Candi Prambanan

Discussion in 'Tourism' started by wegig, Sep 20, 2016.

  1. wegig

    wegig Member

    Joined:
    Dec 23, 2014
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kompleks candi Prambanan terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Lokasinya kurang lebih berada di 17 kilometer timur laut Yogyakarta.

    Pintu masuk ke kompleks bangunan ini terdapat di keempat arah penjuru mata angin, akan tetapi arah hadap bangunan ini adalah ke arah timur, maka pintu masuk utama candi ini adalah gerbang timur. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.

    Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi oleh Raja-raja Wamca (Dinasty) Sanjaya. Candi Prambanan merupakan kompleks percandian dengan candi induk menghadap ke timur, dengan bentuk secara keseluruhan menyerupai gunungan pada wayang kulit setinggi 47 meter.



    [​IMG]



    Candi Prambanan dipersembahkan untuk tiga dewa utama Hindu (Trimurti). Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di ruang utama candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

    [​IMG]



    Candi ini dihiasi relief naratif yang menceritakan epos Hindu; Ramayana dan Krishnayana. Relif berkisah ini diukirkan pada dinding sebelah dalam pagar langkan sepanjang lorong galeri yang mengelilingi tiga candi utama.

    Relief Ramayana menggambarkan bagaimana Shinta, istri Rama, diculik oleh Rahwana. Panglima bangsa wanara (kera), Hanuman, datang ke Alengka untuk membantu Rama mencari Shinta. Kisah ini juga ditampilkan dalam Ramayana Ballet, yaitu pagelaran wayang orang Jawa yang dipentaskan secara rutin di panggung terbuka dan tertutup. Latar belakang panggung terbuka dari pertunjukkan adalah pemandangan megah tiga candi utama yang disinari cahaya lampu. Ramayana Ballet ticket ini harganya mulai dari Rp. 125.000 s/d 375.000,-.

    [​IMG]

    Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.
     
  2. cabita

    cabita New Member

    Joined:
    Sep 26, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    luas banget ke candi prambanan sampek kaki linu linu
     
  3. mirza

    mirza Member

    Joined:
    Jul 7, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    belum sempet kesana

    baru sempet ke borobudur doangan saya kang
     
Loading...

Share This Page