Biaya Buat dan Pondasi Rumah Ukuran 7X12 2024

Discussion in 'General Discussion' started by kalicindil, Apr 8, 2024.

Tags:
  1. kalicindil

    kalicindil Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    61
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Beberapa orang yang hendak membangun sebuah hunian ukuran 7x12 seringkali dibuat bingung terhadap besaran biaya buat pondasi rumah. Mengingat ada anggapan bahwa untuk biayanya tergolong cukup tinggi.

    Pada dasarnya biaya buat pondasi rumah 7x12 sebenarnya terbilang lebih rendah daripada ukuran pondasi lainnya. Namun untuk besaran harganya dapat dibedakan berdasarkan pada jenis pondasi yang tersedia.

    Jenis-jenis pondasi rumah ukuran 7x12 mulai dari pondasi telapak, pondasi dangkal, pondasi sumuran dan pondasi pile. Di sisi lain penggunaan material bangunan untuk pondasi juga dapat mempengaruhi besaran biaya yang harus dikeluarkan.

    Setiap jenis pondasi rumah ukuran 7x12 memiliki besaran biaya yang berbeda-beda, mulai dari termahal hingga termurah pun ada. Dengan begitu kalian bisa menyesuaikan pemilihan jenisnya didasarkan pada kemampuan budget yang dimiliki.

    Ukuran Rumah 7X12
    Biaya-Buat-dan-Pondasi-Rumah-Ukuran-7X12-2024.jpg
    Tidak hanya memikirkan tentang biaya pondasi, tetapi kalian juga perlu memahami dengan baik terkait ukuran rumah 7x12. Beberapa di antaranya mencakup luas area bidang tanah guna mendirikan bangunan. Pastikan agar ukuran rumah melebihi luas tanah di mana hendak dibangun tempat tinggal.

    Rumah tipe 7x12 menjadi salah satu hunian yang memiliki ukuran 84 m2. Pada dasarnya rumah berukuran tersebut termasuk ke dalam kategori tempat tinggal model menengah di mana memiliki desain minimalis. Umumnya guna membangun rumah dengan luas 7x12, seseorang harus menyediakan bidang tanah dengan luas mencapai 100 m2 hingga 120 m2.

    Biaya Buat Pondasi Rumah Ukuran 7X12

    Ketika masih dalam tahap awal pembangunan, maka sudah seharusnya untuk selalu memperhatikan terkait biaya buat pondasi rumah, khususnya untuk ukuran 7x12. Mengingat ketika seseorang mengetahui rincian harganya, maka bisa membuat perencanaan terlebih dahulu. Dengan begitu kalian pun dapat terhindar dari kendala seperti kekurangan biaya.

    Namun perlu diketahui bahwa biaya buat pondasi rumah ukuran 7x12 bisa berbeda-beda sesuai dengan wilayah ataupun kota. Umumnya harga pembuatan pondasi ini cenderung lebih tinggi untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya ataupun Semarang.

    Di dalam penjelasan di mana terdapat pada buku Mekanika Tanah dan Tanah Pondasi, biaya pembuatan pondasi standar per m2 yaitu sekitar Rp 175 ribu (di luar ongkos tukang). Mengutip dari rsudpenajam.id, maka biaya yang dibutuhkan untuk buat pondasi rumah ukuran 7x12 adalah sebagai berikut.
    • 7 x 12 x Rp 175.000 = Rp 14.700.000 (Bahan Dasar)
    • Rp 250.000 (Ongkos Tukang dan Anak Buah) 1 Tukang 1 Anak Buah
    • Rp 1.750.000 (Durasi waktu pengerjaan selama satu minggu)
    Apabila ditotal secara keseluruhan, maka biaya buat pondasi rumah ukuran 7x12, yaitu Rp 14.700.000 + Rp 1.750.000 = Rp 16.450.000. Melalui perhitungan ini, kalian bisa mendapatkan gambaran tentang biaya di mana perlu disiapkan jika hendak mengerjakan pondasi.

    Namun perlu diketahui bahwa biaya perhitungan di atas belum termasuk dengan biaya guna membuat galian pondasi. Apabila perlu membuat galian pondasi dengan yang cukup dalam, maka kalian bisa menambahkan saja dengan ongkos tukang gali.

    Tips Buat Pondasi Rumah Ukuran 7x12

    Setelah mengetahui tentang perkiraan biaya di mana perlu disiapkan untuk buat pondasi rumah ukuran 7x12, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sebagai tambahan informasi. Beberapa di antaranya terkait perbedaan harga pembuatan pondasi dengan wilayah satu dan daerah lainnya. Namun untuk perbedaannya dinilai tidak terlalu signifikan.

    Akan tetapi banyak orang tidak terlalu memahami tentang tips-tips untuk membuat pondasi rumah ukuran 7x12. Hal itu terjadi lantaran sedikitnya informasi pembahasan mengenai tips untuk buat pondasi tempat tinggal tersebut. Tips-tips buat pondasi rumah ukuran 7x12 antara lain:

    1. Konsultasi

    Tips pertama dalam buat pondasi rumah ukuran 7x12 adalah melakukan konsultasi dengan ahli untuk menentukan jenis pondasi secara tepat berdasarkan kondisi tanah ataupun desain tempat tinggal. Seorang ahli akan membantu kalian dalam memilih jenis pondasi sesuai dengan beban bangunan, daya dukung tanah serta sejumlah faktor lainnya.

    2. Perhitungan Tepat

    Kemudian hitunglah kebutuhan material dan biaya pondasi secara matang dan cermat. Buatlah perkiraan budget realistis untuk menghindari terjadinya kekurangan dana di tengah-tengah tahapan pembangunan tempat tinggal.

    3. Detail Gambar

    Selanjutnya kalian bisa buat gambar detail pondasi di mana menunjukkan tulangan, dimensi hingga sambungan. Detail gambar ini dapat membantu tukang dalam membangun pondasi secara tepat serta sesuai spesifikasi yang diiginkan.

    Mungkin itu saja pembahasan mengenai perkiraan biaya buat dan pondasi rumah ukuran 7x12. Pastikan agar selalu memperhitungkan secara matang-matang agar tidak terjadi kendala. Namun kalian juga perlu memperhatikan terkait ongkos pembayaran untuk tukang.

    Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian di mana sedang membutuhkan informasi terkait besaran biaya buat dan pondasi rumah ukuran 7x12.
     
Loading...

Share This Page