Cara Aman Belanja Saat Harbolnas 2017

Discussion in 'E-Commerce' started by bontilicious, Nov 20, 2017.

  1. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    37
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Akhir tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Hal tersebut disebabkan karena di akhir tahun banyak promo yang menarik yang tidak hanya diberikan oleh toko konvensional atau offline misalnya untuk pembelian baju 1 gratis 1, namun juga karena adanya black Friday. Black Friday atau jika di Indonesia dikenal dengan nama Hari Belanja Online / Harbolnas 1212 atau Harbolnas ini, di tahun 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Desember 2017 dan diikuti lebih dari 100 toko online di Indonesia.

    Ketika penyelenggaraan black friday tersebut Anda tidak hanya dituntut untuk bisa berbelanja dengan hemat dan maksimal menggunakan voucher ataupun promo lain yang diberikan oleh toko online tersebut, namun Anda juga harus berhati-hati agar tidak tertipu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan melihat harganya untuk menghindari fake discount. Saat hari belanja online nasional, fake discount selalu ditemukan apalagi di marketplace. Cara amannya adalah lihat harga dari barang tersebut baik harga awal ataupun harga setelah di diskon. Fake discount sering mengubah harga asli barang tersebut dengan jumlah yang lebih tinggi lalu memotong harganya sehingga harga jual barangnya adalah sebesar harga barang aslinya.

    [​IMG]

    Kedua adalah waspadai pesan pengiriman palsu. Pesan palsu tersebut bisa saja muncul saat Anda sedang masa menunggu barang yang sudah Anda beli di toko online yang berpartisipasi pada black Friday tersebut ke email Anda. Pada pesan yang mengatasnamakan perusahaan atau online shop tersebut, terdapat lampiran data yang jika Anda unduh bisa saja merupakan salah satu cara untuk mencuri data pribadi yang dilakukan hacker atau justru memberikan virus yang jika diklik atau diunduh, virus tersebut bisa menyebar ke komputer atau device Anda.

    Ketiga adalah waspadai nomor ekstensi dan kenali nomor atau kontak penting Anda. Ketika Anda belanja online saat harbolnas dengan menggunakan kartu kredit, peluang terjadinya cyber crime lebih banyak atau lebih besar. Salah satunya adalah Anda akan mendapatkan pesan dari bank penerbit kartu kredit dimana ada aktivitas transaksi mencurigakan dalam penggunaan kartu kredit dan Anda diberikan atau diarahkan ke nomor ekstensi. Untuk menghindari hal terselubung dari nomor ekstensi tersebut, Anda bisa menanyakan langsung ke pihak bank karena bisa saja link nomor ekstensi tersebut diarahkan ke website yang mengandung virus atau justru bisa mengambil data diri Anda.

    Keempat adalah waspadai phising. Phising sendiri merupakan modus penipuan untuk mendapatkan informasi penting pengguna internet yang akan dimanfaatkan untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Karena hal tersebut Anda harus mewaspadai situs palsu yang menawarkan voucher untuk belanja ketika black Friday yang akan diselenggarakan di akhir tahun tersebut dan memilih situs yang menyediakan promo atau voucher yang benar-benar terpercaya.

    Mudahnya, agar aman saat Anda belanja ketika promo belanja harbolnas berlangsung, tipsnya yaitu:
    • Pastikan jika Anda membeli atau belanja online di online shop yang terpercaya dan benar-benar menjadi online shop yang berpartisipasi saat black Friday tersebut. Atau, lihat alamat websitenya apakah terjamin keamanannya atau tidak.
    • Jangan sembarangan meng-klik link yang dikirimkan ke Anda termasuk ke email tersebut karena bisa saja link tersebut mengarah ke malware atau bahkan phising.
    • Menggunakan aplikasi yang terpercaya dan sistem keamanan yang terpercaya.
    • Hindari untuk berbelanja online dengan wifi umum untuk menurunkan resiko terjadinya hacking.
     
  2. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    893
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    saat harbolnas biasanya banjir potongan harga. Duitnya di kontrol ya kawan :D
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    tapi kadang ada juga harganya dinaikan dulu baru di diskon jadinya malah sama saja harganya. Hati2 juga dengan teknik yang ini pas nanti harbolnas.
     
  4. ekselsior

    ekselsior Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Meskipun cukup konvesional, kita juga mesti hati-hati saat belanja online hehe :D
     
  5. Bestmother's

    Bestmother's New Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pastinya gan. Kudu

    Sent from my Redmi 4X using Tapatalk
     
  6. arsus88

    arsus88 New Member

    Joined:
    Aug 25, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    saat harbolnas kadang website down karen kebanyakan pengunjung hehehe
     
Loading...

Share This Page