Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Berat 8 KG

Discussion in 'Education' started by Margareth, Jun 26, 2017.

  1. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Buku yang biasa disingkat IPD ini memang sangat tebal. Hal ini membuktikan seorang dokter harus bisa konsentrasi lama. Buku ajar ilmu penyakit dalam saat ini sudah edisi 6. Artinya setiap kali diterbitkan selalu dibaca dan butuhkan oleh mahasiswa kedokteran.
    [​IMG]
    Dengan berat 8 KG sudah anda sudah bisa membayangkan ketebalan buku. Untuk membaca mungkin butuh berbulan-bulan. Hal itu mungkin untuk saya. Buku dokter memang mayoritas tebal dan mahal. Maka tidak heran biaya berobat di Indonesia cukup mahal.

    Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Interna Publishing di Jakarta dan biasanya hampir semua mahasiswa kedokteran di Indonesia membutuhkan buku ini. Walaupun sebenarnya kontent sebagian besar isi buku adalah hasil terjemahan dari luar negeri atau bahasa asing.

    Seiring perkembangan dunia kedokteran khususnya Ilmu penyakit dalam. Buku ini semakin tebal saja setiap kali diterbitkan. Saya sendiri agak bingung jika buku ini diterbitkan 20 tahun kemudian. Mungkin akan sangat tebal dan berat.

    Yang dibahas pada Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam adalah:
    • Dasar-dasar ilmu penyakit dalam
    • Kegawatdaruratan medik
    • Nutrisi
    • Alergi Imunologi Klinik
    • Gastroenerologi
    • Hepatobilier
    • Geriatri
    Jilid 2
    • Ginjal hipertensi
    • Hematologi
    • Onkologi medik
    • Kardiologi
    Jilid 3
    • Metabolik Endokrin
    • Psikosomatik
    • Pulmonologi
    • Reumatologi
    • Tropik Infeksi
    Buku ini terdiri dari 3 jilid, walaupun terdiri dari 3 jilid biasanya harus dibeli semuanya sekaligus. Karena ketiga buku ini emang saling berkaitan. Sayangnya buku banyak dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tapi yang paling konyol adalah mahasiswa kedokteran banyak yang membeli bajakannya.

    Buku yang membahas penyakit dalam ini memang lumayan mahal tapi mestinya para mahasiswa tidak membeli yang bajakan. Karena klu buku bajakan isinya belum tentu semuanya benar atau mungkin huruf yang didalam tidak jelas. Hal itu mungkin akan mengganggu study mereka yang sedang belajar.

    Demikian sekilas tentang buku ajar ilmu penyakit dalam, Sumber: http://www.pakgaol.com/2017/01/buku-ajar-ilmu-penyakit-dalam-untuk.html semoga bermamfaat. Terima kasih.
     
    Last edited: Jun 27, 2017
    lasealwin likes this.
  2. Ganyool

    Ganyool Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    390
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  3. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Emang, itu baru satu judul, buku lainnya juga tebal2 banget, Selain IPD ada lagi kamus Dorland...hahahhaha
     
  4. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
  5. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
  6. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,417
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Wkwk itu buku kalau di photocopy lebih murah atau lebih mahal ya

    Sent from my ASUS_T00I using Tapatalk
     
  7. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Bajakannya, pasti lebih murah. Artinya, klu foto copy rame2 pasti lebih murah...hahahah.

    Btw, ngerti main bitcoin ga? mau dong, caranya gmn sih.... ? apa dasar2nya mas?
    @Damar
     
  8. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,417
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Belum pernah main Bitcoin wkwk,
    Cara mainnya ya jual beli aja (Tranding Bitcoin), jadi waktu harga murah beli yang banyak dan pas harga naik dijual lagi.

    * dan kabarnya harga bitcoin akan semakin mahal dimasa mendatang lho ;)
    • Tahun 2009 1 bitcoin = $0.00076
    • Tahun 2011 1 bitcoin = $9.21
    • Sekarang 1 bitcoin = diatas $2000 :eek:
    Sumber: http://www.bitcoinfree.web.id/harga-bitcoin-dari-tahun-2009-dan-sejarah-perkembanganya/
     
  9. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    eee buset dah, kyk beli mata uang atau emas, pertama dongg...
    Trus, yang menjamin sebuah bitcoin pasti laku siapa??
     
  10. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,417
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Nah itu tergantu permintaan pasar juga :D
    Semakin banyak perusahaan yang menerima pembayaran melalui Bitcoin maka akan semakin mahal harga bitcoin.

    Tidak seperti uang pada umumnya yang diproduksi oleh bank central dan dikendalikan pemerintah. Tidak ada satupun perusahaan atau institusi yang mengontrol Bitcoin sehingga harga Bitcoin didasarkan pada supply and demand. Serta jumlahnya yang terbatas dan terbuka tidak mungkin akan terjadi inflasi.

    Jumlah Bitcoin yang terbatas dimaksudkan untuk menjaga nilai mata uang tersebut. Hanya ada 21 juta Bitcoin yang tersedia di dunia. Jumlah ini telah dikonversikan dalam bentuk kode-kode programming dan Bitcoin terakhir diperkirakan akan ‘ditambang’ sekitar tahun 2140.

    Dengan begitu, Bitcoin mirip seperti emas - yang jumlahnya terbatas di seluruh dunia. Keterbatasan emas menjadikan nilai emas selalu berharga, dan Bitcoin sama dengan Bitcoin dalam hal tersebut.

    Selengkapnya baca disini aja:
    https://blog.bitcoin.co.id/lima-alasan-mengapa-harga-bitcoin-dipastikan-naik-di-masa-depan/

    baca ini juga ya:
    http://www.hipwee.com/list/7-fakta-menarik-bitcoin-yang-perlu-kamu-tahu-sebelum-membelinya/
    *bagus*
     
  11. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Waah, hahahaha. Untuk orang kyk saya, dompet kempisss, agak ngeri2 sedap belanja bitcoin.... kali2 aja tidak laku...
    Bagaimana menurut mas @Garett
     
  12. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,033
    Likes Received:
    1,013
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Anda bisa beli rumah dan biaya pensiunan dengan bitcoin. Bitcoin juga menjadi mata-uang digital yang tidak dipengaruh oleh inflasi negara.
    DO_NOT_SAVE_AND_POST_THIS_IMAGE.png
    "Bitcoin is the currency of the future. Are you from the future?"

    Ilmu itu harta. Harta bisa mahal. Karena mahal, jadi berharga. Karena berharga, jadi memiliki nilai.
    Kau tahu, semakin besar pengorbanan kita dalam mendapatkan sesuatu maka semakin besar nilainya.
    Karena mahal, tidak semua bisa miliki. Ini yang membedakan lebih ramai warung gorengan dengan sorum mobil.

    Opini saya, semua penyakit bersumber dari apa yang masuk ke tubuh. Asal kita bisa kontrol dan biasa dengan pola hidup sehat, maka tidak ada masalah. Terkadang faktor tekanan kerja dan dukungan keluarga juga berpengaruh. Lakukan puasa!
     
  13. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,417
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Setuju sama @Garett
    btw itu gambar punya mu @Garett ? :rolleyes:
     
  14. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,033
    Likes Received:
    1,013
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Feel good man.

    [​IMG]

    Mungkin orang-orang bisa memulai investasi lain Bitcoin selain Shekel dan Dinar. Money gold.
     
  15. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    wkwkkwwkk..... Nah, dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bitcoin adalah sebuah kode rahasia yang dapat dijual belikan dong.....wkwkkkwkw @Damar @Garett Benar tidaakkk?
     
    Damar likes this.
  16. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,033
    Likes Received:
    1,013
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Lebih tepatnya serial terenskrip seperti pada lembar uang. Di buat unik dan terkendali berapa banyaknya, sehingga tidak bisa dibajak/dipalsukan.
     
  17. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Yang saya agak bingung adalah:
    1. Gimana klu yg membuat kode tersebut tiba2 meninggal
    2. Gimana klu laptop/servernya hancur?

    Siapa yang bertanggung jawab akan hal ini? sementara 1 bitcoin aja udah US 2000an....

    Oiya, kykna bitcoin bisa untuk laundry money deh, bitcoin bisa sebagai alat memberikan duit kepada seseorang (kirim uang)
     
    Last edited: Jul 2, 2017
  18. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,033
    Likes Received:
    1,013
    Trophy Points:
    113
    Google+:
  19. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
  20. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
Loading...

Share This Page