Cara membuat Toko Online Menggunakan Blog

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Malioborong, Nov 11, 2014.

  1. Malioborong

    Malioborong New Member

    Joined:
    Feb 19, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1

    Entrepreuner muda pasti selalu membayangkan ingin memiliki sebuah website untuk jualan produk yang dijajakannya. Namun impian itu selalu kandas ketika kita mengetahui biaya yang harus dikeluarkan dalam membangun sebuah website julan.
    Ya benar, saya tidak akan memungkiri jika membuat sebuah website penjualan/ toko online harus mengeluarkan biaya sebesar puluhan juta rupiah. Karena saya pernah bertanya pada teman saya yang bekerja di salah satu perusahaan pembuatan website, penawaran minimal budget yang harus dikeluarkan sebesar 25 Juta. Wow!!!!
    Tentu saja, karena itu adalah konsep website untuk sebuah perusahaan yang besar, dengan berbagai fasilitas yang rumit dan juga beberapa konten yang hanya dibutuhkan oleh pihak kita sendiri.

    Namun tahukah anda? Jika kita bisa membuat website jualan sendiri dengan modal hanya Rp 100.000 saja?

    Jika kita hanya membutuhkan sebuah website untuk jualan sebuah jaket misalnya, kita tidaklah harus memesan kepada web development yang notabene menawarka harga yang relatif tinggi. Padahal fasilatasnya tidaklah seberapa, dan kebanyakan selalu berakhir dengan kata suspend karena tidak bisa membayar tagihan ditahun berikutnya.

    Lihatlah orang-orang kreatif IT yang tidak terlalu neko-neko jika ingin membuat sebuah toko online. Mereka hanya memanfaatkan CMS yang sudah ada yang bersifat gratis dan akan bertahan selama seumur hidup, jika kita tidak menghapusnya sendiri.
    CMS (Content Managemen Sistem) bisa dari Wordpress, Blogger. 2 CMS itulah yang sampai sekarang masih sangat diminati karena kemudahan dalam pengu naannya.

    Kembali pada kebutuhan awal, jika kita hanya ingin memiliki sebuah website toko online untuk menjual jaket atau sepatu saja, maka CMS diatas sudah sangat mumpuni untuk digunakan. Contohnya website www.malioborong.com yang menggunakan fasilatas dari Google untuk keperluan nge-blog. Malioborong memanfaatkannya untuk keperluan penjualan jaket murah via online. www.malioborong.com hanya membayar domain (.com) agar terlihat lebih profesional dalam hal menjual produk. Tapi memang itu tidak terlalu berpengaruh besar jika kita terus memberikan kepercayaan kepada pelanggan kita sebelumnya.

    www.malioborong.com hanya menggunakan template dengan tampilan Online Shop, di mbah google banyak dan gampang dicarinya. Jadi konsep blogger tidak terlalu terlihat jika tampilannya seperti itu. Dengan hanya mengikuti perintah yang harus dilakukan dari pembuat template tersebut agar tampilan lebih sempurna, maka jadilah sebuah website toko online terpercaya dengan budget sangat minim.

    Tidak butuh skill khusus dalam bidang web. Anda hanya cukup tau bagaimana cara memasang domain pada blogger. Anda hanya cukup mensettingnya pada bagian halaman admin dimana anda menyewa domain tersebut.
    Tanpa harus menyewa sebuah hostingan anda akan bebas selama bertahun-tahun dari tagihan.

    Beda ceritanya jika anda membeli paket domain dan hostingan untuk website yang ingin anda buat. Selama setahun berikutnya anda harus memikirkan lagi pembayaran domain dan hostingan tersebut. Belum juga anda harus menyuruh orang untuk membuat website yang berbasis html atau php, jika tidakpun anda harus menyuruh orang untuk memasang CMS WP pada hostingan anda, dan tetek bengek lainnya yang sebenarnya tidak perlu untuk diadakan. Tapi yang namanya orang jualan akan selalu mempersepsikan kita bahwa hal itu adalah penting untuk diadakah. Dengan dalih untuk meningkatkan penjualan dal bla..bla..bla..

    Demikian artikel yang saya buat, bukan untuk menjelek-jelekan pihak lainnya, tapi kita harus sadar dimana kebutuhan kita sekarang. Dan juga agar kita selalu berfikir kreatif dalam membutuhkan sesuatu. Kita tidak harus selalu membeli dan membeli jika kita sendiri juga mampu untuk melakukannya.

    Terima kasih.
     
    Last edited by a moderator: Nov 11, 2014
  2. Dede P

    Dede P Member

    Joined:
    Nov 4, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Blogspot atau worrpress?
     
  3. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau dari cerita diatas sudah di jelaskan menggunakan blogspot :D
     
  4. aria34

    aria34 Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    pake blogspot jelas bisa gan, apalagi dengan bandwith unlimited dan speed kenceng ala Google. tapi yang perlu dicatat adalah untuk toko online yang berkualitas, butuh yang namanya sistem khusus yang dalam hal ini nggak ada di blogspot. sistem tersebut diantaranaya adalah cart dan laporan penjualan, live chat, dan lainnya. nah, udah ada juga sih artikel yang bahas tentang ini dan kasih solusi cms gratisan yang bisa dipake buat toko online professional : http://www.daduweb.com/online-marketing/platform-khusus-toko-online-untuk-toko-online-professional/
     
  5. A. Budi

    A. Budi New Member

    Joined:
    Feb 15, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Paling mudah pakai blogspot dulu dioptimasi klo dah naik baru di custom, ini pilihan bagus
     
  6. Aang Abdu Muamar Rauf

    Aang Abdu Muamar Rauf Member

    Joined:
    Dec 14, 2014
    Messages:
    99
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    yang paling keren menggunakan wordpress karena banyak sekali plugin plugin seo nya.. tapi memakai blogspot pun tetap oke secara blogspot ntu miliknya google, so pasti google akan memprioritaskan sub miliknya tersebut itupun dengan beberapa penilaian yang terstruktur sesuai aturan google
     
Loading...

Share This Page