Cara Membedakan Bakso Daging Babi dan Bakso Daging Sapi

Discussion in 'Cooking' started by wphoet, May 7, 2014.

  1. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Siapa yang tidak kenal dengan panganan berbentuk bola-bola yang terbuat dari daging ini? Ya Bakso salah satu panganan favorite yang hampir digemari seluruh penikmat kuliner di Negri ini, tapi dengan ketenarannya ini akhirnya banyak pedagang nakal berulah demi sekedar mencari untung besar. Bakso-pun akhirnya di "oplos" dengan campuran daging babi agar meraup keuntungan yang lebih besar.

    [​IMG]

    Untuk mengetahui kandungan bakso mengandung daging babi memang dibutuhkan beberapa peralatan kimia untuk menganalisanya, tapi secara visual kita juga bisa membedakannya. Agar tidak salah dalam memilih bakso yang mengandung daging babi, yuk kita simak cara membedakan ciri antara bakso daging babi dan bakso daging sapi berikut.

    • Warna bakso: Perlu diketahui bahwa daging babi termasuk dalam golongan daging white meat karena berwarna pucat atau keabu-abuan, sedangkan daging sapi tergolong daging red meat dengan warna daging pada umumnya berwarna merah gelap, jadi secara kasat mata bisa kita lihat apabila bakso yang sudah matang yang menggunakan daging babi akan berwarna lebih putih/terang dibandingkan dengan bakso yang terbuat dari daging sapi. Akan tetapi ada salah satu daging babi yang memiliki warna mirip dengan daging sapi yaitu daging babi hutan atau celeng (bukan babi ternak), jadi untuk bisa lebih yakin membedakannya silahkan simak ciri selanjutnya.

    • Tekstur Bakso: Daging babi umumnya lebih berminyak karena banyaknya kandungan lemak yang ada dalam daging, jadi secara kasat mata bisa dilihat apabila bakso tersebut kita ambil dari kuah dan coba di belah dan raba bagian tengah bakso dengan tangan, jika bagian tengahnya terasa berminyak berarti ada campuran daging babi pada bakso tersebut sedangkan bakso sapi bagian dalamnya saat di belah dan diraba lebih kesat.

    • Aroma Bakso: Dikarenakan kadar lemak yang tinggi pada daging babi, biasanya aroma yang tercium akan lebih tajam dibandingkan dengan daging sapi. Pada bakso yang menggunakan daging babi, aroma yang tercium akan lebih amis walaupun sudah ditutupin oleh berbagai macam rempah-rempah tetap akan tercium bau amisnya, jadi cermati terlebih dahulu sebelum dimakan.

    Kira-kira itu saja sedikit cara membedakan antara bakso daging sapi dan bakso daging sapi yang lagi marak di lakukan oleh oknum2 pedagang yang tidak bertanggung jawab.

    Bonus:
    Bakso Boraks: Untuk mengetahui bakso yang mengandung boraks apa tidak caranya cukup gampang, silahkan cuil sepotong bakso yang sedang kita makan, kemudian berikan kepada kucing. Biasanya kucing memiliki indra penciuman yang cukup tajam sehingga makanan yang mengandung obat-obatan/pengawet tidak akan pernah dimakan kucing. Jadi jika bakso yang kita berikan kucing tadi tidak dimakan berarti ada kandungan bahan kimia dalam daging bakso tersebut, dan jika dimakan berarti kita bisa melanjutkan santapan bakso kita. Akan tetapi muncul satu pertanyaan jika baksonya dimakan kucing, ada dua kemunkginan yaitu bakso tersebut memang bakso sapi dan tidak mengandung boraks/bahan kimia lain atau bisa juga bakso tersebut terbuat dari daging tikus (soalnya kucing juga kan suka dengan tikus) *jail**peace*

    Disadur ulang dari: okefood
     
  2. Samehadaku

    Samehadaku Samehadaku says Kai!!!

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    965
    Likes Received:
    156
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    gk di dunia nyata di dunia maya, makanan aja *ketawa4*

    aq pesen 2 ya le kalo ke rumah...
     
  3. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,627
    Likes Received:
    753
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    rasa nya enak mana ? liat binatang-nya aja bikin eneg apalagi makan-nya *muntah*
     
  4. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Nah ini nih di tanyakan, kalau seandainya kita mau makan bakso untuk mengetahui mengandung boraks atau tidak jadi perlu bawa kucing ya kemana-mana? atau ada hewan lain yang bisa menjadi alternative *bingung*

    Na kalau bakso yang mengandung daging tikus, bagaimana mengenali cirinya? :)
     
  5. misterius

    misterius Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    267
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    saya tidak pernah memakan bakso kecuali ditempat tempat resmi seperti bakso lapangan tembak. Soalnya yg saya tahu,slain babi,juga ada yg pakai tikus got itu.mengerikan
     
  6. cayun

    cayun Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    650
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    liat" di Investigasi trans TV bnyak banget makanan yg bener,, entah daging inilah, campur boraks, formalin, daging busuk.. jadi ngeri kalau beli makanan sembarangan *dingin*
     
  7. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    yang daging tikus enak ncang *ketawa4*rasanya gurih-gurih gimana gitu *muntah*
     
  8. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ihh daging apaan?? iiiih *takut*
     
  9. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Jual bakso daging babi ga masalah sih, asal diBeri informasi kalau daging yg digunakan adalah babi, diberi tulisan besar besar "makanan tidak halal"
    Imho
     
  10. Nur Wahid

    Nur Wahid Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    131
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    bahaya nih, biasanya orang kalau udah beli bakso langsung di makan.. jarang ada orang sebelum makan bakso dilihat dulu bakso daging sapi atau babi.. *benci*
     
  11. Hienzo

    Hienzo Member

    Joined:
    Feb 15, 2014
    Messages:
    246
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Lebih suka mie ayam sih, daripada bakso *senang*
     
  12. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Maka beruntunglah para Gado-Gado lovers seperti saya, sepertinya ngga ada daging sapi, babi, atau tikus di dalamnya. . .hehe *ketawa3*
     
  13. OAXER

    OAXER Member

    Joined:
    Dec 6, 2012
    Messages:
    250
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Setau Saya dimana-mana warna baso itu pucat ....
    jadi .....
     
  14. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Wah sama saya juga lebih suka gado-gado, sayurannya kan sehat :D Gak perlu takut ada daging yang menakutkan, karena isinya cuma krupuk ama lontong.
     
  15. foxydiba

    foxydiba Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    272
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Wah berarti di tempatnya den @OAXER baksonya daging selain sapi tuh.... Kalau di tempat saya biasa beli bakso kalau baksonya dibelah warnanya kemerahan.
     
  16. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    saya pernah nih ngasih bakso ke kucing tapi kucingnya gak mau, ini karena boraks atau kucingnya yang gak lapar *kaget1*
     
  17. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    lagi diet paling kucingnya *jail*aslinya semua kucing mau dgn daging (kecuali yg ada bahan kimianya), kebetulan di rumah punya kucing 7 jadi kl yg satu gak mau bisa dicoba ke yg lain, kl semua pada gak mau berarti saya buang baksonya (jadi ngambil vote tertinggi) *ketawa4*tapi itu yg bakso boraks tipsnya dulu lihat di tv buat tau dengan mudah bakso yg dikasih boraks dgn yg gak, dan sering saya praktekan kl lgi beli bakso di dpn rumah, tapi kl cobain ke kucing jangan pakai kucing anggora atau kucing2 persia, soalnya mahal kucingnya ketimbang baksonya *jail*
     
  18. yulia

    yulia Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    103
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Suami saya paling benci sama kucing karena bikin takut burung ternakannya. Katanya kucing suka makan burung, karena itu perkutut kalau lihat kucing pasti kelabakan. Yah jaman sekarang sulit cari makanan yang baik.
    Kalau saya sih yang penting baca doa sebelum makan dan semoga makanannya halal dan thoyib. Amiien
     
  19. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    338
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Setubuh gan, tapi lebih suka lagi yang gratisan
     
  20. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Setubuh

    Hati hati plesetannya sob. . . *huh*
     
Loading...

Share This Page