Cara Memilih Hewan Kurban yang Bagus

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Jun 6, 2022.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijah. Sekarang kita baru masuk bulan Dzulqadah. Setelah beberapa hari yang lalu kita meninggalkan bulan syawal. Ada sebuah amalan ibadah yang amat penting untuk dilaksanakan di bulan Dzulhijah. Ibadah yang dimaksud ialah menyembelih hewan kurban. Dalam setahun hanya ada sekali momen tersebut. Rugi kalau kita tidak melakukannya.

    Memang prosesi ibadah kurban ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan setahun sebelumnya mesti sudah ada persiapannya. Utamanya bagi mereka yang biasa menabung untuk bisa membeli hewan kurban. Menabung bisa dilakukan jauh-jauh hari. Supaya uang bisa terkumpul dan mampu membeli hewan kurban yang dikehendaki. Salah satu hewan kurban yang banyak dipilih oleh masyarakat nusantara ialah kambing dan sapi. Dua jenis hewan ini banyak dipilih. Unta tidak dipilih sebab memang sangat sulit memperolehnya di tanah air.

    Cara memilih hewan kurban yang baik menjadi persiapan selanjutnya. Setelah uang kita terkumpul dan mencukupi maka kita mesti membeli hewan kurban. Baik itu sapi atau kambing tetap saja kita mesti memilih yang paling baik dan bagus. Sebab ibadah kurban ini akan semakin sempurna dengan bagusnya hewan yang disembelih. Meski pun harganya mungkin lebih mahal sedikit dibanding dengan pada hari-hari biasanya. Memang karena permintaan begitu besar menjadikan harga dari hewan kurban naik.

    Tetapi kalau niatnya untuk berkurban tetap saja itu menjadi sesuatu yang dipermasalahkan. Semangat beribadah dan ikhlas karena mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala menjadikan semua bukan sebagai halangan. Namun, sekali lagi kita juga tidak boleh gegabah dalam membeli hewan kurban. Harus dipilih mana hewan kurban yang memang memenuhi syarat dan bagus kualitasnya.

    Teman-teman semua, berikut ini kami tuliskan beberapa tips atau cara memilih hewan kurban yang paling bagus dan layak untuk dibeli.
    1. Periksa umur dari hewan kurban
    Untuk menjadi sah sebuah ibadah kurban. Maka pemilihan umur dari sebuah hewan kurban menjadi hal yang amat penting. Ketentuan terkait umur dari hewan kurban yakni bahwa kambing minimal berumur 1 tahun dan sapi berumur minimal 2 tahun. Kita tidak boleh mengabaikan masalah umur ini. Saat hendak membeli sebuah hewan kurban hendaknya mengecek catatan data kelahiran dari hewan kurban yang dimaksud. Cara yang lainnya dalam mengecek umur dari hewan kurban yakni pada gigi hewan tersebut. Bila mana pada gigi susu hewan sudah tanggal (dua gigi susu yang ada di depan) maka hal itu menandakan hewan kambing sudah berumur sekitar 1 sampai 1,5 tahun. Kemudian untuk sapi sekitar 2 tahun kurang lebih. Tetapi akan lebih akurat bila kita periksa catatan daftar kelahirannya.

    2. Pastikan hewan kurban tidak ada cacat sama sekali
    Maksud hewan kurban yang tidak cacat ini ada beberapa kriteria. Diantara kriteria yang dimaksud ialah tanduk masih utuh, tidak buta secara jelas, daun telinga utuh, serta tidak pincang. Beberapa cacat tersebut bisa kita simak dengan jelas. Kita tidak akan salah memilih bila kita mau memperhatikan hewan kurban itu dengan seksama.

    3. Hewan kurban itu tidak kurus
    Menyembelih hewan kurban tidak semata hanya menyembelih saja. Setelah disembelih maka daging dari hewan kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat. Maka memilih hewan kurban hendaknya yang gemuk. Kalau hewan kurban kurus maka tidak akan bisa dimanfaatkan dagingnya tentu.

    4. Harga hewan kurban terjangkau
    Sangat penting bahwa kita memilih hewan kurban yang harganya terjangkau. Sebab kalau harganya terlalu tinggi akhirnya kita tidak bisa membelinya kan?

    Demikianlah tata cara kita memilih hewan kurban yang terbaik. Kita mesti berusaha dengan sebaik-baiknya saat memilihnya. Sehingga ibadah kurban yang kita laksanakan benar-benar sempurna.
     
  2. sriyakarimunjawa

    sriyakarimunjawa Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    40
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    jadi inget kalau bentar lagi hari raya kurban nih
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,087
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Benar ini mengingatkan kalau sebentar lagi akan ada hari raya kurban
    banyak orang menyembelih hewan kurban.
     
  4. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,863
    Likes Received:
    361
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau di tempat ane banyak yang pelihara sendiri,,, Jadi beli anakan dan 2 tahun kemudian baru di kurbankan....
     
  5. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    96
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Saya baca ini sudah selesai potong qurban, tinggal malam nanti nyate hehe
     
Loading...

Share This Page