Bikin Pinter + Penghilang Stres = Wisata di Siak

Discussion in 'Tourism' started by Wisato, Dec 18, 2019.

  1. Wisato

    Wisato Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kabupaten Siak di Provinsi Riau merupakan salah satu penghasil minyak terbesar kedua di Provinsi Riau. Hal itu menjadikannya daerah terkaya kedua di Provinsi Riau setelah Kabupaten Bengkalis. Tak cuma sebagai penghasil minyak, Siak juga dikenal memiliki berbagai lokasi wisata, yang kental dengan nuansa sejarah dan juga budayanya. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata di Siak.

    1. MASJID SYAHABUDDIN
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @dito_jan
    Jika ingin beriwsata religi sekaligus sejarah dan budaya, maka kamu bisa mengunjungi Masjid Syahabuddin. Masjid yang dibangun pada tahun 1926 oleh Sultan Assayyidis Syarif Kasim Abdul Jalil Saefudin ini terletak 500 meter dari Istana Siak. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang merupakan perpaduan Timur Tengah dan Melayu. Selain itu, yang unik dari masjid ini adalah adanya mimbar dari kayu yang berukiran motif daun dan bunga. Tentunya masjid ini menjadi tempat yang jangan sampai terlewatkan olehmu jika ingin berwisata Siak secara lengkap.

    2. KOMPLEK MAKAM RAJA SIAK
    [​IMG]
    Sumber: flickr.com
    Wisata sejarah dan budaya yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Komplek Makam Raja Siak. Di sini kamu akan melihat langsung makam Sultan Kerajaan Siak Ke-4 (Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah), Makam Sultan Ke-5 (Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Shah), Makam menantu dari Sultan Alam yang merupakan Panglima Perang Kerajaan Siak (Sayid Osman Syahabuddin), Makam istri Alamudin Syah (Sultana Khodijah atau Daeng Tijah), Makam istri Sayid Osman Syahabuddin (Tengku Embong Badariah), dan Makam cucu Sultan Alam (Sayid Zen Al Jufri). Dari sini kamu bisa belajar banyak mengenai sejarah pada masa hidup mereka. Ternyata, di Indonesia masih banyak makam kerajaan lainnya lho! salah satunya yaitu Makam Pangeran Diponegoro yang bisa kamu lihat dalam 7 Museum dan Wisata Sejarah di Makassar.

    3. KAPAL KATO KESULTANAN SIAK
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @exploresiak
    Kapal Kato merupakan sebuah kapal besi dengan bahan bakar batu bara yang dimiliki oleh Sultan Siak untuk mengunjungi daerah-daerah kekuasaannya. Bisa dikatakan bahwa peran kapal ini sama dengan mobil dinas pada masa sekarang ini. Memiliki panjang 12 m dan berat 15 ton, kapal ini kemudian dijadikan monumen oleh pemerintah Siak agar para generasi muda bisa mengetahui sejarah dari Kesultanan Siak.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Kapalnya itu yang memiliki sejarah yang dapat dijadikan pengingat di masa yang akan datang
    Indonesia memang beragam, banyak destinasi wisata yang menarik untuk wisatawan
     
Loading...

Share This Page