Cara Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Discussion in 'Education' started by Linda Nur Wakidah, Dec 2, 2022.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    156
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Cara Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap - Meskipun kecil, rayap sangat meresahkan banyak orang, terutama pecinta perabot kayu. Untuk menghindari serbuan rayap, gunakan cara ini untuk mencegah kayu dimakan rayap. Dijamin ampuh.

    [​IMG]
    Cara mencegah kayu dimakan rayap nampaknya memang terdengar sulit. Tapi bila tidak kita cegah, rayap akan memakan perabotan kayu di rumah kita, dan membuatnya jadi keropos. Tidak hanya memakan, bahkan rayap juga membangun sarang. Sebenarnya ada beberapa cara mudah mencegah kayu dimakan rayap yang bisa kita praktikkan di rumah. Yuk, kita simak.

    1. Gunakan pelapis kayu

    Pelapis kayu merupakan salah satu cara mencegah kayu dimakan rayap. Ada berbagai jenis pelapis kayu yang bisa digunakan, misalnya cat biasa, pelitur, pelapis anti hama dan vernis yang bisa digunakan untuk mencegah kayu dimakan rayap. Cara mencegah kayu dimakan rayap ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah perabot selesai dibuat untuk hasil yang maksimal.

    2. Gunakan kayu yang berkualitas

    Tidak semua kayu menjadi sasaran rayap. Kayu yang memiliki kualitas terbaik biasanya bebas dari gangguan rayap. Jati merupakan salah satu kayu yang paling terkenal tahan dari seragan rayap.

    Bentuknya yang kuat dan kokoh membuat rayap tidak bisa menggerogotinya. Jadi disarankan kamu memilih perabot berbahan kayu jati. Memang secara harga kayu jati terbilang mahal, namun jika melihat ketahanan sebanding dengan harganya, tidak masalah, bukan?

    3. Menggunakan air cucian beras.

    Air bekas cucian beras yang biasanya langsung dibuang bisa menjadi bahan alami untuk mengusir rayap, lho. Untuk menggunakannya kamu bisa menyemprotakan air bekas cucian beras ke bagian-bagian bawah perabot di rumah.

    Dengan air beras tersebut rayap tidak berani hinggap ke perabotan kayu. Namun karena cara ini alami tentu efeknya tidak bisa sebaik cairan pelapis kayu. Dengan kata lain kamu perlu mengulanginya dalam waktu berkala, ya.

    4. Tempatkan perabot dengan benar

    Peletakkan menjadi kunci penting sebagai cara mencegah kayu dimakan rayap. Karena dengan peletakkan yang tepat kita bisa menghindarkan perabotan dari gangguan rayap. Ketika pertama kali meletakkan perabotan kayu sebaiknya pilihlah tempat yang berjarak dengan tembok. Jika ingin meletakkannya di sudut dan harus dekat tembok bisa memberinya jarak sedikit.

    Usahakan jangan sama perabotan kayu mepet dan menempel di tembok, ya. Karena biasanya rayap tanah datang dari bagian bawah tembok atau pondasi.

    5. Melapisinya dengan solar

    Cara mencegah kayu dimakan rayap ini sudah menjadi andalan orang-orang sejak zaman dahulu. Solar merupakan salah satu bahan yang dapat membuat kayu menjadi lebih awet dan bebas dari gangguan rayap.

    Jadi sebelum dipasang atau diletakkan, perabot kayu sebaiknya disemprot terlebih dahulu dengan solar, dan biarkan mengering selama beberapa hari. Saat seluruh bagian kering kamu bisa memasangnya sesuai keinginan. Cara yang satu ini sampai sekarang masih digunakan, namun biasanya hanya untuk bagian atap rumah saja dan kusen.

    demikian untuk beberapa cara mencegah kayu agar tidak bisa dimakan oleh rayap. Atau anda juga bisa memanggil jasa anti rayap untuk membantu anda dalam mengatasi permasalahan rayap yang ada di rumah anda.
     
Loading...

Share This Page