Bukan Sekadar Lempengan, Plat Nomor Juga Ada Sejarahnya

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 23, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kendaraan bermotor, umumnya memiliki tiga identitas, mulai dari BPKB, STNK dan plat nomor. Anda pastinya mengira kalau yang terpasang di kendaraan bermotor hanyalah sebuah lempengan seng hitam bertuliskan huruf juga angka kemudian di cat warna putih.

    Jika BPKB dan STNK menjadi identitas yang menunjukkan data lengkap dan surat jalan dari kendaraan, memiliki fungsi yang terbilang beda, yaitu sebagai penanda agar kendaraan tidak tertukar dengan lainnya.

    Bayangkan saja, Anda sedang memarkir kendaraan di suatu tempat tanpa memakai plat nomor dan ternyata ada banyak kendaraan yang sama turut parkir di sana. Pasti sangat sulit membedakan mana kendaraan Anda bukan?

    Namun, di balik fungsinya yang ternyata sederhana tetapi sangat krusial, pernahkah terpikirkan oleh Anda bagaimana asal mulanya?


    Asal Mula Munculnya
    [​IMG]
    Asal mulanya pertama kali diperkenalkan oleh negara Perancis pada 1893

    Mungkin, tidak banyak orang yang tahu bahwa diperkenalkan pertama kali oleh negara Perancis, 1893 silam. Kala itu, tujuannya terbilang sederhana, yaitu untuk urusan finansial alias menghasilkan dana dari kendaraan untuk membangun infrastruktur.

    Wilayah yang pertama kali menggunakannya sebagai identitas kendaraan adalah Departemen Seine, dan akhirnya menyebar hingga ke seantero Perancis pada tahun 1901.

    Uniknya, plat nomor ini terdiri dari tanpa pengenal yang langsung dibuat secara personal oleh pemilik kendaraan. Tak lama berselang, tepatnya di tahun 1904, Jerman pun memutuskan untuk melakukan hal yang sama.

    Sayangnya, baik Perancis maupun Jerman belum mengesahkan legalitas dari plat nomor ini, sehingga Belanda pun menjadi negara pertama yang mengumumkan plat nomor sebagai identitas kendaraan secara sah di mata hukum dan wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan di tahun 1898.

    Sementara di Amerika Serikat, wilayah negara bagian West Virginia dan Massachusetts menerbitkan plat nomor pertama kali pada tahun 1903, satu tahun lebih awal dibandingkan dengan Jerman.

    Sejarah mencatat, lempengan ini kala itu dibuat bukan dari bahan logam seng seperti sekarang, melainkan dari keramik biasa atau porselen yang melalui proses pembakaran. Sayangnya, kedua material ini sangat rentan pecah. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...
Similar Threads - Bukan Sekadar Lempengan
  1. Budimola
    Replies:
    0
    Views:
    250

Share This Page