Berikut daftar bisnis di masa pandemi yang sudah terbukti menghasilkan cuan

Discussion in 'Online Business' started by abusumayya, Sep 20, 2020.

  1. abusumayya

    abusumayya New Member

    Joined:
    Feb 23, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Enam bulan sudah, pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Semua aspek kehidupan terkena dampaknya, terutama bidang ekonomi. Banyak yang kehilangan pekerjaan mereka dan para pemilik usaha harus gulung tikar. Namun dengan adanya internet, Anda bisa memanfaatkannya untuk dapat penghasilan.

    Cara Memanfaatkan Internet sebagai modal untuk Mendapatkan Penghasilan

    Pada masa pandemi virus Corona yang menyusahkan ini, Anda harus mampu memutar otak supaya tetap bisa bertahan secara finansial. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan dan menghasilkan uang. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan penghasilan:

    1. Berjualan Online
    Cara pertama yang banyak peminatnya adalah menjual barang-barang secara online. Bagi Anda yang sudah memiliki usaha, bisa mencoba memasarkannya melalui platform toko online atau berbagai media sosial. Unggah konten menarik secara konsisten untuk mendapatkan calon konsumen.

    Namun jika tidak punya produk untuk menjualnya, Anda bisa memilih menjadi dropshipper atau reseller. Dengan begitu, tidak harus menyetok barang secara langsung. Sistemnya mudah dan fleksibel sehingga bisa bekerja kapanpun saat berada dalam rumah.

    • Menjadi Content Creator Youtube
    Youtube menjadi salah satu platform paling banyak digandrungi dalam beberapa tahun ini. Selain mendapatkan banyak hiburan menarik dari seluruh dunia, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan diri menjadi content creator.

    Seperti Anda tahu, saat ini menjadi youtuber adalah pekerjaan impian banyak orang. Buat konten menarik sesuai kesukaan dan lakukan promosi ke orang-orang terdekat. Apabila banyak yang tertarik, maka bisa mendapatkan penghasilan.

    • Mengikuti Survei Online
    Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan mengikuti survei online berbayar. Cara kerjanya sangatlah mudah, yaitu dengan mengisi beberapa survei dan dapatkan imbalan berupa selain uang, seperti voucher belanja, pulsa dan lainnya.

    Ada beberapa perusahaan membuka survei online untuk mengetahui pendapat masyarakat akan produk mereka. Meskipun dapat dikatakan tidak memberikan hasil cukup besar, tetapi Anda bisa mengikuti cara ini untuk mengisi waktu luang.

    • Membuat Blog
    Mendapatkan penghasilan pada masa wabah virus Corona berikutnya adalah dengan cara menjadi blogger. Anda bisa memanfaatkan teknologi dan menggabungkannya dengan hobi. Unggah hasil karya-karyamu dan dapatkan uang dari sana.

    Anda bisa mendapatkan uang dari jumlah pembaca atau pengunjung blog. Gunakan domain murah dari Exabytes indonesia. Kemudian lakukan pembuatan konten menarik secara rutin. dan Jangan lupa untuk membagikannya ke seluruh sosial media.

    • Jadi Freelancer Penulis Artikel
    Bagi Anda yang memiliki bakat menulis dengan baik bisa mencoba menjadi freelancer/pekerja lepas menulis artikel. Jenis pekerjaan ini semakin banyak dibutuhkan. Beberapa pemilik website menawarkan fee beragam dengan konten atau tema bermacam-macam.

    Dalam kondisi wabah seperti ini, pekerjaan menulis artikel sangatlah cocok. Anda bisa bekerja dari rumah dengan jam kerja sangat fleksibel. Jika semakin rajin, maka dapat memperoleh uang tambahan hingga jutaan per bulannya. Sangat menarik bukan?

    • Sebagai Penerjemah Bahasa
    Anda memiliki kemampuan bahasa asing bagus? Tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi penerjemah. Biasanya perusahaan membutuhkan seorang translator untuk memasarkan produknya dengan target ke seluruh negara.

    Tidak membutuhkan modal uang, Anda hanya butuh keterampilan bahasa yang baik. Sebagai contoh Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Jerman dan masih banyak lagi. Cari lowongan pekerjaan ini melalui situs online. Biasanya bentuk terjemahan adalah dokumen, jurnal, cerita ataupun lainnya.

    • Jadi Influencer Media Sosial
    Sebagian besar orang pada zaman ini mengenal yang namanya media sosial. Mereka bisa mengunggah foto, berbagi pengalaman, mengungkapkan ide dan lainnya. Anda pasti juga sudah tidak asing lagi dengan sebutan influencer. Ini bisa dikatakan artis dari sosmed yang punya banyak pengikut.

    Apa untungnya menjadi influencer? Jika Anda memiliki pengikut media sosial yang banyak, maka bisa mendapat kesempatan endorse atau menjadi brand ambassador suatu produk. Dengan memasarkan barang-barang dari sebuah merk atau perusahaan ini, maka bisa menghasilkan uang cukup besar.

    • Menjual Desain Grafis
    Berikutnya ada cara yang dapat menjadi pilihan bagi Anda seorang desainer grafis atau hobi dalam bidang ini. Manfaatkan kemampuan tersebut dengan menjual karya-karya melalui media sosial, toko online dan website penyedia layanan graphic designer.

    Banyak sekali anak muda yang tertarik untuk membeli desain grafis dengan berbagai keperluan, seperti mencetak kaos, logo dan lainnya. Bagikan hasil dari desain Anda melalui medsos sebagai ajang promosi. Sesekali berikan promo untuk menarik pelanggan lebih banyak.

    • Ikut Sebagai Tutor Online
    Saat ini, semua pelajar melakukan kegiatan belajar mereka di rumah. Banyak yang merasa kurang dalam menyerap materi secara daring. Oleh karena itu, ada beberapa siswa/mahasiswa membutuhkan bimbingan belajar online.

    Beberapa situs layanan belajar online membutuhkan banyak tenaga pendidik, seperti Quipper dan Zenius. Pilih materi pelajaran sesuai dengan bakat, seperti Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan lainnya. Anda bisa melamarnya dan dapatkan penghasilan dari sana.

    1. Jual Foto ke Microstock
    Microstock merupakan situs yang menyediakan berbagai jenis foto berbayar. Bagi Anda seorang fotografer atau penyuka dunia ini, bisa memanfaatkannya untuk memperoleh penghasilan tambahan pada masa pandemi Covid-19.

    Tidak hanya fotografer, seorang desainer grafis juga bisa menjual karyanya melalui platform ini. Anda tidak membutuhkan modal untuk bisa memasang produk dagangan. Tetapi, perlu membuat akun pembayaran untuk memudahkan transaksi, yaitu Paypal.

    Tips Mendapatkan Penghasilan Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Blogging

    Semua orang merasakan dampak dari adanya wabah virus Corona ini. Agar tetap bisa mendapatkan penghasilan, salah satu caranya adalah dengan membuat blog. Berikut tips tetap menghasilkan uang dengan menjadi blogger sukses pada masa pandemi:

    1. Menentukan Tujuan
    Untuk bisa mendapatkan uang dari blog tidaklah mudah dan instan. Langkah awal dalam memulainya adalah dengan menentukan tujuan. Ini penting agar Anda mengetahui ke arah mana blog akan dibawa atau dikembangkan.

    Apapun tujuan Anda harus menjadikannya sebuah patokan dan motivasi agar terus giat dalam membuat konten. Butuh kerja keras serta ketelatenan agar blog semakin berkembang, memperoleh banyak pembaca atau pengunjung hingga akhirnya menghasilkan pundi-pundi rupiah.

    • Pilih Topik Sesuai Keinginan
    Setelah mengetahui tujuan, Anda bisa menentukan topiknya. Tema ini sangatlah luas. Agar lebih mudah, pilih saja sesuatu yang menjadi hobi atau kegemaran. Dengan begitu, tidak akan kesulitan dalam membuat postingan nantinya karena ide terus mengalir.

    Anda juga bisa memilih topik yang paling menjadi incaran atau pilihan masyarakat. Dalam hal ini dapat mencari tahu pada mesin pencari. Kemudian kembangkan ide tersebut agar tidak terjadi kebosanan ketika menulis konten. Karena jika sudah bosan, pasti akan terhenti dan tidak berkembang.

    • Pilih Platform
    Ada beragam platform untuk mengembangkan blog yang bisa Anda pilih. Dalam memilihnya sesuaikanlah dengan tujuan serta kemampuan. Contoh dari platform yang banyak menjadi pilihan adalah WordPress dengan berbagai fitur kemudahan dan cocok bagi pemula.

    Selain itu, platform tersebut juga sangat ramah dengan mesin pencarian. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah masuk ke dalam halaman utama Google. Bahkan, pengunjung semakin bertambah dan penghasilan lebih banyak lagi.

    • Pilih Hosting dan Domain Terpercaya
    Tips jitu dalam kesuksesan blogging adalah pemilihan hosting dan domain terpercaya. Anda bisa memilih Hosting WordPress terbaik dari Exabytes indonesia. Ini merupakan web penyedia Hosting terbaik indonesia yang telah berpengalaman selama 18 tahun dan menjadi pilihan banyak orang.

    Setelah itu, tentukan juga domain untuk blog sesuai dengan keinginan. Ini penting untuk memudahkan pengguna agar terhubung dengan internet serta dapat mengakses situs dengan mudah dan cepat.

    Selain kualitas layanan yang bagus di Exabytes Indonesia juga menyediakan Domain Murah untuk selalu memanjakan para pelanggannya.

    • Meningkatkan Kemampuan Menulis
    Setelah melakukan setting awal pembuatan blog, maka Anda harus meningkatkan kemampuan menulis. Ada banyak saingan blogger lain dengan tema yang sama. Oleh karena itu, teruslah belajar menulis sesuai dengan kaidah agar lebih enak untuk membacanya serta berkualitas.

    Untuk bisa menarik pembaca lebih banyak, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut:

    • Pertama, gunakan penjelasan sederhana dan mudah dipahami.
    • Kedua, pakailah kalimat dan paragraf yang pendek.
    • Ketiga, pilih topik spesifik.
    • Terakhir adalah gunakan heading agar lebih mudah dalam membaca.
    • Jangan Malas Belajar Hal-hal Baru
    Apapun pilihan topik pasti akan selalu mengalami perkembangan. Apalagi jumlah blogger juga terus meningkat. Anda harus mau untuk belajar hal-hal baru dalam rangka mengembangkan blog menjadi lebih sukses.

    Lakukan penelitian kecil dengan melihat blog lain yang punya topik sama dengan Anda. Belajarlah bagaimana cara mengelolanya agar lebih enak untuk melihat serta membacanya. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk belajar hal baru.

    • Buat Konten Secara Produktif
    Agar konten Anda bisa masuk dalam halaman pertama pencarian, maka harus membuat secara produktif. Setiap postingan terbaru akan muncul pada bagian atas blog. Dengan terus memperbarui isi, maka pembaca akan mendapatkan informasi terbaru.

    Hal tersebut berbanding terbalik dengan blog yang tidak pernah memperbarui konten akan memiliki kesan tidak terurus. Oleh karena itu, agar tetap bersaing buatlah konten secara produktif. Lakukan beberapa tips seperti, memakai template, buat mind map dan selalu update.

    • Kreatiflah
    Cara berikutnya agar tetap memperoleh jumlah kunjungan banyak adalah dengan membuat konten menarik. Buatlah postingan yang berbeda dari blog lainnya sehingga menjadi sebuah ciri unik dari situs milik Anda.

    Contoh cara kreatif yang dapat dipilih, antara lain memberikan informasi terbaru, penyampaian baru dan segar, memanfaatkan media pendukung, seperti grafik atau video serta tetaplah konsisten dalam membuat konten.

    Cara Memanfaatkan Blogging Untuk Memperoleh Penghasilan

    #dirumahsaja bukan berarti Anda tidak melakukan apapun. Namun ada cara untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan blog pribadi. Berikut ulasannya:

    1. Ikut Affiliate Marketing
    Affiliate marketing merupakan salah satu jenis bisnis, yang mana Anda akan mendapatkan upah dari hasil mempromosikan produk pedagang (merchant). Seorang affiliate akan mendapatkan link atau banner untuk kemudian menaruhnya pada blog.

    Sama seperti blogger, Anda harus melakukan penulisan konten promosi berkualitas agar produk menarik perhatian calon konsumen. Kemudian perhatikan juga SEO karena juga mempengaruhi bagaimana pembeli melihat barang dagangan tersebut.

    • Menjual dan Memasarkan Produk
    Selain bisa mengikuti affiliate marketing, Anda yang punya usaha sendiri bisa menggunakan blog sebagai media promosi. Contohnya menjual dan memasarkan pakaian, makanan, perabotan rumah tangga, peralatan memasak dan lainnya.

    Agar menarik perhatian manfaatkan teknologi pendukung dalam blog seperti video. Buatlah tutorial memadu-padankan fashion atau tips dan trik dalam melakukan suatu hal. Anda juga bisa menulis ebook dari kumpulan tulisan-tulisan yang kemudian bisa menerbitkannya.

    • Menawarkan Jasa
    Selain dapat melakukan pemasaran dan penjualan produk, Anda juga bisa menawarkan jasa. Dalam dunia blogging, layanan coding menjadi yang paling banyak dicari. Ini merupakan sebuah bisnis untuk menjual jasa pembuatan website kepada pengunjung blog.

    Buatlah konten yang menarik agar calon konsumen semakin yakin untuk memesan website kepada Anda. Hal ini tentu sangat penting karena jika blog milik sendiri sudah bagus dan terlihat profesional, maka pengunjung akan mempertimbangkannya.

    • Situs Membership
    ini merupakan merupakan cara berikutnya dalam memanfaatkan blog untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Situs membership memungkinkan para pengunjung bisa menikmati beragam konten dengan membayarnya terlebih dahulu, sebagai contoh Netflix.

    Situs membership akan memberikan Anda penghasilan rutin pada setiap bulannya. Namun, hal tersebut juga tergantung pada situs pembayaran serta jumlah pengunjung atau penikmat konten-konten yang tersedia.

    • Google AdSense
    Berikutnya ada kegiatan menempatkan iklan dalam blog Anda. Ini merupakan cara terbaik serta banyak yang melakukannya karena menghasilkan pemasukan cukup bagus. Google AdSense memiliki program PPC (Pay per Click) untuk bisa menampilkan sponsor.

    Agar bisa mendapatkan uang, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dalam hal ini, Google akan mengatur serta menangani semua hal berkaitan dengan periklanan dalam blog, seperti mana yang ditampilkan, cara penagihan dan lain-lain.

    • Giveaway
    Istilah yang satu populer belakangan ini. Giveaway adalah pemberian hadiah dari adanya kuis atau kegiatan kepada para pengunjung blog. Anda bisa memberikannya karena mereka telah mempromosikan situs, bergabung menggunakan bulletin email dan masih banyak lagi lainnya.

    Biasanya pemberian giveaway terjadi pada hari-hari atau momen tertentu, seperti Hari Kemerdekaan RI, Hari Pahlawan, Idul Fitri, Natal dan lainnya. Meskipun Anda harus mengeluarkan uang untuk memberi hadiah, tetapi hasil dari promosi akan berdampak baik buat blog kedepannya.

    • Konten Bersponsor
    Blog yang sudah berkembang serta memiliki traffic bagus dapat menjalankan bisnis dengan baik. Dengan begitu, akan membuat blogger atau orang lain ingin melakukan kerja sama dengan Anda. Kesempatan ini sangatlah bagus untuk menambah pendapatan pada masa pandemi seperti ini.

    Anda akan mendapatkan bayaran dari pihak perusahaan yang menginginkan untuk menerbitkan artikel dalam blog. Untuk bisa memperoleh hasil pendapatan optimal, maka lakukan juga laporan analisis blog, publikasikan postingan yang bersponsor tersebut dan negosiasikan harga terbaik.

    • Podcast Advertising
    Jika Anda memiliki kemampuan berbicara yang bagus, maka bisa mencoba menjadi seorang podcast advertiser. Berbeda dengan cara promosi dengan menggunakan tulisan, memakai podcast (berbentuk audio) sehingga fokus konsumen adalah setiap pengucapan kata.

    Selain itu, podcast juga lebih fleksibel yang mana dapat mendengarkannya kapan serta di mana saja. Misalkan sambil belajar, memasak, olahraga dan lain sebagainya. Menjadi podcast advertiser memiliki prospek cerah.

    Dan yang paling penting adalah Gunakan Hosting Terbaik Indonesia dari Exabytes agar mendapatkan traffic bagus.

    Demikian informasi mengenai cara-cara untuk mendapatkan penghasilan pada masa pandemi Covid-19 ini. Salah satu cara terpopuler ialah dengan membuat blog. Anda bisa mencoba mengikuti satu dari beberapa pekerjaan terkait sesuai dengan bakat dan minat.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kawan kawan yang kesulitan mencari pekerjaan atau bisnis di tengah pandemi sekarang ini.

    Dan akhir kata kita semua berharap semoga wabah ini cepat berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas normal seperti sebelumnya.kita rindu akan keadaan dimana kita bisa berkumpul bersama sama menghirup udara yang sejuk dan bersih yang terbebas dari segala penyakit.

    Amin.

    Indonesia bisa,indonesia maju……..!
     
Loading...

Share This Page