Berikut adalah Beberapa Cara Mencegah Batu Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 6, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Secara umum, batu ginjal merupakan deposit mineral keras yang terbentuk di dalam ginjal Anda. Mereka menyebabkan rasa sakit yang luar biasa ketika mereka melewati saluran kemih Anda.

    Tidak ada satu cara pasti untuk mencegah batu ginjal, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut. Akan tetapi, kombinasi perubahan pola makan dan gaya hidup, serta beberapa obat, dapat membantu mengurangi risiko Anda.

    Cara mencegah batu ginjal secara alami
    1. Tetap terhidrasi
    [​IMG]
    Sumber gambar: Vidaflonashville.com
    Minum lebih banyak air adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Jika Anda tidak minum dengan cukup, maka produksi urin Anda akan rendah. Hal ini berarti urin Anda lebih pekat dan kecil kemungkinannya untuk melarutkan garam urin yang menyebabkan batu.

    Cobalah minum sekitar delapan gelas cairan setiap hari, atau cukup untuk melewatkan dua liter urin. Jika Anda banyak berolahraga atau berkeringat, atau memiliki riwayat batu sistin, Anda akan membutuhkan cairan tambahan.

    Anda dapat mengetahui apakah Anda terhidrasi dengan melihat warna urin Anda – seharusnya bening atau kuning pucat. Jika gelap, Anda perlu minum lebih banyak.

    2. Mengurangi konsumsi makanan kaya oksalat
    [​IMG]
    Sumber gambar: Drgenesambataro.com
    Pada umumnya, beberapa batu ginjal terbuat dari oksalat, senyawa alami yang ditemukan dalam makanan yang berikatan dengan kalsium dalam urin untuk membentuk batu ginjal. Membatasi makanan kaya oksalat dapat membantu mencegah batu terbentuk.

    Beberapa contoh makanan tinggi oksalat adalah:

    • bayam
    • cokelat
    • ubi jalar
    • kopi
    • kacang kacangan
    • produk kedelai
    Oksalat dan kalsium mengikat bersama dalam saluran pencernaan sebelum mencapai ginjal, jadi lebih sulit bagi batu untuk terbentuk jika Anda makan makanan tinggi oksalat dan makanan kaya kalsium pada saat yang sama.

    3. Hindari suplemen vitamin C
    [​IMG]
    Sumber gambar: Mcmasteroptimalaging.org
    Suplemen vitamin C (asam askorbat) dapat menyebabkan batu ginjal, terutama pada pria. Menurut salah satu studi, pria yang mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi menggandakan risiko pembentukan batu ginjal. Para peneliti tidak percaya vitamin C dari makanan mengandung risiko yang sama.

    4. Mengkonsumsi lebih sedikit garam
    [​IMG]
    Sumber gambar: Amazine.co
    Mengkonsumsi makana tinggi garam meningkatkan risiko batu ginjal kalsium. Menurut Yayasan Perawatan Urologi, terlalu banyak garam dalam urin mencegah kalsium diserap dari urin ke darah. Ini menyebabkan kalsium urin tinggi, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

    Makan lebih sedikit garam membantu menjaga kadar kalsium urin lebih rendah. Semakin rendah kalsium urin, semakin rendah risiko terkena batu ginjal. Untuk mengurangi asupan natrium, baca label makanan dengan cermat.

    5. Mengurangi konsumsi protein hewani
    [​IMG]
    Sumber gambar: Ibudanbalita.com
    Makanan tinggi protein hewani bersifat asam dan dapat meningkatkan asam urin. Asam urin yang tinggi dapat menyebabkan asam urat dan batu ginjal kalsium oksalat.

    Anda harus mencoba membatasi atau menghindari:

    • daging sapi
    • unggas
    • ikan
    • Babi
    Cara mencegah batu ginjal secara medis
    Dalam beberapa kasus, mengganti pilihan makanan Anda mungkin tidak cukup untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Jika Anda memiliki batu yang terus muncul, bicarakan dengan dokter Anda tentang obat apa yang dapat gunakan.

    1. Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat pencegahan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Myhealthystate.org
    Jika Anda rentan terhadap jenis batu ginjal tertentu, obat-obatan tertentu dapat membantu mengendalikannya. Jenis obat yang diresepkan akan tergantung pada jenis batu yang biasanya Anda dapatkan.

    Sebagai contoh:

    • Jika Anda mendapatkan batu kalsium, diuretik tiazid atau fosfat mungkin bermanfaat.
    • Jika Anda mendapatkan batu asam urat, allopurinol (Zyloprim) dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah atau urin Anda.
    • Jika Anda mendapatkan batu struvite, antibiotik jangka panjang dapat digunakan untuk membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada dalam urin Anda
    • Jika Anda mendapatkan batu sistin, capoten (Captopril) dapat membantu mengurangi tingkat sistin dalam urin Anda
    2. Berkonsultasi dengan dokter Anda tentang obat yang sedang Anda pakai
    [​IMG]
    Sumber gambar: Askdoctork.com
    Mengambil resep tertentu atau obat secara bebas dapat menyebabkan batu ginjal.

    Beberapa obat ini adalah:

    • dekongestan
    • diuretik
    • inhibitor protease
    • antikonvulsan
    • steroid
    • obat kemoterapi
    • obat urikosurikus
    Semakin lama Anda mengonsumsi obat ini, semakin tinggi risiko batu ginjal. Jika Anda menggunakan salah satu dari obat-obatan ini, bicarakan dengan dokter Anda tentang opsi obat lain. Anda tidak boleh minum obat resep apa pun tanpa persetujuan dokter.

    Batu ginjal sering ditemukan. Tidak ada jaminan bahwa beberapa metode pencegahan akan berhasil, tetapi mereka dapat mengurangi risiko Anda. Cara terbaik Anda untuk mencegah batu ginjal adalah tetap terhidrasi dan melakukan perubahan diet tertentu.

    Jika Anda memiliki kondisi yang meningkatkan risiko batu ginjal, seperti penyakit radang usus, infeksi saluran kemih yang terus-menerus, atau obesitas, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara mengelolanya untuk mengurangi risiko batu ginjal Anda.

    Jika Anda telah memilikii batu ginjal sebelumnya, minta dokter Anda untuk mengujinya. Setelah Anda tahu jenis batu apa yang Anda miliki, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang ditargetkan untuk mencegah yang baru terbentuk.

    Sumber:
    https://mitrakesehatan.com/berikut-adalah-beberapa-cara-mencegah-batu-ginjal.html
     
Loading...

Share This Page