Berikut 3 Penyebab Mesin Mobil Overheat

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, May 13, 2022.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    145
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Berikut 3 Penyebab Mesin Mobil Overheat - Kondisi mesin yang terlalu panas atau overheat sering dialami para pengguna mobil. Biasanya masalah tersebut terjadi karena perawatan yang terabaikan, usia mobil yang uzur, atau kondisi cuaca yang ekstrim.

    [​IMG]

    Apabila mobil kamu overheat, ada baiknya hentikan pemakaian mobil karena akan cukup berbahaya. Mesin mobil yang dipaksa terus beroperasi pada suhu yang terlalu tinggi, akan terjadi kerusakan dari ringan sampai berat dimana mesin bisa-bisa perlu diganti.

    Gejala yang dapat dirasakan pada saat overheat yaitu indikator temperatur akan naik dengan cepat dan suara mesin terasa ngelitik dan kurang tenaga. Saat kondisi itu mulai terasa, segeralah untuk menepi dan matikan mesin supaya suhu turun terlebih dahulu.

    Kamu harus lebih waspada pada saat mobil mulai terasa tidak normal serta suhu mesin naik dengan cepat, misalnya suhu naik meskipun baru sebentar dipakai, maka lakukan pengecekan pada beberapa komponen berikut:

    1. Kipas Mesin

    Kipas pada mesin memiliki fungsi untuk menghisap udara agar lewat radiator dan mendinginkan air radiator yang ada. Apabila kipas mati, radiator akan kekurangan suplai udara dan suhu pun akan ikut mengalami peningkatan. Apabila kipas mati, akan timbul kemacetan yang menjadi musuh utama karena hanya sedikit udara yang lewat. Akan tetapi, jika jalanan lancar seperti di tol, suhu akan dapat normal karena angin yang ada saat berjalan cepat.

    2. Thermostat

    Thermostat adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin atau berada di titik optimal. Apabila thermostat tersangkut dan tidak mau membuka, maka hanya akan ada sedikit air yang akan melewati radiator dan membuat mesin kepanasan.

    3. Air Radiator

    Air radiator merupakan salah satu komponen yang paling mudah di cek. Periksa isi air radiator dan lakukan pengecekan juga pada overflow tank jika ada. Kemudian, pastikan air tidak berada di bawah batas minimum ataupun di atas batas maksimum. Jangan lupa juga perhatikan selang radiator apakah dalam kondisi baik atau tidak.

    Apabila mobil kamu mengalami kerusakan pada komponen-komponen yang telah disebutkan diatas dengan ciri-cirinya, maka segeralah bawa mobil kamu ke bengkel terdekat. Rajinlah juga membersihkan bagian-bagian mesin mobil Anda menggunakan produk dari cleanzie agar bisa tetap berjalan dengan sempurna.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,043
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih tipsnya
    Bisa menambah wawasan tentang mobil.
     
Loading...

Share This Page