Cara Kerja Oli Gardan Pada Kendaraan

Discussion in 'Otomotif' started by Aldi Sutanto, Nov 4, 2019.

  1. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    360
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Jika anda memiliki sebuah kendaraan, tentunya dalam merawat kendaraan agar tetap awet menjadi tantangan tersendiri. Banyak sekali pengendara yang tidak tahu bagaimana cara merawat kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4. Maka dari itu tidak jarang pada akhirnya kendaraan jadi cepat rusak sehingga sering kali ke bengkel. Salah satu cara merawat motor atau mobil adalah dengan disiplin dalam mengganti oli gardan kendaraan. Fungsi oli gardan sendiri untuk melumasi transmisi yang ada pada motor atau mobil. Maka dari itu jangan menyamakan antara oli gardan dan oli mesin sebab keduanya punya peran yang berbeda terhadap kendaraan yang anda gunakan.


    Nah, agar lebih tahu lagi cara merawat kendaraan, ada baiknya anda mengetahui cara kerja oli gardan kendaraan. Yuk kita simak di bawah:

    [​IMG]


    Membuat Suara Mesin Halus


    Salah satu fungsi dari oli gardan adalah membuat suara mesin mobil atau motor matic anda menjadi halus. Jika dirasa suara mesin sudah mulai berisik, maka artinya oli gardan sudah mesti diganti dengan yang baru. Bagaimana cara oli gardan bisa membuat suara mesin kendaraan menjadi halus? Dalam transmisi otomatis, banyak sekali gesekan yang terjadi antara komponen mesin yang ada pada kendaraan. Nah, untuk membuat komponen ini bergerak halus, maka diperlukan oli gardan agar setiap pergerakan komponen transmisi bisa sangat halus ketika kendaraan berjalan.


    Menghindari Karatan


    Oli gardan juga punya fungsi menghindari mesin transmisi dari karatan. Dengan kekentalannya, mampu membuat semua komponen transmisi otomatis tidak kering sehingga bisa terhindar dari resiko karatan. Hal ini sangat berlaku bagi motor maupun mobil.


    Mencegah Asap Hitam


    Jika anda sering melihat kendaraan mengeluarkan asap tebal dari knalpotnya, maka sudah dipastikan kendaraan tersebut belum mengganti oli gardan. Kekentalan yang ada pada oli gardan juga dapat membuat mesin transmisi jadi awet muda sehingga motor atau mobil yang anda miliki hanya mengeluarkan asap normal. Jika oli gardan tidak diganti, maka jangan heran kendaraan anda akan mengeluarkan asap tebal berwarna hitam.


    Begitulah cara kerja oli gardan pada kendaraan. Kapan anda mesti mengganti oli gardan? Sebenarnya pergantian oli gardan tidak akan sesering pergantian oli mesin. Oli gardan biasanya baru diganti tiap kali kendaraan mencapai 8000 KM, alias 4 bulan sekali. Namun, ada baiknya anda mengecek kualitas oli gardan setiap saat sehingga transmisi mobil maupun motor tetap bisa terjaga.
     
Loading...

Share This Page