Bijian Yang Bisa Dimakan

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, Aug 8, 2019.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    131
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Bijian Yang Bisa Dimakan - Biji-bijian adalah semua biji (atau kernel) yang diproduksi oleh tanaman. Sebagai contoh ialah biji gandum, biji ini berisi tiga buah unsur yang berbeda-beda : kulit biji, embrio tanaman dan endosperm.

    [​IMG]

    Tiga bagian inilah yang bila dimakan akan disebut sebagai gandum. Dalam bahasa Inggris, biji-bijian disebut cereal, ini didefinisikan sebagai sekelompok tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai salah satu sumber karbohidrat atau pati.

    Kulit atau unsur luar embrio sendiri berisi serat yang kaya, vitamin B, 50% hingga 80% dari mineral yang terdapat dalam biji-bijian, dan fitokimia yang berfungsi meningkatkan kesehatan Anda.

    Manfaat Biji-bijian atau Benih untuk Kesehatan

    Dengan mengkonsumsi biji-bijian secara rutin dapat mengurangi resiko dari penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes dimana hal ini sudah dibuktikan secara medis. Resiko obsesitas juga dapat dikurangi bila rutin mengkonsumsi biji-bijian secara teratur, hal ini diukur dengan indeks massa tubuh dan rasio ukuran pinggul, bijian ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah Anda. Kini sudah tidak sedikit makanan di dunia yang memakai biji-bijian yang menawarkan guna yang berbeda.

    Dengan mengkonsumsi biji-bijian dalam jumlah yang tepat akan bermanfaat bagi Anda, yaitu :
    • Kadar trigliserida Anda akan dapat menurun.
    • Baik untuk menurunkan tekanan darah.
    • Mengontrol insulin dalam tubuh.
    • Dapat mengurangi resiko konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.
    • Akan mengontrol atau mengendalikan berat badan Anda.
    • Penumpukan plak pada arteri Anda dapat diperlambat selambat mungkin.
    Di sekitar kita banyak terdapat biji-bjian yang bermanfaat bagi tubuh apabila kita konsumsi seperti biji bunga matahari, biji labu, biji wijen, dan biji semangka merupakan jenis bijian yang mengandung zat begizi bagi tubuh. Dalam biji-bijian mengandung lemak juga, namun lemak jenis ini merupakan lemak tak jenuh. Anda bisa menggunakan alat ukur kelembaban bijian untuk mengetahui seberapa kadar lemak dalam bijian tersebut. Anda dapat mengkonsumsinya untuk kudapan, seperti dijadikan kuaci, atau dimakan langsung bila terdapat dalam daging buah. Berikut merupakan manfaat bijian tersebut.
    1. Biji bunga matahari. Biji ini bunga matahari kaya akan vitamin E dan triptofan. Vitamin E bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Sementara itu, tiptofan akan memberikan efek relaksasi untuk pikiran Anda. Biji bunga matahari biasanya diolah menjadi kuaci.
    2. Biji labu. Biji labu mengandung zat antiradang yang akan bekerja dengan tidak menimbulkan efek samping. Ketika sedang mengalami stres atau depresi yang diakibatkan karena pengaruh obat-obatan, biji labu juga memberikan efek yang menenangkan. Saat diolah dengan cara dipanggang bersama bumbu garam dan merica biji labu ini akan menjadi makanan yang lezat.
    3. Biji semangka. Semangka sendiri merupakan buah yang kaya akan air dan bijinya memiliki kandungan zat besi, kalium, vitamin, lemak, dan kalori yang baik. Agar dapat bermanfaat, pastikan bijinya sudah terlepas dari kulitnya dengan bersih. Selanjutnya Anda bisa mengunyahnya secara langsung.
    4. Biji wijen. Biji ini sudah dikenal karena kandungan gizinya. Hal ini karena biji wijen mengandung kalsium, magnesium, tembaga, besi, seng mangan, vitamin, dan serat. Biji wijen sendiri juga mengandung antioksidan berupa zat lignin. Biji wijen merupakan biji yang sudah banyak dimanfaat dan dicampur dengan bahan pangan.
     
Loading...

Share This Page