Cara Membuat Mi Instan Sehat

Discussion in 'Cooking' started by muezaa, Jul 9, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    51
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Mi instan merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Menurut data dari World Instant Noodle Association, pada tahun 2019 sebanyak 12,52 miliar porsi mi instan yang dikonsumsi di Indonesia. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding negara lain yang penduduknya juga suka makan mi instan, seperti India dan Jepang.

    Mi instan mengandung rendah kalori, serat, dan protein. Namun, makanan siap saji ini tinggi lemak, karbohidrat, natrium, dan beberapa zat gizi mikro. Untuk mendapatkan sajian yang lebih sehat,
    mi dapat ditambahkan bahan lain. Berikut cara cepat membuat mi instan sehat seperti yang dikutip dari Haibunda:

    [​IMG]

    1. Ditumis dengan sayuran

    Rebus mi instan lalu sisihkan dan tumis dengan udang matang dan sayuran. Tambahkan minyak wijen dan kecap sebagai bumbu penambah rasa.

    Agar lebih bernutrisi, Bunda dapat menggunakan chlorella (jenis ganggang hijau) untuk melengkapi rasa udang dalam mi. Chlorella dikenal sebagai sumber nutrisi yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

    2. Dicampur dengan kimchi dan tahu

    Kimchi merupakan makanan fermentasi asal Korea yang bermanfaat bagi usus dan pencernaan. Kimchi juga mengandung vitamin C dan karoten untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

    Untuk membuat menu ini, cukup rebus mi instan dan tambahkan tahu yang telah dipotong kotak-kotak kecil. Lalu tambahkan tamari, bawang putih, minyak wijen, lalu aduk sampai matang.

    3. Ditambahkan telur rebus dan brokoli

    Telur adalah bahan pelengkap yang sering digunakan dalam menu mi instan. Telur mengandung campuran vitamin B yang bergizi dan penting untuk sistem saraf. Sementara brokoli mengandung vitamin C yang bisa membantu mengatasi rasa cemas.

    Tambahkan telur dalam air yang telah dididihkan dan tunggu selama lima menit. Aduklah kuning telur untuk menambah rasa mi instan. Lalu campur brokoli dan rebus sampai matang.

    4. Dicampur potongan wortel dan edamame yang berprotein

    Tak cuma bergizi dan mengandung protein, wortel dan edamame bisa menambah nilai visual mi instan karena warnanya yang cerah. Cukup rebus potongan wortel dan campurkan mi instan.

    5. Ditambahkan rumput laut dan bayam yang kaya zat besi

    Rebus bayam dan campurkan 2 sendok makan pasta miso dan wakame (rumput laut). Agar kandungan probiotik dalam pasta miso tak hilang, masak mi secara terpisah dalam air dan tambahkan pasta miso saat mi matang. Ini tidak perlu menggunakan bumbu mi instan.
     
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    59
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Haduuh
    Jadi pingin masak mie. Campur aja segala sayuran. Asal campurannya jangan terlalu banyak. Biar bumbunya tetap kerasa.
     
Loading...

Share This Page