Berkhasiat Atau Berbahaya Bayam Untuk Asam Urat ?

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Nov 19, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    247
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Sayuran bayam ini dapat dikenali di seluruh dunia, bahkan seringkali dikaitkan dengan sebagai sayuran super yang dapat memperkuat otot dan tubuh. Namun, menurut sejumlah pihak menyatakan bahwa sayuran bayam ini dilarang dikonsumsi bagi penderita asam urat. Hal ini ditakutkan akan membuat masalah asam uratnya semakin parah.

    Akan tetapi, hal ini dibantah oleh pakar kesehatan. Anggapan seperti ini hanyalah mitos belaka yang tidak benar adanya. Justru, para pakar kesehatan menganjurkan siapa saja, termasuk penderita asam urat untuk rutin mengkonsumsi sayuran bayam ini. Dikarenakan memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

    Asam urat adalah sebuah penyakit dimana produk libah dalam metabolisme purin dan juga bahan kimia lain di dalam tubuh. Kandungan zat purin sendiri dapat ditemukan di dalam DNA dan diubah menjadi sumber utaman energi di dalam sel. Zat purin sendiri sudah tidak diperlukan lagi di dalam makanan dan dapat sepenuhnya disintesis dari nutrisi lainnya, termasuk protein. Biasanya kandungan purin yang berlebih di dalam tubuh dapat diubah menjadi asam urat dan dikeluarkan.

    Secara umum, tanda yang paling sering muncul dari penyakit asam urat adalah terjadi serangan pada malam hari, seperti nyeri, kemerahan, nyeri pada jempol kaki, dan juga pembengkakan. Selain itu, anda juga akan mendapatkan serangan asam urat pada kaki, lutut, pergelangan kaki, atau pun sendi lainnya. Biasanya, serangan seperti ini dapat berlangsun selama beberap hari atau beberapa minggu sebelum rasa sakitnya menghilang.

    Apakah Bayam Untuk Asam Urat Berkhasiat ?

    Menurut penelitan yang dilakukan oleh American College of Rheumatology menyebutkan bahwa mengkonsumsi sayuran hijau seperti halnya bayam justru sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat. Tidak hanya sayuran seperti bayam saja, makanan lain yang baik untuk pasien untuk penyakit asam urat adalah susu rendah lemak, makanan berserat, dan juga buah segar.

    Manfaat utama dari sayuran bayam ini bagi kesehatan adalah kandungan zat besi tinggi yang dimilikinnya sehingg dapat membantu mencegah defisiensi zat besi, terutama bagi vegetarian. Kandungan bayam sangat tinggi di dalam beberapa vitamin dan juga mineral, khususnya sebagai sumber vitamin A dan K.

    Cara Mengolah Tumis Bayam :

    - Pertama, siapkan bahan-bahan seperti 2 sdt minyak zaitun, 350 gram daun bayam, air secukupnya, garam dan merica secukupnya, dan 3 siung bawang putih cincang.

    - Setelah itu, panaskan terlebih dahulu minyak zaitun, lalu tumis bawang putih sekitar satu menit.

    - Kemudian, masukan bayam lalu tambahkan garam dan merica secukupnya. Selain itu, tambahkan juga air sedikit saja dan masak dengan suhu rendah selama satu menit.

    - Selanjutnya, aduk bayam tersebut sampai layu dan boleh dicicipi untuk perihal rasannya.

    - Terakhir, tumis bayam siap disajikan.

    Makanan yang seharusnya dihindari ialah daging merah seperti daging kambing, domba, sapi, dan lainnya. Selain itu, mengkonsumsi alkohol dan juga jeroan harus dihindari bagi para penderita asam urat.

    Oleh karena itu, anda harus membatasi mengkonsumsi daging dan juga makanan laut sekitar 4-6 ons per hari. Makanan yang tinggi gula, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan juga alkohol harus dihindari.
     
Loading...

Share This Page