Cara Membuat Es Krim Gelato Rumahan Yang Sederhana

Discussion in 'Cooking' started by tukangmesin, Feb 8, 2017.

  1. tukangmesin

    tukangmesin Guest

    Tahukah anda yang di maksud dengan Gelato? Ya gelato adalah jenis panganan/camilan asal italia yang di buat dari bahan dasar es krim. Jadi memang bisa dibilang Gelato adalah es krim khas dari italia, hanya saja teknik pengolahan dan pembuatannya cukup berbeda. Terlebih lagi gelato bisa dibilang mempunyai bahan dasar susu yang lebih dominan.

    [​IMG]

    Apa yang membuat gelato di sukai oleh masarakat pada umumnya? Terlebih lagi bagi bangsa eropa. Gelato yang berbahan dasar Susu ini mempunyai tekstur yang cukup lembut dan halus di lidah. Kelembutan itu tercipta karena pada saat pengolahan, adonan gelato cenderung di aduk dengan kecepatan rendah namun dengan waktu yang cukup lama.

    Gelato sangat cocok di sajikan dengan keadaan yang cukup dingin, bisa dibilang untuk menghidangkan Gelato di sarankan dengan suhu yang lebih tinggi di banding es krim biasa pada umumnya. Nah apakah anda salah satu penggemar Gelato? Karena saat ini kita akan coba membahas sedikit demi sedikit bagaimana cara membuat gelato sendiri di rumah. Oke di simak yuk.

    Hal pertama yang perlu anda siapakan adalah bahan. Seperti di ketahui bahan-bahan untuk membuat gelato sangat mudah di temui. Gelato sendiri di buat dengan 100% bahan-bahan alami, apa sajakah itu?[/CENTER]
    • · 600ml Susu
    • · 5 Butir Telur
    • · Ekstrak Vanila
    • · 140 Gra Gula pasir
    3 bahan dasar di atas merupakan hal utama yang harus anda siapkan, untuk selanjutnya adalah pengolahan adoanan dasar.
    • · Rebus air hingga mendidih di dalam panci yang berukuran besar, mengapa ukuran besar? Karena panci ini akan menampun mangkuk tahan panas yang berukuran sedang. Dimana adonana utama akan di letakan pada mangkuk tersebut.
    • · Selanjutnya pisahkan kesemua ( 5 butir) kuning telur dari putihnya
    • · Tuangkan susu kedalam wadah / panci dan panaskan dengan api sedang. Aduk-aduk secara perlahan hingga susu tersebut berbusa / berbuih lalu kecilkan api
    • · Kocok kuning telur yang telah di pisahkan, tambahkan gula dan kocok hingga gula dan telur tercampur rata setelahnya anda bisa menambahkan ekstrak vanilla kedalam adonan
    • · Angkat susu yang telah di panaskan lalu masukan kedalam wadah kuning telur yang telah di kocok, yang perlu anda ingat adalah jangan sampai anda memasukan susu tersebut dalam kondisi panas karena hal tersebut dapat merusak adonan telur.
    • · Setelahnya kocok adonan tersebut secara berulang-ulang dengan spatula hingga kental dan menjadi creamy
    • · Lalu masukan adonan utama yang telah di tuang kedalam mangkuk anti panas di atas panci berisi air yang telah di panaskan sebelumnya. Aduk merata hingga adonan mengental seperti pudding.
    • · Setelah itu angkat mangkuk, tambahkan perasa yang anda inginkan lalu aduk dengan sendok kayu hingga merata. Anda juga bisa menambahkan toping di atasnya agar terlilhat lebih menarik dan nikmat.
    • · Setelah semua tahap pencampuran selesai, tutup mangkuk adonan dengan plastik wrap dan masukan ke dalam Freezer bersuhu tinggi.
    • · Tunggu hingga 3-5 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan Gelato pun siap untuk di nikmati.
    Well dari langkah-langkah di atas bisa dibilang membuat es krim gelato bisa di lakukan tanpa tools professional sekalipun. Cara membuat es krim gelato ini bisa dibilang cukup identik dengan mengolah bahan es krim rumahan pada umumnya. Hanya saja untuk masalah ketelitian dan detail pembuatan es krim gelato haruslah ekstra teliti, karena salah sedikit saja teksutr es nya akan berubah.

    Oleh sebab itulah membuat Gelato tidak bisa menggunakan mesin es krim modern, di sebabkan ada beberapa detail yang harus di lakukan secara manual dengan timing yang pas. Jika anda tertarik untuk membuka usaha es krim rumahan, gelato bukanlah pilihan yang bagus untuk anda geluti. Mengapa? Bisa dibilang tidak semua orang suka dan menikmati Gelato, selain tekstur dan rasa yang terlalu creamy..harganya pun lebih mahal ketimbang es krim biasa.

    Oleh karenanya sebelum anda membuka usaha es krim gelato, maka ada baiknya anda berpikir untung ruginya terlebih dahulu.
    Oke semoga berguna
     
    Last edited by a moderator: Feb 10, 2017
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    600ml apa yah,,, mungkin air
     
  3. tukangmesin

    tukangmesin Guest

    Susu maksudnya..dah edited
     
  4. kaitokitz

    kaitokitz Member

    Joined:
    Jan 12, 2016
    Messages:
    86
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wah ada juga yah ice cream Glato ala Rumahan
     
Loading...

Share This Page