Berikut adalah Beberapa Sumber Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh Ketika Pandemi Corona

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, Apr 23, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Salah satu cara terbaik untuk tetap sehat adalah makan makanan bergizi. Itu karena sistem kekebalan tubuh kita bergantung pada pasokan nutrisi yang stabil untuk melakukan tugasnya. Untuk lebih lengkpanya, berikut adalah beberapa sumber makanan untuk meningkatkan imun tubuh ketika pandemi corona.

    1. Wortel, kangkung, dan aprikot untuk sumber beta karoten
    [​IMG]
    Sumber gambar: Vegetarianorganiclife.com
    Beta karoten dikonversi menjadi vitamin A, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Ia bekerja dengan membantu antibodi merespons racun dan zat asing, kata Majumdar.
    Sumber beta karoten yang baik termasuk ubi jalar, wortel, mangga, aprikot, bayam, kangkung, brokoli, labu, dan blewah.

    2. Jeruk, stroberi, dan brokoli untuk sumber Vitamin C
    [​IMG]
    Sumber gambar: Fordhamobserver.com
    Vitamin C meningkatkan kadar antibodi dalam darah dan membantu membedakan limfosit (sel darah putih), yang membantu tubuh menentukan jenis perlindungan apa yang dibutuhkan.
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C yang lebih tinggi (setidaknya 200 miligram) dapat sedikit mengurangi durasi gejala pilek.
    Anda dapat dengan mudah mengonsumsi 200 miligram vitamin C dari kombinasi makanan seperti jeruk, grapefruit, kiwi, stroberi, paprika merah dan hijau, brokoli, kubis dan kembang kol yang dimasak.

    3. Telur, keju, tahu dan jamur untuk sumber Vitamin D
    [​IMG]
    Sumber gambar: Healthlifetips.wordpress.com
    Vitamin D mengatur produksi protein yang “secara selektif membunuh infeksi, termasuk bakteri dan virus,” jelas Dr. Michael Holick, seorang ahli penelitian Vitamin D dari Universitas Boston yang telah menerbitkan lebih dari 500 makalah dan 18 buku tentang Vitamin D. Vitamin D juga mengubah aktivitas dan jumlah sel darah putih, yang dapat mengurangi penyebaran bakteri dan virus, tambah Holick. Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin D termasuk salmon dan sarden; telur, susu dan produk susu nabati; keju, jus, tahu dan jamur.

    4. Kacang, kacang-kacangan, sereal, dan makanan laut untuk asupan Zinc
    [​IMG]
    Sumber gambar: Echoak.com
    Secara umum, Zinc membantu sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh Anda untuk tumbuh dan berdiferensiasi, Beberapa makanan untuk meningkatkan imun tubuh saat pandemi corona yang mengandung Zinc adalah kacang-kacangan, buncis, lentil, tahu, sereal, biji-bijian, bibit gandum, tiram (termasuk kaleng), kepiting, lobster, daging sapi, daging babi, daging unggas dan yogurt.

    5. Susu, telur, kacang-kacangan, dan lainnya untuk sumber protein
    [​IMG]
    Sumber gambar: Unlockfood.ca
    Protein adalah blok pembangun utama untuk sel-sel kekebalan dan antibodi serta memainkan peran penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh kita melakukan tugasnya.
    Protein berasal dari sumber hewani dan nabati dapat ditemukan pada ikan, unggas, daging sapi, susu, yogurt, telur dan keju, serta kacang-kacangan, dan biji-bijian.

    6. Pisang, kacang-kacangan, dan lainnya untuk sumber prebiotik
    [​IMG]
    Sumber gambar: Sweat.com
    Probiotik dan prebiotik membantu meningkatkan kesehatan microbiome, yang pada gilirannya mendukung sistem kekebalan tubuh kita.
    Sumber probiotik terdapat pada makanan olahan susu seperti yogurt dan keju, serta makanan fermentasi seperti kimchi, miso, tempe dan roti. Sementara sumber prebiotik dapat ditemukan pada pisang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, asparagus, artichoke dan kacang-kacangan.

    Itulah beberapa sumber makanan untuk meningkatkan imun tubuh Anda ketika pandemi corona. Ketika imun tubuh Anda kuat, maka segala macam virus dan bakteri akan tidak mudah menyerang Anda.

    Sumber: https://mitrakesehatan.com/sumber-makanan-untuk-meningkatkan-imun-tubuh-ketika-pandemi-corona.html
     
Loading...

Share This Page