Cara Memeriksa Apakah Windows Terlindungi dari Meltdown dan Spectra

Discussion in 'Computer' started by Tirah Wawas, Jan 15, 2018.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Active Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    245
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Sistem operasi Windows telah dibuat sedemikian rupa, sehingga seluruh sistem terlindungi dari semua kekurangan, khususnya terhadap Meltdown and Spectre. Untuk menghindari adanya kekurangan pada CPU, maka semua fungsi dan pilihan digunakan sedemikian mungkin.

    Apabila sudah ada yang mengunduh pembaharuan untuk Windows, maka langkah ini belumlah cukup. Oleh karena itu kemungkinan Windowsnya belum terlindungi dari Meltdown dan Spectre. Agar dapat terlindungi dari Meltdown and Spectre, selain memperbaharui sistem operasi, pengguna juga perlu memperbaharui BIOS dari komputer.

    Bagaimana cara melakukannya? Ini menjadi sebuah pertanyaan besar, karena tidak semua pengguna adalah orang yang terbiasa dengan penyetingan dan fungsi – fungsi pada komputer. Selain itu, tidak tersedia pilihan pada sistem untuk pengguna bisa memperbaharui BIOS dan semua sistem di CPU dari adanya cacat tersebut.

    Untuk kami telah membuat tulisan ini, agar seseorang dapat memahami bagaimana metode untuk memeriksa dan membuat perubahan pada sistem, sehingga Windows yang digunakannya dapat terlindungi dari Meltdown and Spectre.

    1. Microsoft telah membuat script yang dikhususkan bagi para pengguna windows. Script ini dapat mereka gunakan untuk menemukan dan mengenali jika ada Meltdown dan Spectre di CPU.

    Untuk menggunakan script ini, maka pengguna perlu menggunakan perintah (command line) yang sangat mudah digunakan. Jadi tidak tersedia tampilan grafis, hanya baris perintah sederhana yang dapat dipahami juga oleh para pemula.

    2. Bagi yang menggunakan Windows 7, maka perlu mengunduh dan memasang terlebih dahulu aplikasi bernama Windows Management software 5.0 untuk menjalankan PowerShell, sehingga pengguna dapat menjalankan perintah - perintahnya.

    [​IMG]

    Pada Windows 10, jendela 8 dan lainnya, pengguna dapat menemukan PowerShell melalui pilihan pencarian, cukup klik pada opsi Windows PowerShell yang berasal dari hasil pencarian.

    3. Langkah di atas akan menjalankan PowerShell pada Windows dan setelah muncul cukup ketik dan masukkan perintah Install-Module SpeculationControl. Terkadang PowerShell akan meminta pemasangan Nuget dan ini bisa dipasang dengan mengetikkan Y dan menekan tombol enter.

    [​IMG]

    4. Jalankan perintah – perintah ini secara berdampingan seperti yang diminta:

    $SaveExecutionPolicy = Get-ExecutionPolicy
    Set-ExecutionPolicy RemoteSigned -Scope Currentuser
    Import-Module SpeculationControl
    Get-SpeculationControlSettings
    Set-ExecutionPolicy $SaveExecutionPolicy -Scope Currentuser


    [​IMG]
    5. Setelah perintah – perintah dijalankan, maka semua informasi mengenai CPU akan terlihat dan juga akan menampilkan informasi apakah komputer memiliki masalah Meltdown and Specter.

    Semua informasi mudah untuk dibaca, sehingga kita bisa mendapatkan informasi secara rincian tentang CPU. Jika tidak ada kekurangan pada komputer, maka proses telah selesai. Namun, tapi terlihat adanya indikasi masalah di dalam CPU, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

    6. Buka Pengaturan (Settings) di Windows, kemudian cari opsi untuk mengupdate sistem. Periksa pembaruan sistem dan mulailah memperbarui sistem. Ini akan bisa menambahkan patch pada sistem. Setelah proses koreksi ini selesai, maka Windows akan terlindungi dari Meltdown and Spectre.

    Semoga setelah membaca tulisan diatas, tidak akan sulit bagi para pemula yang menggunakan Windows untuk mengetahui apakah mereka terkena dampak dari Meltdown and Spectre. Serta besar harapan kami, informasi yang telah disampaikan dapat memberikan tambahan wawasan dan manfaatnya bagi yang telah membacanya.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    538
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Ane juga pengguna windown 7, tapi masih belum mengerti apa itu artinya meltdown dan spectre
    kalau boleh dijelaskan maksudnya itu apa, dan kenapa harus diperiksa segala
     
  3. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Active Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    245
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Metldown dan Spectre merupakan kelemahan atau cacat pada prosesor Intel dan AMD.

    Jadi, apa sih Meltdown?
    Dengan adanya Meltdown, ini memungkinkan sebuah program membaca memori kernel yang dilindungi, yang idealnya harus tidak ketat. Meltdown diyakini hanya berdampak pada prosesor Intel. Dan ia dinamakan demikian karena pilihan batas yang seolah ‘meleleh’, yang idealnya harus tetap berada di sekitar memori yang dilindungi. Dan nyatanya, eksploitasi sudah hadir pada hampir semua prosesor Intel yang diproduksi dalam sepuluh tahun terakhir (mulai dari tahun 1995 dan seterusnya) yang merupakan jumlah yang sangat besar mengingat perusahaan tersebut memiliki kekuatan mayoritas PC di dunia. Mereka tampaknya perlu membutuhkan usaha extra keras untuk Pembaruan firmware bagi perangkat keras yang sangat dibutuhkan untuk bisa memperbaiki masalah ini

    Lalu, Apa itu Spectre?

    Menurut para Peneliti Keamanan, Spectre merupakan fitur yang akan “mengeksploitasi dan menimbulkan kerusakan di antara aplikasi yang berbeda.” Kabar baiknya adalah hal tersebut nyatanya lebih sulit dieksekusi dibandingkan dengan ‘Meltdown’, tapi itu juga berarti masalahnya sulit untuk diperbaiki. Menurut para peneliti, Spectre “memungkinkan penyerang untuk mengelabui program yang tampak tidak berdosa dan bebas error” dan membocorkan rahasia mereka. “Pemeriksaan keamanan praktik terbaik mengatakan bahwa ini benar-benar akan meningkatkan jumlah serangan dan mungkin juga akan membuat aplikasi lebih rentan terhadap atau melalui Spectre”.

    Aspek yang sangat mengkhawatirkan adalah bahwa Spectre ternyata sudah mempengaruhi setiap perangkat yang diketahui. Entah anda memakai AMD, Intel dan mereka yang berbasis pada arsitektur ARM (semua smartphone, wearable, dll ada di dalamnya), semua pilihan prosesor ini akan terpengaruh. Secara efektif, ini termasuk smartphone, laptop, baik itu MacBook Pro atau PC Windows lama. CVE-2017-5753 dan CVE-2017-5715 adalah referensi resmi untuk Spectre.

    Jadi intinya dengan adanya kelemahan dan cacat pada prosesor tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyusup kedalam komputer dan mencuri data seperti password dari komputer.

    Semoga penjelasan ini membantu.

    Sumber Penjelasan
     
    Damar and blackking like this.
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Well-Known Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,591
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Meski sudah pasang aplikasi keamanan seperti anti virus dan firewall, hacker bisa masuk ke sistem dengan memanfaatkan celah Spectre ya tuan?
     
  5. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Active Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    505
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
  6. nyelenih

    nyelenih Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
  7. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    482
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    ane blm mengerti tetang spectree , berhubung ane skrg sudah pake w8.
     
  8. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Active Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    245
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Iya betul, karena virus dan firewall disisi software, sementara Spectre ini merupakan celah keamanan di prosesor atau hardwarenya.

    Masih ada perdebatan juga, apakah dengan pembaharuan software bisa menyeleasaikan masalah ini, karena menurut para ahli keamanan harus ditarik dan diganti prosesornya. Sementara menurut CEO Intel dan juga Apple dan Microsoft bisa dibantu dengan pembaharuan software.

    Tapi paling amannya begitu pembaharuan untuk software keluar, ya mending langsung update aja.
     
  9. edi sugianto

    edi sugianto Member

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    77
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Cara ne ruwet semoga cepet ada cara praktisnya
     
  10. hairi

    hairi New Member

    Joined:
    Jan 5, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    jadi meltdown dan spectra itu virus apa celah dari dri windows atau program dari windows? sorry awan jadi gak ngeh gmna itu maksudnya dan kegunaannya
     
  11. Firmanz

    Firmanz Member

    Joined:
    Aug 24, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    masih kurang ngertiiii :(
     
  12. Rswd

    Rswd Member

    Joined:
    Dec 11, 2017
    Messages:
    83
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Mantap nih, thanks gan atas info nya
     
  13. Jaya Pamungkas

    Jaya Pamungkas New Member

    Joined:
    Jan 12, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apa itu akan terdeteksi oleh anti virus?
     
  14. opsionalis

    opsionalis Member

    Joined:
    Mar 3, 2014
    Messages:
    90
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Awamnya mingkin gina ya.

    Prosesor adalah rumah, dan halaman dan seisinya adalah software.

    Karena kunci rumah saya sudah lama, jadi keadaanya sudah bahaya karena ada celah.

    Biasanya bisa terkunci rapet, jadi gak rapet lagi. Jadi kalau pencegahan dengan antivirus tampaknya hanya sedikit ngaruh, antivirus sebut saja penjaga keamanan rumah. Lah wong rumahnya sudah tidak terkunci dengan baik. Si satpam mau apa? Yang datang rampoknya gede gede, si satpam sendirian, kecil pula, karena dak pernah di update.

    Idelnya, ganti baru prosesor? mungkin ini cara terbaik.
    Update auto dari Microsoft? cara bagus, biasanya cara ini yang direkomendasikan.
    Atau, ikuti cara yang buat postingan ini? Ya bisa juga untuk dicoba.
     
  15. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,806
    Likes Received:
    114
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Wah bahaya juga ya kalau sistemnya gak di update....
     
  16. Lombok Wander

    Lombok Wander Member

    Joined:
    Aug 19, 2015
    Messages:
    99
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Ilmunya sangat berguna ! Semoga windows yang digunakan selalu dalam kondisi baik dan siap pakai.
     
  17. Ganyool

    Ganyool Active Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    353
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  18. idan

    idan Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    140
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    ia kah? bedanya apa gan sama prosesor lain
     
  19. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,824
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih teman, sangat bermanfaat.
    Salam.
     
  20. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    71
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Baru denganr istilah meltdown dan spectra.
    Ternyata update OS dan antivurs saja tidak cukup ya :eek:
     
Loading...

Share This Page