Boleh Tidur Di Kelas...

Discussion in 'Education' started by KangAndre, Aug 10, 2016.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,097
    Likes Received:
    2,688
    Trophy Points:
    413
    Siapa bilang tidak boleh tidur di kelas bahkan malah diwajibkan. Tapi ini terjadi di beberapa sekolah Cina dan Taiwan. Terlihat aneh, tetapi kegiatan ini sudah menjadi budaya.

    Seperti Sekolah Dasar 1 Goaxin di Cina mewajibkan siswanya untuk tidur siang di dalam kelas setiap hari. Jika ada siswa di sekolah tersebut yang tidak tidur siang, para guru akan memerintahkan untuk tetap tidur siang karena itu merupakan peraturan bagi siswa-siswa di sana karena termasuk dalam kegiatan sekolah.

    tidur-di-kelas.jpg

    Alasan utama adalah agar para siswa akan merasa lebih tenang sejenak karena banyaknya pelajaran sekolah yang mereka ikuti di sekolah. Selain itu, tidur siang sangat baik untuk masa pertumbuhan anak, namun sayangnya karena bangunan sekolah tersebut tidak memadai maka para siswa tersebut tidur siang di meja mereka masing-masing yang telah diatur oleh guru sebelum siswa-siswanya tertidur lelap.

    Kegiatan tidur siang di kelas di Cina dinamakan Wu Jiao karena kegiatan ini sudah termasuk dalam kegiatan rutin di sekolah maka bantal dan selimut sudah disiapkan dari rumah.Langkah yang tepat bagi para siswa dikarenakan rumah para siswa rata-rata cukup jauh dari sekolah. Jika para siswa harus pulang kerumah untuk beristirahat kemudian melanjutkan jam pelajaran kelas berikutnya maka pasti mereka akan terlambat atau kelelahan. Wu Jiao atau kewajiban tidur siang di kelas dilaksanakan selama setengah jam setelah jam makan siang selesai.

    Bagaimana dengan Indonesia ?

    Di Indonesia, tidur di kelas pasti tidak boleh. Namun di Purwakarta, Jawa Barat. Bupati Dedi Mulyadi mengeluarkan kebijakan mewajibkan seluruh peserta didik tidur siang di kelas yang bertujuan untuk mengurangi tingkat stres siswa serta meningkatkan kadar daya ingat.

    Namun kebijakan ini hanya berlaku untuk sekolah yang menerapkan “full day school” yaitu jadwal pelajaran dari jam 06.00 WIB sampai 15.00 WIB. Waktu tidur siang sudah di atur, yakni mulai pukul 11.30 WIB sampai 12.30 WIB. Dengan demikiam para siswa itu, bisa tidur minimal 10 menit dan maksimal 45 menit. Karena, dalam kurun waktu tidur siang itu, harus digunakan juga untuk beribadah sholat bagi yang muslim, serta makan siang.

    Belakangan ini masyarakat ramai tentang wacana sekolah sehari penuh atau full day school, padahal di beberapa kota sudah banyak yang menerapkan model ini. Dan uraian di atas salah satu kegiatan yang berkaitan pembelajaran di sekolah dan masih banyak kegiatan lainnya.

    Sumber:Siswa Wajib Tidur Siang Di Kelas
     
    lasealwin likes this.
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,853
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau Indonesia tidak harus diwajibkan ... Di Sunnahkan saja pasti banyak yg tidur siswanya...! :D
     
    Marko Sianipar likes this.
  3. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Saya dulu ketika SMA dilarang tidur dikelas saja masih nekad tidur, paling sama bapak/ibu guru suruh nerusin di rumah saja daripada menganggu murid lain *merokok2*
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,097
    Likes Received:
    2,688
    Trophy Points:
    413
    Kalau sudah SMA, tidur di kelas masalahnya sudah lain..... :D
    "tidur siang sangat baik untuk masa pertumbuhan anak"
     
  5. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,250
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    heheheh....
    kalau sampai jam 3 sore sih dah biasa ane den, terutama semasa kelas 12 kemarin...

    Ane tidur waktu pelajarannya mboseni... hmm, atau lebih tepatnya cara penyampaiannya yang kurang menarikk....

    Kalau menarik saya yo melek... *pendekar*
     
  6. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    "Full day school" itu menurut saya kurang efektif karena, tidak kita pungkiri bahwa interaksi anak2 tidak hanya dengan guru dan teman2nya saja tapi juga orang tua, saudara dan orang2 sekitar rumahnya. Selain itu perkembangan otak dan pribadi anak (teruma anak indonesia) masih belum atau kurang biasa beradaptasi dengan perubahan tersebut, pasti yang terjadi adalah jenuh,,, jenuh,,, dan jenuh,,, kasihan mereka juga kan. " Sebenarnya nasib baik atau buruk kehidupan manusia itu (dalam hal ini anak2) tergantung pada diri sendiri bukan pada sekolah formal atau non formal."
     
  7. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Pernah sekolah yak? Kirain langsung bisa *ketawa1*
    Bagaimana dengan anak2 yang sering maen gadget, itulah yang susah. Keponakan saya aja, dikasih maenan tradisional kagak mau, dia malah lebih memilih Tablet *huh*
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,097
    Likes Received:
    2,688
    Trophy Points:
    413
    Efektif atau tidak tergantung sikon. Bagi orang tua yang bekerja semua, menitipkan anak pada sekolah lebih bagus daripada asisten rumah tangga. Tapi bagi keluarga ekonomi lemah, anak diharapkan membantu. Semua kembali kepada ortu, buktinya banyak sekolah FDS yang menolak siswa karena terbatasnya fasilitas. Dua anak saya, sekolah di SD Islam FDS dan nggak ada keluhan pulang jam 4 sore, itupun terkadang pulang sekolah masih main dgn teman sekitar rumah. :D
     
  9. blidee19

    blidee19 Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    90
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Dijepang juga boleh tidur T_T di Indoensia 12 Jam sekolah
     
  10. ubaid

    ubaid Member

    Joined:
    Feb 25, 2014
    Messages:
    210
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    12 jam sekolah akhirnya muridf tertidur sambil belajar, karena tubuh tidak cukup istirahat
     
  11. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Gadget atau alat elektronik lain yang bermanfaat adalah bersifat membantu kelancaran dan keperluan kita, namun sayang kini benda2 itu sering di salah artikan mereka banyak memberikan ruang waktu yang lebih untuk benda2 semacam itu karena asiknya. Nah, kita harus bisa bijak dalam menanggapi hal itu, karena bagaimanapun juga bersosial secara langsung adalah yang terbaik, apalagi kita sebagai orang tua, perannya sangatlah di perlukan.
     
  12. batikhush

    batikhush Member

    Joined:
    May 26, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    setuju gan...tidur siang itu penting bangeet... 15 menit aja....dah bikin seger bugerrr
     
    katon likes this.
  13. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Yap! betul Kang, semua kembali pada orang tua dan efektif atau tidaknya tergantung situasi dan kondisi keluarga masing2, lalu apakah anak2 tidak kaget dengan perubahan yang signifikan seperti itu karena kebanyakan siswa cenderung cepat2 menyelesaikan studinya di sekolah dan ingin pulang, saya sendiri dulu sering pulang sampai sore karena ngikut ektra kulikuler tapi ya itu pingin cepat pulang juga,, Hehe ya di lihat nanti lah ya,,, yang penting sistem pendidikan kita harus maksimal bisa di terima lapisan masyarakat gak seperti dulu,,,
     
  14. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul, tidur siang sangat bermanfaat untuk kesehatan, tapi tetap saja sesuai sikon dan kebutuhan Gan, artinya kalau gak ngantuk ya jangan tidur tapi kalau ngantuk ya tidurlah!!:D
     
  15. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
  16. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sy ada teman yg udah buka sekolah dan menyediakan jam tidur, terbukti efektif. Gak seperti di gbr di atas, tapi di sediakan ruangan khusus..
     
  17. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    ]

    MUKE GILEE.. SETUJU GAAN *ketawa4*

    Jadi keinget, dulu waktu pelajaran geografi di SMA pernah tidur di kelas, hahahaha.. :D untung guru nya baik
     
  18. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    949
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Waduh tidurnya sampai di atas bangku sekolah ya:Dmustinya ditempat kerja juga di buat aturan kaya gini nih,:p
     
  19. Kevin.F

    Kevin.F Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    bahaya juga tuh anak tidur diatas meja, kalau jatuh apa ngak langsung nangis *ketawa4*
     
  20. ostnandar

    ostnandar Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Ane kalau dikampus,kalau puasa .ane sempetin buat tidur.. iya sih malu.cuman kita liat dr sisi mamfaatnya.itu sangat baik buat fisik kita,daya ingat kita dan kekebalan tubuh kita..
     
Loading...

Share This Page