Cara dan Tutorial Menggunakan SPSS serta Contoh Olah Data

Discussion in 'Education' started by khairpedia, Apr 16, 2020.

  1. khairpedia

    khairpedia New Member

    Joined:
    Apr 4, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mahasiswa yang akan menyusun tugas akhir, skripsi dan thesis lebih tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan instrumen kuesioner. Masalahnya yang baru mengenal olah data, dan baru saja akan malkukan penelitian tentu tidak tau cara mengolah data kuesioner. Sehingga apabila menyimak materi yang diberikan oleh dosen juga akan merasakan kebingungan karena kapasitas masing-masing mahasiswa yang berbeda. Cara dan tutorial meliputi langkah dan tahap-tahap dalam menggunakan SPSS, mengolah data yang diperoleh dari instrumen kuesioner yang disajikan dapat disimak dengan lengkap pada kesempatan kali ini.

    [​IMG]
    sumber gambar : khairpedia

    Akan disajikan secara lengkap bagaimana caranya Olah Data Kuesioner Dengan SPSS22, lengkap dengan tahap atau langkah dan penjelasannya. Tutorial SPSS yang disajikan berikut ini dilengapi dengan cara atau tahpan-tahap mengolah data kuesioner SPSS yang meliputi :
    1. Cara setting variabel.
    2. Cara input data.
    3. Cara pemetaan responden.
    4. Cara pemetaan jawaban responden.
    5. Cara melakukan compute variabel.
    6. Cara menguji kualitas data, melakukan uji regresi, melakukan uji asumsi klasik.

    Penjelasan cara olah data spss akan diawali dengan uraian atau penjelasan mengenai data yang akan digunakan. Data yang akan diolah adalah data berjenis data primer. Melalui form kuesioner dengan menggunakan skala likert 1 sampai 5 (indikator sangat tidak setuju sampai indikator sangat setuju).

    Data yang digunakan adalah data primer kuesioner Audit yang terdiri dari 4 (empat) variabel yaitu kompentensi auditor (X1), independensi Auditor (X2), integritas Auditor (X3) dan variabel kualitas Audit (Y). Menggunakan software IBM SPSS 21, IBM SPSS 22, Eviews dan Lisrel. Software yang dijelaskan dalam cara dan tutorial menggunakan SPSS adalah memakai SPSS 22.

    Cara Setting Variabel.
    Sebelum melakukan tahap regresi, lebih dulu melakukan input semua data dari form kuesioner, yang dimulai dari indentitas para responden sampai jawaban responden (harus semua di input). Data indentitas semua responden di input mulai dari usia sampai jenjang pendidikan dan input data pelatihan yang telah diikuti oleh responden. Semua data yang telah di input di atur sedemikian rupa atau di setting dengan "type Sting" dan pengukuran dengan sub ordinal karena data yang diinput hanya digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan pemetaan responden melalui jalur Frekuensi.

    Data jawaban semua responden yang disimbolkan dengan icon Q (Question) yang terdiri dari 22 (dua puluh dua)butir pernyataan untuk 4 (empat) Variabel dengan "type numeric" dan pengukurannya dengan skala (scale). Dalam data yang di input memakai Q1 – Q6 untuk variabel KA (X1), Q7 – Q11 untuk Variabel IA (X2), Q12 – Q17 untuk Variabel IA (X3) dan Q18 Q22 untuk Variabel KA (Y) (semua angka yang diinput dan hurus harus semua diketik satu persatu).

    Cara Input Data.
    Setting Variabel dilakukan dengan benar, kemudian tahap berikutnya adalah melakukan input data dengan mengklik atau menyentuh tombol Data View, input data dilakukan dengan masukkan semua data dari form kuesioner ke Data View.

    Cara Pemetaan Responden.
    Setelah melalui proses input data, tahap berikutnya adalah melakukan analisa terhadap data tersebut. Cara selanjutnya adalah memetakan responden yang sudah terdata melalaui form kuisioner. Maksud dan tujuan memetakan responden adalah untuk melihat gambaran mengenai karakteristik responden yang diteliti. Caranya adalah melakukan Klik pada menu utama Analize, kemudian pilih Descriptive Statistics (DS) lalu pilih Frecuencies (F).

    Cara Pemetaan Jawaban Responden.
    Setelah melalui cara pemetaan responden, kemudian melakukan tahapan berikutnya yaitu memetakan jawaban responden, tahapan ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan jawaban yang diberikan kepada responden. Caranya adalah klik pada menu utama Analize, kemudian pilih Descriptive Statistics (DS) lalu pilih Frecuencies (F).

    Cara Melakukan Compute Variable.
    Pemetaan sudah dilakukan, maka selanjutnya adalan cara melakukan uji kualitas data yang sudah dipetakan, uji kualitas data ini memakai Uji Validitas (UV) dan Uji Reliabilitas (UR). Pertama yang dilakukan adalah Uji Validitas (UV). Sebelum melakukan Uji Validitas (UV) terlebih dulu lakukan konstruk-konstruk dari masing-masing Variabel yang dijumlahkan terlebih dulu dengan melakukan cara Klik pada menu utama Transform (T) lalu klik Compute Variable (CV).

    Cara menguji kualitas data, melakukan uji regresi, melakukan uji asumsi klasik.
    Uji Kualitas atau Uji Validitas data. Bertujuan untuk melihat korelasi antara masing-masing konstruk dengan total konstruk. Caranya adalah melakukan Klik pada menu utama Analize kemudian klik Correlate (C) lalu klik Bivariate (B).

    Uji Regresi dilakukan setelah data yang telah diuji sudah Valid dan Reliable. Kemudian malakukan Pengujian Regresi. Pengujian regresi harus dilakukan bersamaan dengan pengujian asumsi klasik (Multikolinieritas, Normalitas dan Heterokedastisitas)

    Uji Asumsi Klasik dilakukan sebelum Uji Regresi (Model Regresi diharuskan terlebih dulu lolos Asumsi Klasik-AK) tetapi prakteknya asumsi klasik dilakukan sekaligus melakukan uji regresi. Caranya adalah sebagai berikut, kotak dialog Linier Regressions (LP) diklik pada Opsi Statistic (OS), pada kotak dialog Linier Regressions (LP) : Statistic diklik pada model Fit (F), Descriptive (D) dan Colinierity Diagnostic (CD) dan kotak Regression Coefficient (RC) diklik Estimate (E).
     
Loading...

Share This Page