Berikut adalah Beberapa Vitamin untuk Diabetes

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, Apr 30, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Mengkonsumsi makanan yang kaya akan sumber vitamin alami adalah ide yang bagus untuk penderita diabetes. Dukungan nutrisi sangat penting bagi penderita diabetes. Ketika kadar glukosa tinggi dalam darah, tubuh mencoba untuk ‘mencuci’ kelebihan gula. Inilah sebabnya penderita diabetes sering menggunakan kamar kecil. Sayangnya, penderita diabetes juga kehilangan nutrisi melalui urin mereka. Studi penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes banyak yang kekurangan vitamin dan mineral penting yang larut dalam air. Terlebih lagi, hilangnya vitamin ini memperburuk kemampuan tubuh untuk mengelola gula darah. Namun, vitamin apa saja yang cocok untuk penderita diabetes? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya.

    1. Vitamin A
    [​IMG]
    Sumber gambar: Kanalaceh.com
    Dengan sifat antioksidan yang kuat, Vitamin A membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan memfasilitasi selaput lendir yang sehat yang dapat melawan penyakit dengan lebih baik. Vitamin A juga sangat penting dalam membangun gigi dan tulang yang kuat. Selain itu, vitamin A juga membantu menunda penyakit Alzheimer, radang sendi, penyakit jantung dan masalah degenerasi otot yang berkaitan dengan usia. Untuk penderita diabetes, karotenoid dalam Vitamin A dapat membantu mencegah retinopati diabetik (suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan dan penglihatan kabur).

    Sumber makanan Vitamin A yang baik termasuk produk susu, telur, minyak hati ikan, daging sapi, ginjal, ayam, sayuran berdaun, wortel, ubi jalar, aprikot, dan blewah.

    2. Vitamin B1
    [​IMG]
    Sumber gambar: Healthmaxx.net
    B1 merupakan salah satu vitamin untuk diabetes. Tugas Vitamin B1 adalah membantu mengubah makanan menjadi energi. Ini penting untuk kesehatan kulit, rambut, otak, jantung, dan fungsi saraf normal. Ini juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan, penyakit jantung dan batu ginjal. Vitamin B1 sangat penting untuk kesehatan saraf pada penderita diabetes khususnya. Vitamin ini dapat menawarkan perlindungan dari kerusakan saraf yang dihadapi penderita diabetes karena kelebihan gula dalam darah mereka.

    Sumber makanan Vitamin B1 yang baik termasuk, ham, hati, kacang-kacangan dan biji-bijian.

    3. Vitamin B3
    [​IMG]
    Sumber gambar: Hellosehat.com
    Vitamin ini penting untuk sistem saraf, sistem pencernaan, kesehatan kulit, rambut, dan otak. Vitamin B3 juga membantu mengubah makanan menjadi sumber energi yang tersedia. Ini sangat membantu bagi mereka yang menderita kelelahan, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi dan kolesterol darah, diabetes, gangguan kulit dan migrain.

    Sumber makanan Vitamin B3 yang baik termasuk daging, jamur, unggas, biji-bijian, selai kacang dan kentang.

    4. Vitamin C
    [​IMG]
    Sumber gambar: Insider.com
    Vitamin C adalah antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga jaringan sehat dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Ini juga membantu menurunkan kadar sorbitol – gula yang dapat mengumpul dan merusak sel-sel di mata, ginjal dan saraf. Semua ini menjadikannya vitamin yang baik untuk para penderita diabetes.

    Sumber makanan yang baik dari Vitamin C termasuk buah jeruk, brokoli, kentang, paprika, bayam, tomat, dan stroberi.

    5. Vitamin D
    [​IMG]
    Sumber gambar: Healthylifetips.wordpress.com
    Vitamin D sangat penting untuk kesehatan karena ia memainkan peran penting dalam memungkinkan tubuh menyerap kalsium dan fosfor, membuat tulang dan gigi lebih kuat dan lebih sehat. Ini meningkatkan produksi peptida antimikroba yang disebut ‘cathelicidins’, yang menghancurkan virus, bakteri dan kuman lainnya. Karena penderita diabetes sangat rentan terhadap infeksi karena ulkus diabetes dan penyakit gusi, penting untuk memastikan tubuh memiliki kadar optimal vitamin larut lemak ini.

    Sumber makanan yang baik dari Vitamin D termasuk susu, ikan, telur, daging, dan minyak hati ikan.

    6. Vitamin E
    [​IMG]
    Sumber gambar: Chews-your-health.com
    Vitamin E mampu meningkatkan kontrol glukosa dan melindungi pembuluh darah serta saraf dari kerusakan akibat radikal bebas yang dipercepat oleh diabetes. Ini menjadikannya salah satu vitamin terbaik untuk penderita diabetes. Studi telah menunjukkan bahwa dosis tinggi vitamin E tambahan bahkan dapat membalikkan kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes dan melindungi terhadap katarak diabetes dan aterosklerosis.

    Sumber makanan yang baik dari Vitamin E termasuk minyak nabati, sayuran hijau berdaun, alpukat, beberapa kacang, biji bunga matahari, selai kacang dan gandum.

    Waktu terbaik untuk mendapatkan vitamin adalah bersamaan dengan makanan Anda. Hal ini memungkinkan nutrisi diserap jauh lebih mudah ke dalam tubuh. Idealnya, vitamin Anda harus dibagi menjadi dosis sepanjang hari, yaitu pagi dan malam.

    Sumber
    https://mitrakesehatan.com/vitamin-untuk-diabetes.html
     
Loading...

Share This Page