakan alat yang diakui untuk dijadikan sebagai alat pembayaran dalam perdaganagn internasional. Seperti halnya mata uang lainnya valas juga memiliki nilai kurs yang resmi. BRI valas menjadi pilihan banyak nasabah dalam bertransaksi karena nilai perubahannya yang kompetitif.

    4. Lokasi cabang

    Dengan layanan ini dapat memudahkan anda dalam menemukan informasi dimana kantor cabang terdekat. Hal ini sangat berguna bagi anda yang erring keluar kota dan membutuhkan untuk pergi ke kantor cabang terdekat karena satu dan lain hal yang mengharuskan anda pergi ke kantor cabang terdekat.

    Itulah diantaranya empat layanan informasional yang dapat anda dapatkan dengan BRIAPI. Berbeda dengan layanan transaksional yang menginformasikan lebih kepada jenis-jenis transaksi dalam layanan informasional ini nasabah akan diberi tahu mengenai informasi yang sering dicair oleh nasabah. Dijaman serba modern dan mutahkir (BRI TECH) yang segala kegiatan sudah hampir menggunakan teknologi ini penting sekali bagi anda untuk segera mengadopsi perekembangan teknologi ini.
     
Loading...

Share This Page