Cara Agar Selalu Sehat Gak Gampang Sakit

Discussion in 'Health & Medical' started by Tammy Joe, Mar 31, 2018.

  1. Tammy Joe

    Tammy Joe New Member

    Joined:
    Mar 20, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Sehat itu mahal, bersyukurlah kalau kalian masih sehat. Banyak orang sakit yang sehat jadi ketika kamu sedang sehat maka kamu harus bisa menjaga diri kamu tetap selalu sehat.

    Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar tubuh selalu sehat dan tidak mudah sakit. Beberapa cara ini sebenarnya hanya tips melakukan gaya hidup sehat yang benar supaya anda selalu sehat tidak mudah sakit.

    [​IMG]

    Berikut ini caranya :

    Makan sayuran berdaun hijau

    Sayuran berdaun hijau sangat bagus dan sehat untuk di konsumsi, sebab di dalamnya terdapat banyak vitamin yang bagus untuk memelihara kesehatan daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian, tikus yang diberi makan sayuran sawi, brokoli, kubis, kembang kol, dan lobak mendapatkan banyak protein untuk melapisi sel sistem imun supaya sistem imun kuat menahan serangan virus penyakit.

    Cukup vitamin D

    Jangan sampai anda kekurangan vitamin D, sebab jika kekurangan vitamin D maka pertumbuhan tulang akan terhambat dan anda pun akan mudah terkena penyakit kardiovaskular, serta sistem imun tubuh pun jadi melemah. Pada tahun 2012, penelitian yang dimuat jurnal pediatrics menyatakan kalau anak-anak harus diperiksa akan kecukupan asupan vitamin D nya, terutama pada anak yang jarang terkena sinar matahari.

    Selain dari sinar matahari pagi (Di bawah jam 9), sumber vitamin D juga bisa anda dapat dari kuning telur, jamur, salmon, tuna, serta hari sapi. Supaya lebih bagus, konsumsi juga makanan yang ada kandungan vitamin D3 yang merupakan jenis vitamin D paling bagus.

    Aktif bergerak

    Orang yang sehat adalah orang yang aktif berkerak. Jika anda punya pekerjaan seperti harus diam duduk seharian di kantor, maka usahakan ketika libur anda harus rutin olahraga.

    Ketika selesai beraktivitas, maka jangan langsung duduk di depan TV. Berdasarkan penelitian yang dimuat di jurnal Neurologi Clinicians, olahraga rutin bisa membuat anda :

    • Terhindari dari inflamasi dan penyakit kronis.
    • Stres jadi berkurang.
    • Membuat sel darah putih bersirkulasi dengan cepat sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
    Cukup tidur

    Orang yang sehat adalah orang punya waktu tidur yang cukup. Dari penelitian yang dimuat oleh Archives of Internal Medicine, orang yang punya waktu tidur cukup sebanyak 8 jam setiap malam selama 2 minggu berturut-turut jadi kebal terhadap serangan virus.

    Sedangkan orang yang punya waktu tidur kurang dari 7 jam, sangat gampang sakit karena tubuh mudah diserang virus. Alasannya sederhana, di dalam tubuh ada sitokin yang merupakan jenis protein yang bekerja melawan serangan virus dan infeksi dengan cara meregulasi sistem imun dan di produksi selama tidur.

    Buat kamu yang susah tidur, thread ini mungkin bisa membantu : Solusi susah tidur

    Tidak minum alkohol

    Jangan minum alkohol, sebab alkohol ini bisa merusak sel kekebalan tubuh. Semakin sering atau banyak anda mengkonsumsi alkohol, maka akan besar risiko anda terkena serangan bakteri dan virus penyebab penyakit serius.

    Penelitian yang ada tertulis di junal Clinical and Vaccine Immunology menjelaskan kalau tikus yang minum alkohol dan yang tidak, ternyata tikus peminum alkohol membuat kekebalan tubuh tikus jadi tertekan sampai ke level tertentu. Menurut dokter juga, inilah kenapa vaksin biasanya tidak efektif di konsumsi oleh mereka yang menjadi pecandu alkohol.

    Jauhi stres

    Setelah bertahun-tahun lamanya, dokter akhirnya punya dugaan tentang stres dan penyakit. Dugaan tersebut adalah stres dapat menjadi penyakit. Maka anda harus menghindari stres, selalu tetap tenang. Sebenarnya, setiap orang punya kesenangan yang berbeda-beda, jadi cara cari cara menghilangkan stres pun setiap orangnya memiliki cara sendiri untuk menghilangkan stres.

    Ini menarik, kortisol yang merupakan hormon stres ternyata memiliki fungsi yang bisa membantu tubuh dalam mencegah radang dan penyakit. Seperti dugaan, hormon ini ternyata ada sisi positifnya juga.

    Tapi apabila hormon tersebut terus-menerus ada di tubuh, maka kortisol akan kehilangan sakitnya dalam menangkal penyakit. Alhasil, tidak hanya penyakit, tapi kekebalan tubuh juga jadi melemah.

    Minum teh hijau

    Cara agar selalu sehat tidak mudah sakit berikutnya adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Sudah lama teh hijau ini dikenal sebagai teh dengan kandungan antioksidan tinggi yang sehat untuk tubuh.

    Penelitian yang diterbitkan pada Journal of the American College of Nutrition, katanya minum teh hijau setiap hari mampu menurunkan tekanan darah dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovakular. Teh ini cocok di konsumsi untuk anda yang inin menurunkan berat badan secara alami. Ulasan manfaatnya bisa anda baca di thread ini : Manfaat Teh Hijau Untuk Diet

    Makanan sehat bervariasi

    Jika makanan yang anda konsumsi hanya itu-itu saja, maka anda akan bosan. Supaya sehat dan bagus, anda konsumsi berbagai macam makanan sehat dalam satu piring. Misalnya, dalam satu piring berisi telur, ikan, sayuran hijau, buah segar dan sebagainya. Makanan bervariasi ini tentu akan melengkapi kebutuhan anda akan vitamin, protein, mineral yang bervariasi untuk tubuh.

    Bergaul

    Jangan lupa untuk bergaul. Jika anda kesepian, maka anda bisa stres, sedih, terpuruk dan anda pun jadi gampang sakit. Beberapa pakar kesehatan menyebutkan kalau menyendiri tanpa bergaul itu sangat berisiko terkena penyakit kronis.

    Vaksin flu

    Anda juga jangan lupa untuk menggunakan vaksin Flu. Kata dosen saya, flu itu penyakit yang sangat sulit teratasi karena penyebarannya sangat mudah dan cepat. Pihak CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyarankan agar semua orang yang usianya sudah di atas 6 bulan sudah memperoleh vaksin flu rutin setiap tahunnya. Tentu ada pengecualian untuk beberapa orang tertentu seperti mereka yang punya alergi terhadap telur ayam.

    [​IMG]

    Jaga kebersihan

    Supaya tidak mudah sakit dan anda selalu sehat sebenarnya sangat sederhana, yaitu jagalah kebersihan. Caranya :

    • Mandi setiap hari minimal 2 kali dalam sehari.
    • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan.
    • Sebelum memasak juga harus cuci tangan dulu.
    • Pastikan bahan masakan sudah anda cuci bersih.
    • Cuci tangan sebelum anda memakai lensa kontak dan ketika anda mau melepasnya juga.
    • Tutup mulut ketika bersin atau batuk.
    • Gunakan gel beralkohol untuk membersihkan keyboard, telepon/ HP, handle pintu, remote control, serta semua benda yang sekiranya menjadi sarang kuman.
    Jangan berbagi barang pribadi

    Jangan sampai barang pribadi yang selalu anda pakai dipinjam oleh orang lain. Meski pun itu adalah orang rumah keluarga anda, tetap anda tidak boleh membaginya. Misalnya gelas, sendok, piring, sikat gigi, handuk, dan lain-lain.

    Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan. Lumayan capek juga nulisnya, semoga beberapa cara di atas bisa sangat bermanfaat untuk anda.
     
  2. Rickh

    Rickh Member

    Joined:
    Mar 8, 2015
    Messages:
    157
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Susah buat istiqomahnya haha
     
Loading...

Share This Page