Bukan Duren, Tapi Kayak Duren. Apa itu?

Discussion in 'Tourism' started by Wisato, Jan 14, 2020.

  1. Wisato

    Wisato Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Hayooo, buah apa itu? buah ini kerap ditemukan di Barito Utara lho!

    Barito Utara sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki potensi terbesar berupa hutan dan sektor perkebunan. Sebagai daerah yang kaya dengan potensi alam, tentu saja Barito Utara menyimpan banyak ‘hidden paradise’ yang jarang diketahui oleh masyarakatnya luas. Nah, daripada penasaran, yuk kenalan dengan buah yang mirip duren ini.​

    1. BUAH PAPAKEN
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @seasia.co​
    Buah papaken merupakan buah unik mirip durian namun memiliki daging berwarna merah bata. Dari segi bau juga berbeda kerena buah ini tidak menimbulkan bau menyengat seperti durian. Buah ini memiliki rasa yang lebih berserat dan lebih tidak mudah busuk. Jika kamu memiliki kerabat atau orang dekat yang tidak menyukai durian, mungkin kamu bisa mencoba memberinya oleh-oleh buah Papaken ini sebagai alternatif yang bisa saja disukai karena tidak berbau menyengat.

    2. BUAH KARATUNGEN
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @hendybai​
    Masih dengan hasil alam, buah karatungen merupakan buah berduri yang sangat mirip dengan durian. Buah ini banyak tumbuh bebas di hutan Barito Utara. Berbeda dengan durian pada umumnya, karatungen memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan duri yang lebih panjang. Buah ini memiliki aroma yang lebih menyengat dari durian.

    3. GANTAR BUMI
    [​IMG]
    Sumber: Google​
    Gantar Bumi merupakan variasi durian lokal yang dikembangkan di daerah Barito Utara. Kuliner ini cocok banget bagi kamu yang telah berpergian mengelilingi 10 Tempat Wisata Asyik di Barito Utara! Durian ini dikembangkan dengan cara okulasi di kawasan Muara Teweh dan dipatenkan sebagai varietas unggul nasional.

    4. BUAH LAYUNG
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @atuydenny​
    Buah layung juga merupakan variasi buah durian yang cukup langka yang bisa ditemukan di Barito Utara. Rasa dagingnya manis dan tidak ada rasa pahit yang biasa dirasakan pada buah durian pada umumnya. Daging dari buah layung ini tidak begitu tebal dan bentuk durinya sangat tajam dan panjang.
     
  2. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    139
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    bukan duren ini ya ???? bentuknya kaya apa gitu
     
    Wisato likes this.
Loading...

Share This Page