Berikut Ini Hal yang Harus Dilakukan untuk Mengatasai Dampak Gempa

Discussion in 'Science' started by Faniditya Ramadhan, Oct 3, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    94
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Saat ini teknologi belum bisa memprediksi secara tepat apabila bencana akan terjadi. Oleh karena itu manusia hanya bisa bersiap-siap untuk melakukan pencegahan. Belum lama ini juga bangsa Indonesia banyak mengalami musibah dimana diantaranya diakibatkan oleh gempa bumi. Apalagi memang masyarakat Indonesia yang berada ditengah garis khatulistiwa mengakibatkan rentan mengalami musibah gempa bumi.

    Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi sebagai upaya untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak gempa bumi. Berikut adalah beberapa hal yang harus diterapkan untuk mengatasi dampak gempa bumi.

    Ikut Serta dalam Pelatihan Pencegahan Gempa

    Jika kita membandingkan peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia dan di Jepang, dapat dilihat terdapat perbedaan yang signifikan mengenai jumlah korban. Hal itu tidak bisa dilepaskan karena masyarakat Indonesia sendiri kurang memiliki persiapan sedemikian rupa ketika menghadapi kasus seperti itu.

    Oleh karena itu, untuk mengatasi dampak gempa bumi, sebaiknya sedini mungkin untuk mengikuti pelatihan gempa bumi karena akan diajarkan berbagai pengenalan tentang gempa, tsunami, dan tindakan apa saja yang harus dilakukan. Hal ini tentunya juga harus didukung upaya dari pemerintah pusat untuk memberikan penyuluhan pecegahan bencana sejak sedini mungkin.

    Pastikan Rumah atau Bangunan yang Ditempati Tahan Gempa

    Lalu, BMKG juga menganjurkan, sebagai upaya untuk mengatasi dampak gempa masyarakat dihimbau untuk memastikan kembali struktur dan letak rumah agar dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi. Pastikan bangunan yang dibangun memiliki ciri bangunan yang tahan akan gempa bumi. Setelah bangunan tersebut terbangun, Anda juga masih harus mengevaluasi dan merenovasi ulang bila ada struktur bangunan yang kurang sesuai agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

    Kembali Mengatur Tata Letak Ruangan Seefisien Mungkin

    Hal kedua yang harus Anda terapkan untuk mengatasi dampak gempa adalah dengan mengatur kembali tatak letak ruangan Anda dirumah dengan lebih efisien. Misalnya saja, perabotan seperti kursi, meja, ataupun lemari, diatur supaya menempel pada dinding. Caranya bisa dipaku, diikat, dan lain sebagainya.

    Tujuannya, adalah agar menghindari kejatuhan, roboh, ataupun bergeser jika terjadi gempa bumi. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. Pastikan juga untuk selalu mematikan gas, air, serta listrik apabila memang tidak sedang digunakan.

    Menyediakan Perlengkapan Wajib

    Hal berikutnya yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak gempa bumi adalah dengan menyediakan berbagai perlengkapan wajib seperti kotak P3K, senter, makanan suplemen, air yang cukup, dll. Hal ini akan sangat membantu apabila terjadi musibah yang tidak mengenal waktu

    Itulah beberapa hal yang bisa diterapkan untuk mengatasi dampak gempa bumi. Pastikan juga rumah Anda dilindungi dengan asuransi terbaik untuk memberikan proteksi menyeluruh dalam segala kondisi mulai dari kebakaran, kerusuhan, banjir, kebongkaran, angin topan, gempa bumi, tsunami hingga kejatuhan pesawat terbang.
     
Loading...

Share This Page