Berikut adalah Beberapa Efek Samping Pare yang Perlu Anda Ketahui Jika Mengkonsumsinya Secara Berleb

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 22, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Pare merupakan sayuran yang sangat populer karena rasanya yang pahit, dan kebanyakan orang menggunakannya sebagai campuran makanan, seperti siomay. Selain itu, pare juga sering dikonsumsi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Akan tetapi, apabila Anda mengkonsumi pare untuk waktu yang lama, maka hal ini dapat menyebabkan efek samping yang merugikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa efek samping pare yang perlu Anda ketahui jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

    1. Dapat mempengaruhi organ hati Anda
    [​IMG]
    Sumber gambar: Harmonystuart.com
    Apabila Anda mengkonsumsi pare dalam untuk waktu yang lama, maka hal ini dapat menyebabkan peradangan hati. Ini dapat dikaitkan dengan senyawa tertentu dalam sayuran, yang disebut monorcharin. Meskipun pare tidak secara langsung merusak hati, akan tetapi, jika anda mengkonsumsinya dalam jangka panjang, maka hal ini dapat meningkatkan enzim hati dan menghasilkan kondisi yang disebut aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

    2. Tidak baik untuk wanita hamil
    [​IMG]
    Sumber gambar: Rxleaf.com
    Dalam pare. terdapat kandungan emmenagogue (peningkatan aliran menstruasi) dan efek abortifacient jika dikonsumsi berlebihan Hal ini akan memicu kontraksi. Selain itu, wanita menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi pare dalam jumlah berlebih.

    3. Dapat menyebabkan keracunan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Rxleaf.com
    Pare dapat menyebabkan muntah dan diare karena toksisitasnya. Ini karena, pare mengandung senyawa triterpenoid tetrasiklik yang dikenal sebagai cucurbitacins, yang beracun. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada seekor tikus, konsumsi pare berlebihan dalam bentuk jus ditemukan menyebabkan keracunan.

    4. Dapat menyebabkan masalah ginjal
    [​IMG]
    Sumber gambar: Shieldheatlhcare.com
    Konsumsi pare yang berlebihan dapat mempengaruhi fungsi ginjal Anda. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian pare hingga 4000 mg / kg dianggap aman, dan itu tidak menunjukkan efek pada fungsi ginjal tikus. Akan tetapi, asupan labu pahit berlebih (lebih dari dosis yang disarankan) dapat menyebabkan masalah ginjal.

    5. Dapat menyebabkan detak jantung Anda tidak stabil
    [​IMG]
    Sumber gambar: Healthcentral.com
    Apabila detak jantung menjadi tidak teratur, itu mengarah ke penggabungan darah di satu sisi jantung. Ini dapat menyebabkan trombosit membentuk gumpalan, sehingga menyebabkan stroke atau serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, seorang laki-laki berusia 22 tahun mengalami gejala terkait ketika ia minum setengah cangkir jus pare.

    Sebenarnya pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Namun, konsumsi pare secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti keguguran, detak jantung yang tidak teratur, dan sebagainya. Apabila Anda mengalami beberapa efek samping tersebut saat mengkonsumsi pare secara berlebihan, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    Sumber
    https://mitrakesehatan.com/berikut-...i-jika-mengkonsumsinya-secara-berlebihan.html
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Saya suka makan pare, tapi makannya ya sewajarnya dan tidak terlalu sering. Apalagi sekarang sudah tahu efek sampingnya, agak sedikit ngurangin makan pare:D
     
Loading...

Share This Page