Cara Install HTMLy di Webhosting

Discussion in 'HTMLy' started by wphoet, Mar 22, 2014.

  1. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kebetulan banyak yang masih bingung cara install/setup HTMLy jadi saya buatkan tutorial singkatnya yang versi bahasa indonesia saja. Kebetulan punya vps yang sudah saya build webhosting menggunakan Zpannel cp dan spacenya lumayan banyak yang nganggur jadi coba saya pakai saja buat HTMLy, lagian HTMLy gak begitu makan source banyak soalnya keunggulan platform blog buatan @Dan adminnya bersosial ini tanpa menggunakan database, jadi butuhnya cuma kecil jadi cukuplah *bergaya*

    UPDATE: 2021

    Untuk install HTMLy yang lebih simple dan cepat bisa membaca artikel ini:

    https://www.lenteraseo.com/cara-install-htmly-platform-blogging-php-tanpa-database

    Ok, langsung saja ke tutorialnya:

    1. Pastikan Domain yang mau digunakan sudah di pointing ke webhosting yang mau kita pakai (saya anggap semua sudah tau caranya)

    2. Download file master HTMLy

    3. Buka folder "Config" dari HTMLy yang teman-teman upload tadi, kemudian rename file
    Code:
    config.ini.example
    
    menjadi
    Code:
    config.ini
    
    4. Buka file
    Code:
    config.ini
    
    yang di rename tadi, kemudian pada
    Code:
    site.url = ""
    
    tambahkan dengan url domain yang mau dipakai (lihat gambar dibawah ini)
    NB: settingan yang lainnya seperti yg terlihat pada gambar (blog info, social account, dll) silahkan di setting sesuai keinginan Anda.

    5. Kemudian masih di folder "config" silahkan buka folder "user" dan rename file
    Code:
    username.ini.example
    
    menjadi
    Code:
    username.ini
    
    , contoh username yg mau dipakai misalnya "Batmanwati" jadi tinggal di rename jadi
    Code:
    Batmanwati.ini
    
    6. Langkah selanjutnya yaitu setting pasword pada file
    Code:
    username.ini
    
    yang kita rename tadi. Silahkan dibuka filenya dan silahkan di setting passwordnya.

    Sampai disini HTMLy sudah bisa digunakan dan sudah terinstall di webhosting teman-teman tanpa perlu setting-setting database lagi. Silahkan login ke alamat
    Code:
    www.domainkamu.com/login
    
    dan silahkan login menggunakan username & password yang teman-teman buat tadi untuk masuk ke dashboard htmly.

    Untuk settingan yang lainnya, misalnya mau di buat multi user atau pakai https bisa dibaca-baca di sumbernya disini: https://github.com/danpros/htmly

    Kebetulan kemarin ada promo domain murah, jadi coba saya beli satu doamain terus coba saya install HTMLy buat teman-teman yang pengen lihat-lihat dashboardnya atau sekedar coba-coba bisa menggunakan demo disini (semuanya masih default blm ada yg sya rubah) :

    Code:
    cascisc.us/login
    username: casciscus
    password: demo
    
    Kebetulan itu domainnya beli di namecheap kemarin cuma $0.98 jadi kemungkinan gak bakal saya perpanjang tahun depan tgl 22 maret 2015 jadi cuma iseng buat teman-teman yang pengen mencicipi HTMLy tapi masih terbatas masalah hostingan, domain, atau bingung setup di localhost bisa dicicipin pakai domain murah tadi. Ok selamat mencoba! Kalau masih bingung masalah installnya bisa langsung tanya-tanya yang buat, kebetulan yang buat HTMLy adminya forum ini mas @Dan jadi jangan tanya-tanya saya ya? soalnya saya cuma nulis-nulis doank

    *ketawa4* *mati*
     
    Last edited by a moderator: Feb 14, 2021
  2. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Pakai LowEndSpirit padahal

    Pakai LowEndSpirit padahal bagus juga lo, cepet *merokok2*

    Ada semacam kekawatiran karena password di simpan sebagai plain text tapi pada ngga nyadar kalau password DB hampir semua CMS di simpan sbagai plain text, misal WP dan Drupal.
     
  3. xface2

    xface2 Member

    Joined:
    May 15, 2013
    Messages:
    493
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah mantep nih .. komplit

    wah mantep nih .. komplit penjelasannya *bagus*
     
  4. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Dan wrote:

    iini pakai yg we love share yg $19/tahun dri serverios kmrn *jail* kl masalah DB aslinya saya juga masih bingung *peace*

    kebetulan bnyk yg tanya cara instalnya padahal di github punya mas @Dan sdh dijelasin tapi versi bhs Linggisan jadi iseng buat yg versi bhs Indonesia supaya tambah ramai yg pakai HTMLy *jail*
     
  5. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    pangeranrendy wrote:

    silahkan-silahkan *ketawa3*
     
  6. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Dan wrote:

    WP passwordnya ada di plain text? Baru tau nih.
     
  7. KBlogger

    KBlogger New Member

    Joined:
    Mar 7, 2014
    Messages:
    68
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Emm

    kelebihan HTMLy memang bnyk, hemat space, seo onpage juga pula... rugi kalau gk coba, ijin coba mas... *jail*
     
  8. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    D-dig wrote:

    Bener jadi kita bisa menghancurkan databasenya kalau tahu passwordnya.
     
  9. pondokgue

    pondokgue Member

    Joined:
    Jan 26, 2014
    Messages:
    118
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    mau coba demonya dulu ah..

    mau coba demonya dulu ah.. *senang*
     
  10. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    lengkap banget,semoga banyak

    lengkap banget,semoga banyak yang terbantu dengan tutorial ini *bagus*
     
  11. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    @D-dig & @Dan : kedengarannya

    @D-dig & @Dan : kedengarannya koq serem amat ya ini masalah passw DB *dingin*
    @KBlogger & @pondokgue : Silahkan-silahkan *ketawa3*
    @fikrishare : iya sama-sama *ketawa3*
    @budiw92 : Amin semoga bermanfaat.. lama gak kelihatan baru turun gunung lagi nih *jail*
     
  12. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    tambah lengkap install HTMLy,

    tambah lengkap install HTMLy, dimana-mana, di tunggi install HTMLy di vps khususnya yang osnya debian 7 *jail*
     
  13. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    klo dri blogspot bisa gk

    klo dri blogspot bisa gk pindah ke HTMLy?
     
  14. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Adhum wrote:

    bisa, coba aja login di cascisc.us pakai pasword yg saya kasih di postingan, di htmly ntar ada importernya buat migrasi dari blogger, syaratnya feed blogger kudu dibuaka full (gak sepeotong) jadi semuanya dah disediakan dgn yg buat htmly si mas @Dan *ketawa3*
     
  15. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    ok, sy coba gan... thnx

    ok, sy coba gan... thnx
     
  16. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Adhum wrote:

    tapi jangan diimport k casciscus ya? ntar malah feed blogmu pindah semua ke casciscus *ketawa4*
     
  17. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    wphoet wrote:

    wkwkwkwkwkkwkwk itu yg baru mw sy tanyakan.... *ketawa1*
    ok deh sy ikuti langkah2 yg ada di postingan.....
     
  18. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    wphoet wrote:

    Saya juga serem ngobrolinnya, sampe badan saya kedinginan kena AC.
     
  19. Dwijaya

    Dwijaya New Member

    Joined:
    Jan 22, 2014
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    30 menit

    Alhamdulillah..

    Terima kasih tutorialnya.

    Saya dah berhasil install #HTMLy. Hampir setengah jam kutak-kutik karna ga bisa login. Ternyata semua isi zip #HTMLy ga bisa dihimpun dalam folder tersendiri jadi harus berada persis setelah direktori public_html.
     
  20. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Dwijaya wrote:

    yup benar itu *jail* sdh saya tambahkan di postingan barusan :D memang terdengar sepele cuma masalah mengeluarkan file master dari foldernya ke public directory domain, tapi kl yg gak tau trs gak dikeluarin dri folder malah jadi error, jadi supaya yang lainnya gak bingung, postingannya saya tambahin supaya lebih mudah memperaktekannya *ketawa3*
     
Loading...

Share This Page