Cara Membuat Folder Baru di Windows 10 | Sederhana dan Work

Discussion in 'Programming' started by Barickly, Jan 23, 2020.

  1. Barickly

    Barickly New Member

    Joined:
    Nov 10, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cara Membuat Folder Baru di Windows 10.png
    Dokumen-dokumen Anda membutuhkan pengelolaan yang lebih baik?

    Sudah seharusnya Anda mengelompokkan file-file terkait kedalam sebuah folder. Sesuai jenisnya.

    Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menemukannya sewaktu Anda membutuhkan.

    Selain itu, Anda bisa juga mengubah ukuran ikon dokumen agar terkesan lebih menyenangkan secara visual.

    Berikut akan saya sampaikan beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk membuat folder baru dengan simpel di Windows 10.

    Tak usah bertanya durasi waktu yang diperlukan. Ini tidak menyita waktu sibuk Anda.

    Namun sebentar, jika OS Anda belum beralih ke sistem terbaru, silahkan Anda pelajari dulu cara Update Windows 10 dengan langkah terbaru dan simpel.

    Kalau sudah di update, mari kita lanjutkan materinya.

    √ Metode 1: Membuat Folder Baru dengan Menggunakan Pintasan Keyboard

    Langkah tercepat dalam membuat folder baru di Windows adalah dengan memanfaatkan pintasan CTRL + Shift + N.

    Begini alurnya,

    1. Navigasikan kursor ke tempat yang ingin Anda buat folder. Anda bisa membuat folder baru di lokasi hard drive manapun, atau bisa juga di subfolder File Explorer. Selain itu, dengan metode ini Anda juga bisa dengan cepat membuat folder baru di jendela desktop.

    2. Tahan secara bebarengan tombol Ctrl, Shift, dan N. Cara ini akan membuat Windows segera membuat folder baru.

    3. Masukkan nama folder sesuai yang Anda inginkan. Cara ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk membuat folder baru. Saat folder pertama kali tampil, segeralah mengetikkan nama folder. Sebab, jika Anda menekan klik diselain kolom nama, secara otomatis folder akan ternamai "New Folder". Ini merepotkan pencarian Anda saat nanti membutuhkan.

    √ Metode 2: Membuat Folder Baru dengan cara menekan klik Kanan

    Kondisi ini bisa Anda gunakan ketika Anda tidak hafal dengan pintasan-pintasan keyboard. Atau ketika Anda lebih gemar memakai mouse:

    1. Silahkan navigasikan kursor ke tempat dimana Anda ingin membuat folder baru.

    2. Kemudian klik kanan pada ruang kosong di lokasi folder. Perhatian: Jika Anda menekan klik pada item yang sudah ada di folder, Anda akan menerima tampilan menu yang salah.

    3. Langkah selanjutnya pilih New. Dengan segera Windows akan membuat folder baru di lokasi Anda menekan klik.

    4. Masukkan nama folder sesuai dengan keinginan Anda lalu tekan Enter.

    Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat folder di dekstop. Caranya, silahkan tekan klik kanan mouse Anda pada ruang kosong di jendela desktop, lalu buka New > Folder.

    √ Metode 3: Membuat Folder Baru Melalui Menu Pita

    Metode yang tak kalah cepat untuk membuat folder baru adalah dengan memanfaatkan tombol folder Baru yang berada di menu File Explorer.

    Langkah praktisnya Anda cukup menavigasikan ke tempat dimana Anda menginginkan membuat folder. Cukup klik atau ketuk "New Folder" di Beranda.

    Ketiga metode yang sudah saya uraikan diatas merupakan cara tersimpel dan tercepat yang bisa Anda gunakan untuk membuat folder baru.

    Sehingga Anda bisa mengatur file Anda dengan benar tanpa menyita kesibukan yang harus segera Anda selesaikan.

    Selain cara-cara di atas, Anda masih dapat membuat folder baru di Windows 10 dengan cara lainnya lagi.

    Yakni dengan menggunakan Command Prompt. Begini langkah-langkahnya,

    1. Silahkan menavigasi ke lokasi dimana Anda menginginkan membuat folder baru.
    2. Selanjutnya ketik mkdir foldername, silahkan mengganti "foldername" dengan nama folder yang Anda inginkan.
     
    Last edited: Jan 23, 2020
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    447
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    njir , itu mah sama aja dari windows xp juga cara nya begitu
     
  3. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

    Ini kelebihannya:

    1. Kembalinya Start Menu

    Start Menu ala Windows yang melegenda kembali di Windows 10, dan itu kabar baik! Di Windows 8 menu mulai tiba-tiba menghilang, yang menyebabkan banyak gangguan. Di Start Menu Windows dan tombol Start kembali dan berfungsi seperti biasa di Windows 7. Namun, menu mulai telah diberi tampilan baru dan modern. Karena itu, bekerja di Windows 10 terasa akrab dan modern.

    2. Pembaruan sistem untuk periode yang lebih lama

    Pembaruan sistem secara teratur menentukan berapa lama sistem operasi masih dapat digunakan oleh konsumen. Sebagai contoh, sistem operasi Windows XP dan Windows Vista telah dihapus dan Microsoft secara resmi tidak lagi menawarkan pembaruan atau dukungan tambahan. Untuk Windows 7 dan Windows 8, dukungan utama telah berakhir. Ini berarti, antara lain, bahwa tidak ada fungsi baru yang ditambahkan ke sistem operasi ini.

    Dengan Windows 10 masalah ini belum ada. Misalnya, Microsoft akan memberikan dukungan utama hingga Oktober 2020. Seperti yang diharapkan, dukungan luas tidak akan berakhir hingga 2025. Anda dapat menikmati pembaruan keamanan terbaru dan peningkatan di lingkungan Windows 10 selama bertahun-tahun yang akan datang.

    3. Perlindungan virus yang sangat baik

    Dengan kedatangan Windows 10, kualitas perangkat lunak antivirus telah sangat meningkat. Aplikasi baru dan lebih baik mempersulit pihak jahat untuk menginfeksi komputer Windows 10 dengan perangkat lunak berbahaya. Pertimbangkan, misalnya, fungsi baru Windows Hello. Ini memungkinkan komputer untuk dibuka dengan sidik jari, pemindai iris atau pengenalan wajah. Ini lebih sulit untuk diretas daripada kata sandi standar.

    Windows 10 selanjutnya dapat mengenkripsi file secara otomatis ketika pemberitahuan bahwa komputer telah terinfeksi perangkat lunak berbahaya. Ini dilakukan dengan program enkripsi BitLocker. Selain itu, Windows Defender Antivirus disertakan dan diaktifkan dengan setiap lisensi Windows 10. Perangkat lunak canggih ini melindungi komputer atau laptop Anda lebih baik dari ancaman digital: peningkatan yang jelas dibandingkan versi Windows sebelumnya.

    4. Penambahan DirectX 12

    Perbaikan dalam Windows 10 yang akan disambut oleh para gamer adalah penerapan DirectX 12. Hal ini memungkinkan komputer untuk berurusan dengan lebih efisien dengan perhitungan yang dilakukan selama bermain game. Prosesor dan kartu video akan sangat diuntungkan dari hal ini dalam Windows 10. Ini memastikan bahwa permainan komputer ditampilkan secara grafis dengan cara yang brilian dan daya yang digunakan lebih sedikit. DirectX 12 tidak tersedia pada versi Windows yang lebih lama.

    5. Layar sentuh untuk perangkat hybrid

    Apakah Anda menggunakan perangkat hybrid seperti tablet Microsoft Surface? Kemudian upgrade ke Windows 10 lebih dari sepadan. Tampilan sentuh eksklusif diaktifkan ketika pengguna menggunakan layar sentuh. Ini membuatnya mudah untuk beralih di antara perangkat yang memiliki mode laptop dan mode tablet.

    Dalam mode tablet, bahkan menu mulai, tombol mulai dan bilah tugas tersedia. Fungsi-fungsi ini disesuaikan sehingga mudah dioperasikan.

    6. Kontrol penuh atas Windows 10

    Pusat Kontrol Windows 10 telah diperbarui. Mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi sangat disederhanakan di Windows 10 dibandingkan dengan sistem operasi yang lebih lama. Ini memungkinkan Anda memutuskan sendiri program mana yang mulai secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Atau matikan program tertentu yang biasanya tidak Anda gunakan.

    Administrator sistem dalam organisasi besar juga mendapat manfaat dari fungsi-fungsi ini dalam Windows. Ini membuatnya lebih mudah untuk menawarkan bantuan dari kejauhan. Dan aplikasi spesifik dapat dengan mudah dihapus atau ditambahkan ke lingkungan kerja pengguna.

    7. Sistem operasi yang lebih ringan dan lebih cepat

    Keuntungan penting terakhir dari Windows 10 adalah peningkatan kecepatan sistem operasi. Tidak hanya Windows 10 terlihat lebih modern, ia juga berfungsi lebih cepat daripada versi Windows yang lebih lama. Sistem operasi lebih efisien dan karenanya membutuhkan lebih sedikit daya pemrosesan dari perangkat keras. Waktu start-up, waktu untuk memuat aplikasi dan konsumsi baterai pada laptop semua telah meningkat dibandingkan dengan Windows 8 dan iterasi sebelumnya lainnya.

    Kekurangan Windows 10

    1. Masalah privasi

    Titik kritik pada Windows 10 adalah cara sistem operasi menangani data sensitif pengguna. Microsoft misterius tentang data pengguna yang dikumpulkan di Windows 10. Diketahui bahwa ada alat analisis yang melacak perilaku komputer. Aplikasi-aplikasi ini secara otomatis diinstal pada instalasi standar dan dapat dinonaktifkan selama instalasi lanjutan. Namun pertanyaannya tetap, informasi mana yang tepatnya dikumpulkan Microsoft dan bagaimana mereka menggunakan data ini.

    2. Kompatibilitas

    Masalah dengan kompatibilitas perangkat lunak dan perangkat keras dapat menjadi alasan untuk tidak beralih ke Windows 10. Terutama program dan permainan yang lebih lama mungkin tidak lagi berfungsi pada sistem operasi terbaru ini dari Microsoft. Apakah Anda menggunakan perangkat lunak (lama) tertentu secara intensif? Kemudian pertama-tama selidiki apakah aplikasi bekerja dalam kombinasi dengan Windows 10.

    Microsoft memiliki persyaratan sistem minimum dan yang direkomendasikan secara online. Lihat ini untuk memastikan bahwa Windows 10 bekerja dengan benar di komputer atau laptop Anda. Dibutuhkan banyak waktu dan energi untuk mengetahui setelah instalasi Windows 10 bahwa hal-hal tidak berfungsi lagi.

    3. Banyak Aplikasi hilang

    Penggemar Windows Media Center mungkin sedikit kecewa dengan Windows 10. Program populer ini tidak lagi tersedia di Windows 10. Selain itu, tidak ada DVD player standar yang tersedia setelah proses instalasi. Windows Photo Viewer juga dihapus dalam versi ini. Tentu saja, pengganti seperti VLC ada dan dapat diunduh dengan mudah.
     
Loading...

Share This Page