Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Apr 21, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Paket data adalah salah satu kebutuhan utama di jaman sekarang ini yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan. Banyak orang akan mengalami kebingungan ketika kuota internet mereka sudah habis. Bisa dikatakan ketika kuota internet habis, beberapa dari orang merasa seperti kehilangan nyawa mereka. Tentunya hal ini terjadi karena sudah terlalu bergantung banyak pada internet. Karena memang kebutuhan internet sudah menjadi hal pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang.

    [​IMG]

    Dengan adanya teknologi canggih yang berkembang secara terus-menerus di jaman ini, maka kejadian seperti kehabisan kuota internet bisa diakali dengan melakukan banyak cara agar bisa menghemat kuota internet. Untuk bisa menghemat kuota internet cukuplah mudah, karena kamu hanya perlu cek kuota kamu secara rutin agar paketan datamu tidak berkurang dan cukup awet. Di bawah ini akan diulas secara lengkap bagaimana cara agar kuota internet tidak cepat habis.

    1. Memilih Browser Yang Pas

    Cara yang pertama adalah dengan memilih dengan tepat browser yang kita gunakan untuk berselancar di internet. Bisa dibilang bahwa pemilihan browser akan mempengaruhi penggunaan pada kuota internet. Browser juga bisa menghabiskan kuota internet, jika kita tidak bisa menggunakannya secara bijak. Dan salah satu browser yang sangat boros dalam pemakaiannya adalah browser bawaan dari handphone. Browser tersebut menjadi penyebab utama dalam penggunaan kuota yang cepat habis, karena tidak memiliki fitur penghematan data. Jadi kemungkinan browser tersebut akan menguras kuota internet secara habis-habisan.

    2. Menggunakan Browser Yang Bisa Menghemat Data

    Cara yang kedua adalah dengan menggunakan browser pada smarthphone yang bisa menghemat data. Di jaman sekarang ini sudah banyak browser yang menyediakan fitur penghematan data internet. Dan salah satunya adalah Google Chrome yang memiliki fitur pengehematan data. Dengan mengunakan Google Chrome kamu bisa denganmudah mengaktifkan fitur penghematan data dengan mudah. Yakni dengan cara mengeklik bagian titik tiga yang ada pada kanan bawah brower, dan setelah itu pilih menu Setelan. Lalu, klik menu Penghemat Kuota Internet dan aktifkan. Jika sudah dilakukan maka browser akan meminimalisir penggunaan kuota pada situs yang dibuka nantinya.

    3. Membatasi Penggunaan Kuota Internet

    Cara yang ketiga adalah dengan membatasi kuota internet. Dengan membatasi penggunaan kuota internet maka penggunaan dari kuota internet akan bisa terkontrol dengan mudah. Dan jika kita tidak memperhatikan kuota internet yang sudah terpakai maka lama-kelamaan akan terkikis dan tidak sadar jika penggunaan kuota internet sudah berlebihan.

    [​IMG]

    4. Memeriksa Aplikasi Yang Menguras Banyak Kuota

    Cara yang keempat adalah dengan memeriksa aplikasi yang ada pada smarthpone kamu apakah ada beberapa aplikasi yang menghabiskan banyak kuota internet. Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan mengeklik menu Penggunaan Data dan melihat aplikasi yang menghabiskan banyak kuota paling banyak. Lalu, kamu bisa langsung menguninstall aplikasi tersebut. Dan jika dirasa aplikasi tersebut sangat penting maka kamu bisa dengan mengganti menguninstall aplikasi lain yang tidak terlalu penting. Setelah menguninstall beberapa aplikasi di smarthpone, langkah selanjutnya bisa dengan cek kuota kamu apakah sudah efektif atau belum.

    5. Menggunakan Aplikasi Khusus Untuk Hemat Kuota

    Cara yang terakhir adalah dengan menginstall aplikasi khusus yang dapat menghemat kuota internet. Salah satu aplikasi yang dapat membuat kuota internet ekonomis adalah Datally. Aplikasi ini dapat mengurangi penggunaan dari pemakaian kuota internet yang terlalu banyak. Di aplikasi tersebut juga sudah disediakan pilihan untuk aplikasi yang mana yang akan dihemat kuota internetnya. Namun, perlu diingat ketika akan mengaktifkan teathering harus wajib untuk mematikan aplikasinya. Dan untuk bisa mematikan aplikasi ini harus dimatikan secara paksa melalui pengaturan.

    Informasi di atas menjelaskan secara ringkas dengan lengkap bagaimana cara agar kuota internet tidak cepat habis. Tentunya informasi ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang senang untuk berselancar di internet namun, sering lupa dengan penggunaan kuota internet
     
Loading...

Share This Page