Cara Mempercepat Komputer atau Laptop di Windows 7

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Feb 3, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    115
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Cara Mempercepat Komputer atau Laptop di Windows 7 | Menggunakan komputer menjadi suatu kebutuhan yang tidak terhindarkan bagi sebagian orang. Mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran dan pebisnis rasanya membutuhkan perangkat komputer untuk mengurus berbagai macam hal seperti dokumen dan pengolah gambar.

    Seiring berkembangnya Zaman komputer pun makin canggih dan kini tersedia versi ringkasnya yang mudah dibawa kemana-kemana, yakni si kotak kecil ajaib bernama Laptop. Meski saat ini Komputer atau Laptop sudah banyak yang menggunakan operating sistem terbaru Windows 10, namun tetap saja masih ada orang yang setia menggunakan operating sistem terdahulunya yakni Windows 7.

    Dari segi penampilan dan kecanggihan, mungkin Windows 10 memang menang jauh di atas Windows 7, namun kelemahannya adalah Windows 10 memerlukan spesifikasi komputer yang agak lumayan agar bisa beroperasional cepat dan mengeluarkan performa maksimalnnya.

    Jika saat ini Anda menggunakan Windows 10 dan ingin membuat performa Komputer atau Laptop Anda cepat dengan spesifikasi yang seadanya, maka Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya di sini Cara Mudah Membuat Kinerja Laptop atau Komputer Cepat di Windows 10, namun jika Anda saat ini menggunakan Windows 7 maka Anda berada di halaman yang tepat! Sebab, pada kesempatan kali ini memang artikel yang dibuat membahas cara mempercepat komputer atau laptop di windows 7.

    Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat komputer atau laptop Windows 7 Anda yang mungkin saat ini terasa lemot atau lambat :

    1. Membersihkan File Sampah

    Pemakaian perangkat komputer atau laptop secara rutin dapat menyebabkan berbagai macam file yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan jadi terkumpul. Jika dalam waktu yang cukup lama tidak dibersihkan, maka file tidak berguna tersebut akan sangat mengganggu kinerja komputer atau laptop yang Anda miliki.
    Jika dibiarkan saja dan tidak dibersihkan, maka yang akan terjadi pada Windows adalah menjadi berat. Bahkan bukan tidak mungkin saat perangkat Anda dioperasikan, kecepatannya menjadi turun dan terasa lemot. Jadi cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat Windows 7 yang Anda miliki jadi lebih cepat atau ringan adalah dengan cara membersihkan file-file tidak terpakai atau file sampah.

    2. Menonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

    Secara default, Windows memang menyajikan berbagai macam fitur yang memanjakan dan memudahkan penggunanya. Masalahnya adalah tidak semua orang membutuhkan fitur tersebut. Sehingga sebenarnya Anda bisa menonaktifkan berbagai macam fitur yang disediakan oleh Windows untuk meringankan beban kerja perangkat komputer atau laptop Anda.

    Dengan menonaktifkan berbagai macam fitur yang tidak Anda butuhkan maka Windows akan jadi lebih ringan dan tentu saja saat Anda gunakan dapat berkerja secara lebih cepat.

    Berikut ini adalah cara menonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan pada Windows 7 :
    Pertama masuk ke “Start”, kemudian pilihlah “Control Panel”, selanjutnya klik “Program”. Lalu klik “Turn Windows features on or off”.

    [​IMG]
    Selanjutnya hilangkan tanda ceklis pada kotak yang berisikan fitur yang Anda ingin nonaktifkan. Jika Anda ingin menonaktifkan, cukup hilangkan ceklis. Berikut ini adalah contohnya :
    [​IMG]

    Jika Anda sudah pilih, maka langkah selanjutnya adalah klik “Ok” dan tunggulah sampai proses selesai dan muncul gambar seperti di bawah ini :
    [​IMG]
    Selesai.

    Sebagai keterangan tambahan, berikut ini adalah beberapa fitur Windows 7 yang bisa Anda matikan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

    - Fitur Internet Explorer 11 (Jika Anda tidak menggunakan browser Internet Explorer)
    - Fitur Windows Fax and Scan (Matikan jika Anda tidak menggunakan fax dan scanner)
    - Fitur Games (Opsional, Jika Anda tidak suka bermain game)
    - Fitur XPS Services
    - Fitur Tablet PC Component
    - Fitur Windows DVD Maker
    - Fitur Windows Media Center
    - Fitur Windows Gadget Platform

    3. Menambahkan Ram

    Cara ini tentu membutuhkan biaya tambahan untuk mewujudkannya. Namun jika Anda ingin perangkat komputer atau laptop Anda ingin cepat tanpa perlu membeli laptop baru, maka membeli ram baru dan mengganti ram lama Laptop Anda adalah sebuah pilihan yang bijak.

    Kinerja Komputer atau Laptop lebih cepat namun biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Sebagai saran, saat ini tahun 2021 maka sebaiknya ram yang sesuai pada waktu ini adalah 4gb (standard) atau 8gb (rekomendasi).

    Sebagai saran tambahan jika memang spesifikasi komputer atau laptop yang Anda miliki ‘pas-pasan’, maka solusi yang dapat Anda lakukan untuk membuat Windows 7 yang Anda gunakan lebih ringan lagi adalah dengan cara mendowngrade versi Windows 7 Anda ke yang paling ringan yakni Windows 7 Starter.

    Bonus tambahan yang ampuh adalah dengan cara melakukan Install Ulang komputer atau laptop Anda. Saat Anda melakukan instalasi ulang operating sistem, maka nantinya komputer atau laptop yang Anda miliki akan bersih kembali terasa seperti laptop baru sehingga ringan untuk digunakan kembali.

    Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat komputer atau laptop Anda di Windows 7. Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara yang bisa Anda gunakan. Namun, beberapa cara di atas adalah cara yang paling ampuh untuk Anda lakukan agar performa Windows 7 bisa cepat di perangkat komputer atau laptop Anda.

    Jika memang laptop yang Anda miliki sudah terlalu lama, maka tidak ada salahnya mengupgrade laptop Anda dengan yang lebih baru dan kekinian. Untuk mencari laptop idaman dengan harga terjangkau, dijamin keasliannya serta bergaransi resmi, Anda bisa membelinya di toko online resmi AgresID.

    Untuk melihat-lihat Laptop dengan berbagai promo menarik dari kami, silahkan coba kunjungi toko online kami di https://www.agres.id

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cara mempercepat komputer atau laptop Anda ya.
     
  2. Satu Digital

    Satu Digital New Member

    Joined:
    Feb 1, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pakai SSD bisa juga gan.. atau atur Startup dan uninstall aplikasi / software tidak penting.. ;)
     
  3. Pamungkas Patriayudha

    Pamungkas Patriayudha New Member

    Joined:
    Jan 31, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  4. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    115
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Betul banget gan, jaman sekarang kayanya emang SSD Wajib banget ya :D

    Siap Gan,
    Pastinya bakal sharing lagi ;)
     
  5. nyemopedia

    nyemopedia New Member

    Joined:
    Feb 19, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Fungsi XPS Service apa gan :D
     
Loading...

Share This Page