Cara Membuat Kopi yang Enak Ternyata Simpel, Simak Tips Berikut!

Discussion in 'General Discussion' started by raffa alwii, Dec 27, 2017.

  1. raffa alwii

    raffa alwii Member

    Joined:
    Jun 8, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Kopi adalah salah satu minuman yang difavoritkan oleh hampir semua orang. Hampir semua golongan selalu suka dengan kopi ini. Kopi sendiri bisa dinikmati dari mulai yang murah hingga yang mahal dengan keistimewaannya sendiri-sendiri. Banyak juga yang menganggap jika sehari tanpa kopi hidup akan terasa amat hampa. Tak heran jika warung kopi pinggiran hingga kafe elit selalu ramai dijejali pelanggan yang ingin minum kopi. Jika Anda sering mampir ke warung kopi, mungkin kerap merasakan betapa nikmatnya kopi warung itu. Ternyata cara membuat kopi yang enak pun tak sulit.
    [​IMG]

    Kopi tubruk menjadi salah satu jenis kopi yang banyak disukai semua golongan masyarakat. Dari kalangan papa hingga orang berpunya semuanya suka dengan kopi. Tata cara pembuatan kopi ini sebetulnya memang mudah, namun tetap saja ada trik tertentu agar kopi menjadi nikmat rasanya. Jika Anda penasaran, maka berikut ini cara membuat kopi enak:
    • Siapkan semua bahan bakunya
    Pertama Anda perlu mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan mulai dari air bersih dan sudah disterilisasi. Air ini dimasak hingga mendidih dan berasal dari air yang alami. Selanjutnya pastilah kopi sebagai bahan baku utamanya dimana berasal dari kopi segar. Jangan lupa peralatan mulai dari cangkir, panci, teko, sendok dan gulanya jika Anda butuh.

    • Perbandingan kopi dengan air
    Kopi dan air harus diperbandingkan secara benar agar bisa mendapatkan rasa kopi yang nikmat. Memang hal ini sederhana, namun kerapkali menjadi kesalahan fatal sehingga rasa kopi kurang keluar. Untuk rasio perbandingan kopi dan air, Anda bisa menyesuaikan dengan selera yaitu dicicipi lebih dulu. Jika tidak, Anda bisa membandingkan dengan rumus 1 : 15 dimana satu sisi kopi adalah untuk 15 sisi air. Misal saja Anda memakai 2 gram kopi, maka airnya adalah 30 ml dan seterusnya. Perbandingan ini akan membuat rasa kopi menjadi nikmat.

    • Waktu penyeduhan kopi
    Hal ini juga merupakan hal sederhana namun ternyata belum banyak diketahui. Ternyata cara menyeduh kopi bukan langsung disiram air begitu saja, melainkan dengan membasahi kopi lebih dulu selama 30 detik lalu barulah siram dengan air panas. Tujuan dilakukan hal ini adalah demi bisa memanaskan bubuk kopi sebelum bisa disiram dengan air panas agar bisa mengeluarkan gas yang dikandung di kopi.

    Ternyata cara membuat kopi yang enak sangat sederhana dan mudah bukan? Kini untuk meminum kopi yang enak tak perlu selalu ke warung namun bisa juga membuatnya sendiri di rumah karena bahannya sederhana dan mudah didapatkan. Tetapi ada baiknya jika Anda tahu aturan dalam minum kopi dan jangan sampai terlalu banyak meminumnya.

    Baca Juga :
    Cara Membuat Kopi Enak dan Nikmat, Ini Tipsnya
     
  2. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Tergantung kopinya juga sih, dan selera orang...
     
  3. pekerjatambang

    pekerjatambang Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    1 lg caranya yg pling simpel, suruh pcar atau istri kita yg bikin, dijamin enak ...:D:p:D
     
  4. Semantas

    Semantas Member

    Joined:
    Jan 24, 2018
    Messages:
    50
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Saya selalu bikin kopi di termos kopi tapi rasanya ngga seenak itu. Mesin kopi lebih baik.
     
  5. Kun Hery

    Kun Hery New Member

    Joined:
    Jan 27, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kopi item favorite menghilangkan gantuk :D
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    893
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ga ngejamin enak kalau mereka ga bisa hehe, kecuali kopi instan
     
  7. LPrana

    LPrana Member

    Joined:
    Mar 22, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Rasanya kopi gimana2 juga tergantung kualitas bijinya, juga pembakarannya. Tapi sarannya bisa dipake banget kok. Ane ngga tau kalo nyeduh kopi cuma perlu waktu 30 detik.
     
  8. LPrana

    LPrana Member

    Joined:
    Mar 22, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Buat aku, kopi yang enak ya kopi buatan mesin. Aku udah beli mesin profesional, jadi sekarang aku bisa nikmati kopi lezat dan wangi tiap pagi.
     
  9. Herna Ismayanti

    Herna Ismayanti New Member

    Joined:
    Nov 5, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kopi buatan mesin pasti enak, yang gk enak beli mesinnya kali ya..mahal :D
     
Loading...

Share This Page