Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Kulit dengan Tepat

Discussion in 'General Discussion' started by saranggrosir, Feb 23, 2017.

  1. saranggrosir

    saranggrosir New Member

    Joined:
    Jun 6, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Perhatikan langkah-lagkah berikut ini ketika kamu membersihkan sepatu kulitmu agar sepau kulitmu tidak mudah rusak.
    Bahan-bahan yang Diperlukan

    • Kain lembut
    • Sikat sepatu
    • Sabun untuk bahan kulit atau pembersih sepatu kulit
    • Cuka putih
    • Semir sepatu
    • Kertas koran
    • Kondisioner kulit

    Langkah-langkah serta Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Kulit dengan Tepat :

    1. Singkirkan debu-debu dan kotoran. Kamu perlu membersihkan debu dan kotoran dari sepatu kulit menggunakan kain lembut atau sikat lembut. Agar debu dan kotoran tidak menumpuk, sebaiknya kamu melakukannya setiap kali usai memakai sepatu kulitmu. dengan begitu, akan lebih mudah bagimu untuk membersihkannya.
    2. Lepas tali sepatu agar tidak terkena air atau semir. Jika tali sepatu kulitmu juga perlu dibersihkan, kamu bisa menyucinya bersama dengan cucian lainnya dengan mesin cuci atau sekedar rendam sebentar di dalam air deterjen, cuci, dan keringkan.
    3. Gosok bagian yang lecet dengan air dan sabun kulit menggunakan kain lembut. Berhati-hatilah dan jaga agar kulit tidak menjadi terlalu basah. Lebih baik melakukannya dua kali dengan lebih sedikit air dan sabun daripada sekaligus menggunakan air dan sabun yang banyak. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memakai pembersih sepatu kulit komersial yang bisa juga kamu dapatkan di toko-toko sepatu atau tas dan dompet kulit.Hilangkan noda garam dengan menggunakan campuran air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Gunakan kain lembut untuk mengusapnya berulang-ulang sampai noda hilang.
    4. Semir sepatumu paling tidak sekali dalam sebulan atau lebih ketika diperlukan. Semir berbentuk krim adalah pilihan yang tepat untuk sepatu berbahan kulit.
    Langkah pertama untuk menyemir sepatu kulit adalah dengan meletakkan sepatu di atas lembaran kertas koran. Setelah itu, lakukan tes semir pada bagian tersembunyi untuk memastikan jika produk semir yang kamu pakai tidak menyebabkan kulit luntur. Kemudian pakai kain lembut untuk mengaplikasikan semir dengan gerakan melingkar di seluruh permukaan sepatu kulitmu. Hati-hati menyemir di sekitar area jahitan karena mungkin saja warnanya berbeda. Begitu selesai, ambil kain lembut bersih lainnya untuk mengangkat sisa-sisa semir dari sepatu dengan gerakan melingkar.
    Poles lagi sepatu kulitmu setelah kering memakai kain lembut, juga dengan gerakan melingkar. Kalau kamu ingin membuatnya semakin berkilau, teteskan sedikit air pada kain sebelum menggunakannya.
    Gunakan conditioner kulit atau lotion kulit setidaknya dua kali dalam setahun untuk membuat sepatumu tetap lembut dan lentur. Jika perawatan ini tidak dilakukan, sepatu kulitmu bisa kering dan pecah.

    Perlu diketahui bahwa untuk sepatu berbahan kulit suede, gunakan karet penghapus untuk mengangkat noda, dan jangan menggosoknya. Pilih juga produk perawatan yang memang khusus untuk bahan suede. Kamu juga jangan pernah menjemur sepatu kulit di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuatnya luntur. Semoga bermanfaat,
     
Loading...

Share This Page