Berikut Merupakan Manfaat Cuka Apel yang Perlu Anda Ketahui

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 18, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Secara umum, produk ini dibuat dengan cara memfermentasi apel. Sari buah apel yang difermentasi tersebut mengandung etil alkohol yang dikonversi menjadi asam asetat oleh mikroba yang disebut Acetobacter.

    Cuka apel yang tidak dipasteurisasi atau organik mengandung mikroba. Mikroba ini, seperti ragi dan bakteri, yang kaya akan enzim dan protein. Mereka membuat sari cuka apel terlihat keruh dan memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat dari cuka apel ini? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya.

    1. Menjaga kesehatan jantung
    [​IMG]
    Sumber gambar: Wallpapersafari.com
    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan telah mengungkapkan bahwa cuka dapat mengurangi trigliserida darah dan kolesterol. Kandungan asam asetat mengurangi kolesterol total serum dan triasilgliserol pada tikus. Selain itu, sebuah studi menganalisis efek cuka apel pada kelinci. Cuka menurunkan sebagian besar parameter biokimia, seperti kolesterol, protein C-reaktif, dan apolipoprotein A, yang dapat meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular, seperti aterosklerosis. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah jantung.

    2. Meningkatkan imunitas tubuh
    [​IMG]
    Sumber gambar: Smile904.fm
    Cuka apel kaya akan antioksidan dan fenol. Beberapa kandungan tersebut membantu membersihkan racun dari sel yang diproduksi selama stres oksidatif. Selain itu, banyak obat tradisional menggunakan cuka ape; untuk mengobati penyakit terkait peradangan, seperti multiple sclerosis, ankylosing spondylitis, rheumatoid arthritis, serta meningkatkan imunitas tubuh Anda.

    3. Menurunkan berat badan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Imgfast.net
    Tahukah Anda, jika banyak orang mengkonsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan, tetapi mereka tidak tahu sisa manfaat lain cuka sari apel bagi kesehatan. Sari cuka apel mampu menurunkan berat badan tanpa harus merubah pola makan. Namun, ketika mengkonsumsi sari apel sambil dikombinasikan dengan gaya hidup yang sehat, maka hasilnya akan lebih maksimal. Cuka apel meningkatkan rasa kenyang dan itu sangat membantu untuk tetap mengikuti diet sehat Anda.

    4. Mencegah diabetes
    [​IMG]
    Sumber gambar: Bostonmagazine.com
    Selain bagus untuk diet, ternyata cuka apel juga sangat baik dalam mencegah penyakit diabetes. Jadi, jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes, Anda harus mempertimbangkan minum cuka apel untuk mengurangi risiko penyakit tersebut. Cuka apel telah terbukti mengurangi kadar gula darah ketika seseorang berpuasa, yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang kesulitan mengatur kadar gula darah mereka sendiri, seperti mereka yang menderita diabetes. Jika Anda menderita diabetes dan mengonsumsi insulin atau obat resep, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum minum cuka apel karena kadar kalium Anda bisa turun terlalu banyak.

    5. Membunuh bakteri
    [​IMG]
    Sumber gambar: Seenthis.net
    Manfaat cuka apel selanjutnya adalah untuk membunuh baketri.Tak hanya tiu, cuka apel juga dapat digunakan untuk mendisinfeksi luka dan mengobati jamur. Ini merupakan hal yang bagus karena cuka apel dapat membunuh bakteri dengan mudah. Ini juga menghambat bakteri, seperti E-coli. Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan secara alami.

    6. Bagus untuk kesehatan kulit dan rambut
    [​IMG]
    Sumber gambar: Cosmeterie.com
    Selain beberapa manfaat tersebut, ternyata cuka apel juga sangat bagus untuk esehatan kulit dan rambut Anda. Inilah beberapa manfaat cuka apel untuk kulit dan rambut Anda.

    • merawat dan mengurangi jerawat
    • merawat kulit terbakar
    • memiliki sifat anti-penuaan;
    • mengurangi rambut kusut
    • membantu rambut mempertahankan kelembabannya
    • mengatasi ketombe.
    Berapa banyak cuka apel yang harus Anda konsumsi setiap harinya?
    [​IMG]
    Sumber gambar: Healthbenefits101.com
    Mengetahui kadar jumlah cuka apel yang harus Anda konsumsi setiap harinya adalah hal yang penting. Karena Anda tidak ingin mengkonsumsinya secara berlebihan. Jadi berapa banyak cuka sari apel setiap hari?

    Dosis umum per hari adalah 15-30 ml. Pada dasarnya, 1-2 sendok makan cuka apel dicampur dengan air atau dibuat menjadi tonik atau ditambahkan ke salad Anda.

    Disankan untuk mulai dengan satu sendok makan dan kemudian naik menjadi 2 sendok makan jika Anda tidak melihat adanya efek samping. Ini bisa menjadi sangat kuat pada awalnya, jadi Anda harus membiasakan diri terlebih dahulu.

    Sumber:
    https://mitrakesehatan.com/berikut-merupakan-manfaat-cuka-apel-yang-perlu-anda-ketahui.html
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    485
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    buat batu ginjal juga ampuh gan, dulu nenek ane batu ginjal minum cuka apel sembuh
     
Loading...

Share This Page