Berjuanglah Untuk Kamu Yang Baru Menjadi Sajana, Memasuki Dunia Kerja Adalah Awal Dari Perjuanganmu

Discussion in 'General Discussion' started by fauzi nurrahman, Nov 15, 2016.

  1. fauzi nurrahman

    fauzi nurrahman New Member

    Joined:
    Oct 25, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Setelah berjuang melalui melalui berbagai rintangan ketika masa perkuliahan, dari mulai puluhan tugas yang harus diselesaikan, kumpulan ujian yang menguras pikiran sampai tugas akhir yang begitu melelahkan. Akhirnya kamu tiba dititik di mana semua perjuanganmu terbayarkan, wisuda yang telah kamu lewatkan menjadi tanda jika kamu telah berhasil melewati masa perkuliahan.

    Segala usaha telah kamu lakukan demi lulus dengan IPK yang membuat bahagia ketika dipandang. Belajar keras saat ujian, menyalin catatan saat kamu absen sampai berusaha menjadi asisten dosen kamu lakukan. Setelah lulus dengan IPK yang membanggakan, langkah selanjutnya yang akan kamu tempuh adalah mendapat pekerjaan yang kamu inginkan.

    Tapi apakah kamu tau jika IPK tinggi saja tidak bisa menjaminmu bisa mendapatkan pekerjaan idamanmu.

    Persiapkanlah dirimu, tes tertulis merupakan rintangan pertama yang harus kamu tempuh

    Sebelum bekerja di sebuah perusahaan, hal pertama yang umumnya akan kamu jumpai saat pertama kali melamar kerja adalah tes tertulis. Di tahap ini kemampuan akademikmu akan di uji kembali, namun kamu tidak perlu khawatir karena soal-soal yang akan kamu temui hanyalah pelajaran dasar yang biasanya menyangkut mata pelajaran matematika.

    Selebihnya adalah soal psikotes yang menuntutmu menyelesaikannya secepat mungkin namun dengan jawaban yang benar. Dalam mengerjakan soal ini kamu harus sangat teliti dan jeli,*belajar* kamu harus mendengarkan dengan benar instruksi dalam mengerjakan soal dari penguji.

    Kesan pertama sangat penting ketika kamu akan melamar bekerja, saat itu penampilanmu sangat diperhatikan

    First Impression atau kesan pertama yang baik merupakan hal yang harus buat saat melamar pekerjaan, sebenarnya hal ini berlaku umum di manapun, saat bertemu orang baru, melamar pekerjaan, maupun melamar calon pasangan. Untuk membuat kesan pertama yang baik saat melamar pekerjaan, kamu harus berpenampilan yang rapih, sopan, bersih dan jika perlu juga wangi. Dengan begitu kamu bisa menambah nilaimu dari segi penampilan.

    Kesiapanmu sebelum wawancara harus kamu prioritaskan, berusahalah untuk tetap tenang saat wawancara pekerjaan

    Hal yang tidak kalah penting dalam mendapatkan pekerjaan impianmu adalah kesiapan dirimu. Berusahalah mencari tahu informasi tentang perusahaan yang akan kamu lamar dan pekerjaan apa yang akan kamu lakukan nanti jika kamu bekerja di perusahaan tersebut. Jika kamu belum tahu akan bekerja di bagian mana, kamu bisa bertanya saat sesi wawancara nanti.

    Ketenanganmu saat wawancara adalah kunci agar kamu bisa di terima bekerja. Mereka akan melemparkan beberapa pertanyaan yang mungkin tidak berhubungan sama sekali tentang pekerjaan bahkan pertanyaan yang bisa memojokanmu. Jika kamu gugup dan panik mungkin kamu akan kesulitan menjawab pertanyaan itu,*bingung* namun jika kamu tenang, pastinya pertanyaan itu bisa kamu jawab dengan baik.

    Agar bisa tenang saat wawancara nanti, kamu bisa berlatih di depan cermin terlebih dahulu. Setelah berlatih ditambah wawasan tentang perusahaan yang telah kamu ketahui, tentunya wawancara nanti akan sangat mudah kamu lalui.

    Perluaslah pengetahuanmu, karena wawasanmu juga begitu menentukan kesempatanmu mendapat pekerjaan

    Seperti yang telah kamu ketahui jika dalam wawancara nanti kamu akan di cerca dengan berbagai pertanyaan, di sini pengetahuanmu juga akan dipertimbangkan. Perluaslah wawasanmu dengan banyak membaca buku, majalah, Koran maupun membaca media online.*kerja* Selain itu kamu juga bisa menonton berita atau talkshow yang bisa memperluas pengetahuanmu.

    Mungkin mengetahui semua itu tidak akan menjamin dirimu untuk bisa diterima bekerja, tapi memiliki banyak wawasan bisa membuatmu siap menghadapi setiap pertanyaan.*keren1* Kamu bisa memanfaatkan pengetahuan yang telah kamu dapat saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh orang yang mewawancaraimu.

    Memiliki kemampuan berbicara bahasa asing bisa memperlebar kesempatanmu, mulailah belajar untuk menguasainya

    Memasuki era Asean Free Trade Area (AFTA) atau yang biasa di sebut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Kemampuan berbicara bahasa asing menjadi sebuah kebutuhan untuk mencari kerja, berlakunya MEA membuat pasar pencari kerja menjadi semakin sengit dengan masuknya para pekerja asing ke negeri kita. Oleh karena itu menguasai bahasa asing menjadi hal yang wajib jika kamu ingin memenangkan persaingan itu.

    Dengan menguasai bahasa asing akan bisa memperbesar kesempatanmu untuk di terima bekerja di perusahaan yang kamu inginkan, bahkan tidak menutup kemungkinan bagimu untuk bisa bekerja di Negara Asean lainnya.

    Dimanapun kamu bekerja, hal yang harus kamu dapatkan adalah pengetahuan dan juga pengalaman

    Mungkin kamu telah menentukan dimana kamu ingin bekerja, bekerja di perusahaan yang bonafit dengan gaji yang tinggi pastilah menjadi harapanmu. Tapi ketahuilah untuk kamu yang baru memasuki dunia pekerjaan bahwa di perusahaan manapun kamu bekerja kamu harus bisa belajar di dalamnya.

    Seperti pesan Jack Ma “masuklah kedalam perusahaan kecil, umumnya di perusahaan besar bagus untuk anda belajar tentang proses, karena anda bagian dari sebuah mesin besar. Tapi di perusahaan kecil anda belajar tentang semangat dan passion, anda belajar tentang mimpi dan belajar bagaimana melakukan banyak hal dalam satu waktu. Jadi dalam bekerja bukan perusahaan yang kamu tuju melainkan bos mana yang kamu ikuti, bos yang baik akan mengajarkanmu dengan cara yang berbeda”

    Hal terpenting yang kamu dapatkan dalam bekerja adalah kamu bisa belajar tentang banyak hal di dalamnya, mengambil sebanyak mungkin ilmu yang bisa kamu kurang yang sapat kamu terapkan saat kamu bekerja di tempat lain ataupun kelak jika kamu akan membangun sebuah perusahaan sendiri.

    Mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja sangatlah penting untuk kamu demi bisa bekerja di perusahaan yang kamu inginkan. Jangan sampai terlena dengan uang saku yang diberikan orang tua sehingga membuatmu malas untuk mencari kerja.


    Selamat berusaha!!!*bagus*

    sumber http://www.wokeeh.com/inspirasi/mendapatkan-pekerjaan-impian/
     
  2. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    359
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Terkadang saya frustasi, hampir semua lapangan pekerjaan orientasinya pada nilai akademis..
     
  3. ubaid

    ubaid Member

    Joined:
    Feb 25, 2014
    Messages:
    210
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Bahasa asing sangat penting, tidak hanya untuk pekerja kantoran tapi juga blogger, ya gak.. pasti CPC nya naik juga berkat bahasa asing.
     
  4. fauzi nurrahman

    fauzi nurrahman New Member

    Joined:
    Oct 25, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bener bang, tapi kalo kita punya suatu keahlian yang kita kuasai dan di butuhkan di perusahaan tertentu, biasanya mereka enggak terlalu mementingkan nilai akademik, lebih ke skill pribadi itu. contoh temen ane yang bisa bahasa jepang, dia bebas mondar mandir masuk ke pabrik ini itu milih gaji sesukanya gegara bisa bahasa jepang doang*akhirnya*
     
  5. fauzi nurrahman

    fauzi nurrahman New Member

    Joined:
    Oct 25, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ane kurang faham bang, belom pernah ngeblog, baru jadi freelance sama doyan nulis iseng aja, bisa di pertimbangkan dah buat bikin blog sendiri*bagus*
     
Loading...

Share This Page