Cantengan kronis apakah harus amputasi?

Discussion in 'Health & Medical' started by Rimanur, Oct 19, 2017.

  1. Rimanur

    Rimanur Active Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    227
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Cantengan memang penyakit yang sering dianggap sepele, bahkan kalau kamu menceritakan keluhan ini ke temenmu, bukan malah simpati temenmu mungkin malah mentertawakan. karena memang kurang etis juga kalau nangis-nangis meronta hanya karena punya cantengan di kuku, hehe

    Tapi bukan berarti kamu bisa menyepelekannya. karena penyakit ini bisa berkembang dan menjadi sangat kronis lohh. Gak sedikit penderita cantengan yang menderita dalam waktu jangka panjang akibat luka yang terus basah, ngilu dan sekitaran kuku yang menjadi bengkak. Tentunya, ini sangatlah mengganggu.

    Apakah harus amputasi? Gak mungkir juga kalau kamu harus mengobatinya dengan cara ini, sebab bisa saja bakteri/virus masuk ke dalam kulit akibat luka cantengan yang terbuka, akibatnya terjadi infeksi parah sehingga mau tak mau bagian luka yang terinfeksi harus di amputasi sebelum menyebar kebagian kulit lainnya.

    Namun kasus ini jarang terjadi, meski begitu kamu harus tetap waspda dan melakukan pengobatan terbaik demi meminimalisir kemungkinan buruk yang mungkirn terjadi. Dan yang paling penting adalah, jangan menyepelekan penyakit dan tetap lakukan yang terbaik untuk pengobatan.

    baca uga : Cara Mengobati Cantengan Di Jempol Kaki
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Well-Known Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,522
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    48
    Kalau pengalaman saya, kukunya dicabut, terus daging jari yang infeksinya harus dipotong sedikit, hanya yang bagian yang busuknya saja. Setelah itu sampai sekarang tidak cantengan lagi.
     
  3. Rimanur

    Rimanur Active Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    227
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    kadang banyak juga yang nyepelein, jadi silukanya itu dibiarin gt aja tanpa diobati, sampe lukanya terbuka dan terjadi infeksi. itu juga banyak loh. parah engganya penyakit trgantung dari gimana kita mengatasinya :)
     
  4. kacongonline

    kacongonline New Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ngerih kalo hanya cantengan harus sampai amputansi
     
  5. Rimanur

    Rimanur Active Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    227
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    memang ngeri ya, tp itulah penyakit, kadang bisa jadi kronis juga kalau terlalu di sepelein
     
  6. Bajirao

    Bajirao New Member

    Joined:
    Oct 22, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iya kalo infeksi dan dibiarkan,, bisa berdampak buruk
     
  7. Rimanur

    Rimanur Active Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    227
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    yap bener banget, makanya jangan anggap sepele sesuatu :)
     
Loading...

Share This Page