Cara Manajemen Keuangan Terbaik Bagi UMKM

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by NDNU, Sep 25, 2020.

  1. NDNU

    NDNU New Member

    Joined:
    Jul 15, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Sumber: Cara Manajemen Keuangan Terbaik Bagi UMKM

    Memiliki usaha yang sukses adalah impian semua orang, dan ketika Anda akan memiliki suatu usaha atau mendirikan UMKM, perencanaan bisnis yang matang sangat diperlukan untuk menjalankan UMKM yang Anda miliki.

    Salah satu nya adalah dengan memiliki manajemen keuangan yang baik. Manajemen yang tidak berjalan akan menyebabkan Anda mengalami kerugian dan akan menghancurkan usaha Anda. Untuk dapat tahu seberapa penting nya manajemen keuangan dalam suatu usaha dapat kita lihat dari fungsi manajemen itu sendiri.

    Secara umum manajemen memiliki 4 fungsi yaitu:

    Planning
    Manajemen berfungsi merencanakan atau mengatur strategi yang baik agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

    Organizing
    Manajemen berfungsi dalam hal pembagian tugas pada para anggota sesuai keahlian masing-masing anggota organisasi.

    Sumber: Cara Manajemen Keuangan Terbaik Bagi UMKM

    Directing
    Manajemen bertugas untuk mengarahkan semua anggota agar semua anggota berusaha secara optimal agar mencapai cita-cita perusahaan. Dalam fungsi ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja para anggota perusahaan.

    Controlling
    Fungsi manajemen ini dilakukan untuk melihat dan menilai kinerja para karyawan Anda sesuai standar yang telah ditetapkan perusahaan. Dalam fungsi manajemen ini Anda juga dapat mengevaluasi dan melakukan perubahan dan perbaikan jika memang dibutuhkan.

    Jika Anda sudah memahami fungsi dari manajemen itu sendiri, berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk pengelolaan manajemen UMKM yang Anda miliki.

    Pengelolaan Manajemen Keuangan
    Dalam manajemen keuangan Anda dapat melakukan pembedaan antara uang pribadi dan uang bisnis atau usaha. Jangan campur adukkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Lakukan pencatatan untuk semua uang yang masuk dan keluar. Lakukan perencanaan anggaran, dengan membuat perencanaan anggaran, anda akan dapat mengurangi terjadinya defisit anggaran yang tidak terduga.

    Hal utama yang harus anda perhatikan dalam menyusun rencana anggaran adalah pastikan bahwa jumlah yang dikeluarkan tidak lebih besar dari penerimaan kas. Jangan membuat pengeluaran keuangan untuk hal yang tidak berdampak pada peningkatan pendapatan atau produktivitas usaha.

    Dalam manajemen keuangan hal yang harus Anda perhatikan adalah arus kas dapat berputar cepat. Pelaku usaha harus mengetahui jika putaran suatu kas akan cepat jika penjualan kredit dan pembelian kredit berjalan sama besar.

    Jika proses penjualan kredit anda lebih besar dibandingkan barang yang Anda beli, maka akan mengakibatkan anda defisit dan akhirnya kekurangan dana kas. Maka dari itu pastikan anda mampu memastikan ketersediaan barang tetap ada, namun dapat berputar dengan cepat sehingga setiap order yang masuk tidak membebani keuangan usaha.

    Manajemen Sumber Daya Manusia

    Manajemen SDM sangat penting untuk mengetahui sejauh mana SDM bisa dimaksimalkan. Pilihlah SDM yang berkompeten sesuai dengan keahlian nya yang Anda butuhkan. Untuk melatih SDM yang Anda miliki dapat dilakukan dengan kursus atau training sehingga mereka akan lebih produktif.

    Manajemen Pemantauan dan Pengembangan
    Manajemen ini meliputi pemantauan produksi dari persiapan produk sampai kualitas produk yang akan diproduksi, apakah sudah sesuai dengan standar yang Anda inginkan atau belum. Tidak hanya pemantauan produksi manajemen ini juga memantau perkembangan pemasaran usaha Anda baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen sampai cara memasarkan dan mendistribusikan barang atau produk dari perusahaan Anda.

    Dengan begitu, kegiatan usaha UMKM Anda dapat melaju pesat tanpa ada rasa khawatir, karena UMKM anda sudah memiliki manajemen yang baik dan terkontrol, serta takan membawa anda untuk mencapai tujuan yang anda inginkan.

    Sumber: Cara Manajemen Keuangan Terbaik Bagi UMKM
     
  2. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    47
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    wah benar ini... jgn lupa perhatikan aset jg
     
Loading...

Share This Page