Cara Memformat Flashdisk dengan Cepat

Discussion in 'Computer' started by Agreside, May 10, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Makin kesini banyak teknologi baru yang bermunculan, seperti misalnya saja Flashdisk yang merupakan teknologi penyimpanan baru berkapasitas besar namun ukurannya mini. Juga ada versi lebih barunya harddisk yang bernama SSD, lebih kecil namun unggul dari berbagai faktor. Hal ini terasa berbanding jauh dengan teknologi penyimpanan pendahulunya yakni Disket, dimana kapasitas penampungannya pun kecil sekali.

    Meskipun sudah banyak yang tahu dan menggunakan Flashdisk sebagai media penyimpanan, akan tetapi ternyata masih ada juga lho yang belum mengetahui cara menghapus atau memformat Flashdisk mereka sendiri.

    Padahal mengetahui cara memformat Flashdisk ini sangat bermanfaat untuk berbagai hal. Misalnya saja bila flashdiskmu terkena virus atau memang hardiskmu sudah penuh datanya dan memang ingin kamu format ulang lagi agar kapasitas penyimpanannya kembali seperti baru.

    Nah, bagi kamu yang memang tidak mengetahui cara memformat flashdisk, maka jangan khawatir. Sebab, pada kesempatan kali ini kami dari AGRES.ID akan sharing kepadamu tentang cara untuk memformat flashdisk dengan cepat.

    Berikut ini adalah cara untuk melakukan format tersebut …

    Cara Memformat Flashdisk dengan Cepat

    1. Pastikan flashdisk yang ingin kamu format sudah terhubung tanpa masalah pada komputer atau laptop yang kamu gunakan.

    2. Selanjutnya, kamu dapat masuk ke jendela File Explorer untuk melihat media penyimpananmu. Bila sudah muncul, kamu dapat coba mengaksesnya untuk memastikan Flashdiskmu sudah terhubung dengan baik pada komputer atau laptop yang kamu gunakan.

    3. Bila memang tidak ada masalah saat mengaksesnya, itu artinya Flashdiskmu siap untuk di Format. Langsung saja klik This PC yang letaknya berada di samping kiri halaman File Explorer. Berikut ini adalah penampakannya :

    [​IMG]

    4. Setelah langkah di atas, kamu akan melihat media penyimpanan apa saja yang saat ini sedang terhubung dengan komputer atau laptop milikmu.

    [​IMG]

    Untuk mulai menghapus atau memformat flashdisk, kamu dapat klik kanan pada Flashdisk yang kamu miliki. Misalnya dalam tutorial kali ini kami menggunakan Flashdisk bernama AGRES.ID (G:), maka kamu dapat klik kanan pada Flashdisk tersebut, lalu lanjut klik Format.

    Nantinya akan muncul pop up seperti contoh berikut ini :

    [​IMG]

    Pada tahap ini kamu bisa mengatur Flashdiskmu ingin diformat seperti apa. Misalnya seperti nama baru yang ingin kamu gunakan, file systemnya, hingga metode format seperti apa yang ingin kamu lakukan. Saran kami bila kamu ingin memformat Flashdiskmu dengan cepat, kamu bisa menceklis Quick Format.

    Bila pengaturannya sudah selesai dilakukan, kamu dapat lanjut dengan klik Start. Nanti akan ada jendela pop up konfirmasi yang muncul. Jika kamu sudah yakin, kamu dapat lanjut dengan klik OK.

    [​IMG]

    Setelahnya proses Format akan berlangsung. Bila sudah selesai akan muncul pop up seperti berikut ini :

    [​IMG]

    Selesai.

    Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk memformat flashdisk dengan cepat. Kuncinya ada pada bagian Quick Format yang perlu kamu ceklis saat hendak melakukan format Flashdisk. Sebab jika tidak diceklis, maka proses format tidak akan berjalan dengan cepat.

    Berhubungan dengan media penyimpanan yang saat ini sedang kita bahas, kamu juga perlu tahu saat ini ada media penyimpanan baru bernama SSD yang mana performanya jauh lebih baik bila dibandingkan dengan media penyimpanan HDD generasi sebelumnya.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/05/cara-memformat-flashdisk-dengan-cepat.html
    https://www.agres.id
     
  2. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    107
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    seperti biasa ya gan hanya saja centang di quick formatnya
     
Loading...

Share This Page