Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Efektif

Discussion in 'Otomotif' started by Galih Pradipta, Dec 12, 2018.

  1. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    53
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Bagian dashboard mobil merupakan salah satu bagian interior yang tidak jarang sekali difungsikan guna menaruh sekian banyak aksesoris sampai pengharum ruangan. Jika dashboard mobil tampak bersih, wangi dan rapih pasti Anda bakal nyaman dan aman berada di dalamnya. Namun pada bagian dashboard adalahbagian yang gampang sekali kusam dan retak, sebab sering kali terkena paparan sinar matahari langsung.

    Apalagi andai usia mobil idaman Anda sudah termakan usia, ini dapat mempengaruhi komponen yang ada di dalamnya. Namun anda tak usah khawatir, masih banyak tips atau cara untuk membuat dashboard mobil tua anda menjadi kinclong dan bersih lagi tanpa mesti membawanya ke salon mobil.

    Anda dapat melakukan tips berikut ini di rumah anda :

    Penyedot Debu

    Anda dapat gunakan penyedot debut atau vacuum cleaner kecil untuk mencuci semua debu yang tidak tercapai tangan pada bagian dashboard mobil anda.

    Lap Mikro fiber

    Lap dengan bahan mikro fiber sangat sesuai untuk memberishkan dashboard mobil anda. Jangan sembarangan mengunakan lap guna membersihkannya, bisa-bisa mobil kita jadi lecet karenanya. Gunakanlah lap mikro fiber sebab bagus dan cocok untuk mengangkat kotoran.

    Sikat Bulu Halus

    Jika di dashboard mobil ada noda yang membandel yang susah dihilangkan, Anda dapat gosok dan menyikatnya dengan sikat yang berbulu halus. Mengapa mesti berbulu halus, sebab dengan bulu halus tidak bakal merusak permukaan dashboard mobil.

    Cairan Pembersih Dashboard

    Siapkan cairan pembersih dashboard yang khusus guna dashboard mobil anda. Oleskan secara merata dengan kain atau lap mikro fiber kemudian bersihkan secara merata.

    Merawat dan Membersihkan Dashboard Mobil Tua

    Melakukan perawatan pada bagian dashboard mobil tua mesti dilaksanakan dengan ekstra serius dan berkala. Tujuannya supaya material dashboard mobil tua tetap terawat bersih dan kinclong. Anda dapat menggunakan cairan eksklusif khusus pembersih dashboard, dan bisa dengan menggunakan shampoo bayi. Gunakan kain atau lap mikro fiber supaya permukaan dashboard tetap halus.

    Untuk Dashboard Mobil yang Rusak Ini Cara Memperbaikinya

    Mengembalikan Warna

    Umumnya teknik memperbaiki dashboard mobil dalam urusan ini sering dilaksanakan pada mobil yang sudah berumur lebih dari sepuluh tahun. Faktor pemicunya ialah sinar matahari, yang dapat membuat kusam permukaan dashboard. Untuk membalikkan warna dasarnya, pastinya dashboard mesti dibongkar, secara menyeluruh dan dicat ulang.

    Menghilangkan Baret

    Pekerjaan ini termasuk rumit sebagai salah satu teknik memperbaiki dashboard mobil. Terlebih pada dashboard yang mempunyai motif bagaikan kulit jeruk. Biasanya semua bengkel khusus membetulkan interior mobil melakukannya, dengan membuat ulang motif kulit jeruk yang terkikis akibat dampak goresan. Setelah motif dibuat, langsung dilaksanakan pengecatan ulang pada bagian yang terpapar baret.

    Dashboard Pecah

    Pemakaian keseharian dengan rute yang tidak sedikit untuk ditempuh dapat mengakibatkan dashboard mobil mulai retak bisa jadi karena benturan keras. Salah satu teknik memperbaiki dashboard mobil yang pecah, ialah dengan menutupnya dengan lem plastik supaya kembali seperti awal. Setelah permukaan luar dan dalam telah dirapatkan ulang dengan lem, baru dibuatkan modif pada dashboard mobil anda.

    Sumber Artikel : http://ikame.net/2018/cara-membersihkan-dashboard-mobil-yang-efektif/
     
Loading...

Share This Page