Berwisata ke Hutan Dalam Kota di Bogor

Discussion in 'Tourism' started by Haryo Tri W, Nov 7, 2016.

  1. Haryo Tri W

    Haryo Tri W Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    129
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sumber gambar : www.goodnewsfromindonesia.id

    Ke mana Anda akan berlibur di akhir pekan jika Anda tinggal di Jakarta? Berlibur ke suatu tempat wisata atau hanya menginap di hotel dekat Jakarta? Jika akhir pekan dimana hari libur pekerja formal asal Jakarta yang biasanya 2 hari, yakni Sabtu dan Minggu, mungkin akan berlibur ke daerah yang tidak jauh dari ibukota Indonesia ini. Di mana itu?

    Daerah ini sudah sejak lama menjadi tempat peristirahatan karena cuaca dan suhu udaranya yang cukup sejuk. Berada di kaki pegunungan dan memiliki rata-rata curah hujan tahunan cukup tinggi, siapa yang tak kenal dengan daerah ini.

    Apa nama daerahnya? Tidak lain adalah Bogor.

    Tempat wisata apa yang sudah dikenal masyarakat luas yang ada di Bogor? mungkin ada 2 yang menjadi favorit dikunjungi wisatawan, yakni Kebun Raya Bogor dan Taman Safari Bogor.

    Kebun Raya Bogor, tempat wisata ini sudah berdiri sejak lama bahkan sejak zaman Hindia Belanda.

    Kebun Raya Yang Bersejarah

    [​IMG]
    Sumber gambar : www.traveloista.com

    Pada awalnya Kebun Raya digunakan sebagai tempat riset untuk bidang ilmu tumbuh-tumbuhan untuk dipelajari yang nantinya digunakan untuk pengobatan. Cornelis Theodorus Elout, dan G.A.G.P. Baron van der Capellen ke Indonesia dengan Prof. Caspar George Carl Reinwardt adalah orang-orang yang dikirim Kerajaan Belanda ke Indonesia untuk melakukan tugas itu.

    Tak berapa lama tiba di Indonesia, Reinwardt langsung memulai riset dan mengumpulkan semua tanaman di sebuah kebun botani di sekitar halaman Istana Bogor yang sebelumnya didiami oleh Letnan-Gubernur Thomas Stamford Raffles bersama isterinya Olivia Mariamne Raffles.

    Dengan bantuan seorang ahli botani, William Kent, area yang tadinya halaman istana berubah menjadi sebuah kebun yang indah. Inilah awal mula terbentuknya Kebun Raya Bogor. Dengan berdirinya kebun ini menjadikan Bogor sebagai pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia.

    Saat itu diperkirakan sekitar 900 tanaman ada di kebun tersebut. Kini di Bogor ada lembaga bernama Herbarium Bogoriense dimana Reinwardt pula yang menjadi perintisnya untuk bidang pembuatan herbarium.

    Sekitar 47 hektar tanah di sekitar Istana Bogor dan bekas Samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Reinwardt menjadi pengarah pertamanya dari 1817 sampai 1822. Kesempatan ini digunakannya untuk mengumpulkan tanaman dan benih dari bagian lain Nusantara. Bogor pun menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia.

    Sebagai pengembangan koleksi tanaman yang cocok dengan iklim Indonesia, Kebun Raya Bogor mendirikan beberapa cabang kebun raya lainnya, seperti di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Khusus untuk di Jawa Barat, lokasinya berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

    Bila para wisatawan asal Jakarta ingin berlibur ke kebun raya bogor, maka anda bisa menginap di daerah Puncak, Bogor sehingga jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Di sini, ada sebuah hotel mewah yang bisa dipertimbangkan karena fasilitas yang tersedia bisa dikatakan lengkap sehingga membuat liburan jadi menyenangkan.

    Hotel bintang 5 di Jakarta mungkin sudah hal yang biasa tapi tidak dengan Bogor, meskipun hotel bintang 3 atau 4 telah banyak berdiri. Kini telah hadir hotel bintang 5 di Bogor dengan fasilitas lengkap.

    Royal Tulip Gunung Geulis adalah nama hotelnya. Hotel ini berlokasi tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan tempat wisata lain seperti Taman Safari dan Taman Bunga Nusantara. Oleh karena itu jika Anda, penduduk Jakarta, yang sedang merencanakan liburan ke Bogor dan mencari hotel dekat Jakarta maka bisa menginap di Royal Tulip Gunung Geulis - Hotel Bogor.
     
  2. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    69
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Keren banget suasananya gan, kiri kanan belakang bawah ijo semua. :rolleyes::rolleyes:
     
  3. Haryo Tri W

    Haryo Tri W Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    129
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Sehat mas e :D:D ???????????????
     
  4. bilqisan

    bilqisan New Member

    Joined:
    Dec 15, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalau ini ada di belakang rumah ane seger setiap hari lihat ijo ijo seperti ini
     
  5. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    69
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Alhamdulillah mas E ;)
     
  6. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    414
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    wiiih,,,,, kelihatan sangat menawan pemandangan hutannya gan..... cantik deh
     
Loading...

Share This Page