Candi Prambanan; Candi Hindu Tercantik Di Dunia

Discussion in 'Tourism' started by yani333, Jun 12, 2018.

  1. yani333

    yani333 New Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang, merupakan kompleks candi Hindu terbesar di indonesia. Candi merupakan salah satu mahakarya umat Hindu, Jawa Kuno yang dibangun dengan sedemikian megah pada kisaran abad ke-9 M. Pada masa kepemerintahan dua raja, yaitu; Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

    Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Secara administratif, letak candi bisa dikategorikan cukup ini. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

    Candi Hindu Tercantik di Dunia.

    Candi Prambanan atau Candi merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia, dan tercantik di dunia yang dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

    Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

    Nama prambanan sendiri menurut beberapa sumber diambil dari nama desa tempat candi ini dibangun. Sementara ada juga yang mengasumsikan bahwa prambanan merupakan buah dari perubahan dialek masyarakat jawa dalam mengucapkan “Para Brahman.” Sementa untuk Nama Roro Jonggrang sendiri, sebenarnya tidak terlepas dari legenda yang melekat pada candi yang satu ini.

    Konon dikisahkan bahwa ada seorang pemuda sakti bernama Bandung Bondowoso yang mencintai seorang putri raja yang cantik jelita bernama Roro Jonggrang. Dikisahkan bahwa pada saat ini Roro Jonggrang tidak mau untuk dipersunting orang oleh Bandung Bondowoso, karena telah membunuh ayahnya dalam laga adu kesaktian.

    Di sisi lain, sang putri juga tidak memiliki keberanian untuk menolak lamaran Bandung Bondowoso. Maka satu-satu cara sang putri pun mengajukan suatu permintaan yang mustahil bisa diwujudkan, yaitu membangun seribu candi dalam waktu semalam. Untuk membuktikan kesaktiannya sang pemuda itu pun langsung menyanggupinya. Dengan mengerahkan pasukan jin, pemuda itu pun mulai membangun candi.

    Sang putri yang ketakutan mendapati bahwa ternyata Bandung bisa menyanggupi untuk membangun candi itu. Maka sang putri pun kemudian kembali mengatur siasat, yaitu dengan membakar jerami di arah timur, dan membangunkan ayam. Pasukan jin yang mendengar ayam telah terbangun, dan fajar mulai terbit, para pasukan jin itu pun langsung kabur.

    Sang pemuda keheranan melihat pasukannya kabur, ia pun kemudian menyadari apa yang telah dilakukan Roro Jonggrang. Sang pemuda itu lalu mendatangi sang putri dan mengutuknya menjadi patung. Semenjak saat itu maka candi yang dibangun oleh pemuda dengan pasukan jinnya itu pun dikenal dengan sebutan sebagai Candi Roro Jonggrang, yang berdiri megah di desa Prambanan.

    Jika Anda berkunjung ke Candi ini maka ada juga bisa menyaksikan patung Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi patung. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan pargelaran Ramayana Ballet Prambanan, pentas seni tari yang melegenda dan megah. Ada banyak sekali eksotisme peninggalan agama Hindu yang terlestari di candi ini. O, iya kalau main ke Jogja, jangan lupa juga untuk mampir di English Cafe Jogja atau Bantul. Heheee..

    *Penulis adalah salah satu kontributor Lembaga Kursus dan Les Bahasa Inggris di Jogja.
     
  2. naimarenan

    naimarenan New Member

    Joined:
    Jun 6, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nice info kak, selain prambanan dan borobudur. Candi Hijau atau Ijo bagus juga kalo sunset
     
  3. yani333

    yani333 New Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  4. Rian Wijaya Kusuma

    Rian Wijaya Kusuma New Member

    Joined:
    Jun 12, 2018
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ga kalah indah ternyata sama borobudur ya, keren , amazing indonesia
     
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    790
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Masyarakat kebanyakan juga hanya mengenal lebih condong ke borobudur, padahal candi prambanan ini apik juga toh, luar biasa
     
Loading...

Share This Page