Cara Cek BPKB Online Untuk Semua Wilayah Jawa

Discussion in 'Otomotif' started by Roby Ramadhan, Jun 22, 2018.

  1. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    BPKB menjadi bukti sahnya kepemilikan kendaraan bermotor seseorang. Jenis surat resmi ini dikeluarkan oleh pemerintah sebagai bukti adanya ijin sebuah motor atau mobil berhak melaju di jalan raya. Selain itu, BPKB terkadang juga menjadi jaminan kredit motor hingga jaminan mengajukan pinjaman di perbanka. Karena itu, BPKB menampati posisi yang cukup penting keberadaanya.

    Sayangnya, maraknya kendaraan bermotor yang hilang nampaknya juga membuka praktek kejahatan yang baru. Banyak oknum tidak bertanggungjawab yang memalsukan BPKB dan STNK. Untuk itu, sebelum kita memutuskan untuk beli motor, terutama motor yang tidak langsung dari dealer ada baiknya cek dahulu keaslian BPKB motor yang akan kamu beli.

    Cara Cek BPKB Melalui Online atau SMS

    Untuk cek BPKB kamu tidak perlu harus datang ke SAMSAT dan menanyakan apakah BPKB yang kamu pegang asli atau tidak. Teknologi mempermudah semuanya, kamu bisa cek keaslian BPKB melalui jaringan internet atau kalau tidak, kamu juga bisa cek melalui SMS. Bagaimana cara cek BPKB online atau SMS? Berikut caranya sesuai dengan wilayah kamu.

    1. Cara Cek BPKB online Wilayah DKI Jakarta

    Pertama untuk kamu yang berada di wilayah Jakarta, kamu bisa cek BPKB dengan cara berikut. Pertama-tama, silakan kamu buka browser kamu lalu buka alamat link ini: http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM, setelah itu, masukkan plat nomor kendaraan wilayah DKI jakarta yang kamu miliki. Langsung sehabis itu tekan tombol PROSES. Silakan tunggu sampai proses selesai dan lihat hasilnya. Apakah BPKB kamu asli atau tidak, bisa kamu cocokkan dari hasilnya.

    Selain melalui cara online, kamu juga bisa cek keaslian BPKB wilayah jakarta melalui layanan SMS. Cara cek BPKB melalui SMS juga sangat gampang. Yang perlu kamu lakukan hanya buka aplikasi SMS kamu, lalu ketik METRO (spasi) Nomor polisi kendaraan yang kamu cek, setelah itu kirim ke 1717.sebagai contoh: METRO B4567ABC lalu kirim ke 1717.

    2. Cara Cek BPKB online Wilayah Jawa Timur

    Berikutnya untuk kamu yang berada di wilayah jawa timur. Cara cek bpkb online wilayah jawa timur juga mudah, sama mudahnya dengan wilayak DKI jakarta. Yang perlu kamu lakukan hanya buka situs resminya, yaitu http://www.esamsat.jatimprov.go.id/, setelah itu kamu tinggal mengisi semua data yang dibutuhkan.

    Mulai dari daerah asal kendaran, daerah asal kendaraan di daftarkan. Setelah itu isiskan nomor polisi kendaran. Setelah itu baru klik proses sehingga kamu bisa melihat hasilnya. Apakah kendaraan kamu dibekali dengan BPKB asli atau palsu.

    Selain melalui online, kamu juga bisa cek BPKB kendaran bermotor kamu melalui SMS. Cara cek BPKB melalui SMS juga sangat gampang, yang pelu kamu lakukan cukup buka aplikasi SMS, lalu ketikkan JATIM (spasi) plat nomor kendaraan. Setelah itu kirim ke 7070. Sebagai contoh: JATIM L2345ABC lalu kirim ke 7070.

    3. Cara Cek BPKB online Wilayah Jawa Barat

    Berikutnya cara cek BPKB online untuk wilayah jawa barat. Caranya sama dengan cara pertama dan kedua, kamu hanya perlu buka website dengan link http://www.dispenda.jabarprov.go.id/index.php/learning/smaol3, setelah itu, masukkan nomor polisi kendaraan yang akan kamu cek, klalu tekan proses.

    Untuk cara cek BPKB melalui SMS bisa langsung kamu lakukan melalui ketik POLDAJBR (spasi) Nopol kirim ke 3977. Sebagai contohnya: POLDAJBR F5647ABC lalu kirim ke 3977.

    4. Cara Cek BPKB onlinr Wilayah Jawa Tengah

    Lalu bagaimana dengan cara cek BPKB online untuk wilayah jawa tengah. Caranya: buka link http://dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226, masukkan nopol, tekan tombol Proses. Untuk SMS, langsung saja ketik JATENG (spasi) nopol kirim ke 9600.
     
Loading...

Share This Page