Cara membuat batako

Discussion in 'General Business' started by faylaafcharina, Apr 3, 2015.

  1. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Cara membuat batako di sini sangat mudah sekali apalagi cara yang akan saya terangkan kali ini adalah dengan cara manual tidak perlu mesin- mesin yang mahal seperti mesin mixer , mesin press dan mesin lainnya.

    Peralatan membuat batako
    semuanya tidak diperlukan yang diperlukan disini hanyalah alat cetakan batako yang bisa anda membuatnya sendiri atau juga anda bisa memesan kan ke tukang las serta Sekop buat ngaduk

    [​IMG]

    Bahan-bahan yang dibutuhkan
    Bahan bahan yang digunakan adalah sebuah semen dan pasir serta pasokan air tawar yang cukup. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pada pasir pembuat batako ini yakni pasir tidak berubah bentuk jika sudah dicampur dengan air terus persyaratan selanjutnya adalah pasir tidak menggumpal jika dicampur dengan air serta pasir harus benar benar bersih dan terbebas dari kotoran terutama kotoran tanah liat dan kotoran ranting ranting pohon lainnya

    [​IMG]


    Cara pembuatan batako

    Cara pembuatan cara pembuatan ini sangat mudah sekali yang pertama kita ayak terlebih dahulu, untuk memperoleh pasir dengan ukuran yang sama jangan sampai ada ukuran pasir yang terlalu besar ini juga tidak baik pada hasilnya nanti

    Setelah selesai diayak dan pasir mempunyai ukuran yang sama kemudian campurkan atau tambahkan dengan semen portland . untuk pencampuran yang bisa berkisar 7 : 1 atau 12 : 1 , jika kita bener bener mulai dari awal sebaiknya kita memproduksi kecil- kecil saja dulu artinya dalam jumlah kecil kita coba dulu baru tawarkan ke pasaran apakah dengan produk yang kita produksi seperti ini akan diserap oleh pasar di tempat kita atau tidak, jika perlu ada perubahan maka segera rubah sebelum kita memproduksi secara massal.

    Kembali lagi ke pembuatan batako, setelah air dan pasir serta semen portland dicampur jadi satu usahakan jangan terlalu kering dan jangan juga terlalu basah cara mengatasinya adalah cukup mudah ambil 1 genggam adonan tadi dengan kepalan tangan kita kemudian lepas jika tetap padat dan tidak ambrol itu campuran sudah cukup tidak perlu ditambahkan air lagi.

    Setelah adonan tadi kita rasa sudah cukup baru campuran adonan pasir dan semen portland tadi kita masukkan ke alat cetakan, Setelah semua campuran tadi berada di alat cetakan barulah kita gencet menggunakan alat cetakan . Kalau sudah baru lepas dan simpan ditempat yang aman terbebas dari hujan dan matahari langsung, batako yang baru di cetak bagusnya kering dengan cara diangin anginkan. setelah satu malam kering sendiri dengan cara diangin anginkan keesokan harinya barulah disiram dengan air.
     
  2. meme33

    meme33 New Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ternyata semen yang digunakan pada saat pembuatan batako cuman sedikit ya, makanya batakonya gampang pecah
     
  3. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,722
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ternyata membuat batako tidak sesulit yang dibayangkan ya..
     
  4. Andrie9_9

    Andrie9_9 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    63
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Wah tutor yang bagus banget.... oh ya gan klo butuh travo las bolehlah kunbal ke saya, saya menjual travo las cukup handal loh cocok untuk home industri seperti agan, jika ada waktu bolehlah jalan jalan ke web saya ok ditunggu makasih.

    http://www.limastools.ga/2015/08/mig-200.html
     
Loading...

Share This Page