Cara Mempermudah Proses Pembayaran di Toko

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by sirumi, May 2, 2022.

  1. sirumi

    sirumi New Member

    Joined:
    Feb 3, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Semakin ramai toko, tentunya perlu adanya peningkatan proses pembayaran bagi konsumen. Tujuannya agar konsumen makin mudah melakukan pembayaran. Antrian jadi tidak semakin panjang. Atau tidak terjadi masalah saat konsumen hendak bayar.

    Berdasarkan penelitian, proses bayar yang mudah akan membuat konsumen mau datang lagi di kemudian hari. Bahkan banyak juga konsumen yang kemudian menambah pembelian karena cara bayarnya sangat sederhana. Oleh sebab itu, proses bayar di toko harus menjadi perhatian pemilik toko.

    Untuk mempermudah proses bayar di toko, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan:

    1. Pasang Mesin EDC
    Adanya mesin EDC akan mempermudah konsumen yang hendak melakukan pembayaran melalui kartu ATM ataupun kartu kredit. Hal ini akan meminimalisir orang yang tidak jadi datang karena sedang tidak pegang uang cash karena bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu.

    Adanya mesin EDC juga akan membantu pemilik toko lebih mudah dalam melakukan pengecekan keuangan serta meminimalisir adanya kecurangan berupa uang palsu yang dilakukan oleh konsumen maupun meminimalisir adanya penggelapan oleh kasir.

    2. Gunakan QRIS Sebagai Metode Bayar
    QRIS akan sangat bermanfaat karena memudahkan konsumen yang memiliki rekening apapun untuk membayar di toko anda. Untuk mendapatkan QRIS sangat mudah dan akan menjadikan merchant lebih cepat berkembang.

    Adanya QRIS juga akan mempermudah toko karena tidak perlu menempel banyak QR code dari berbagai aplikasi pembayaran di meja kasir. Bayangkan saja ribetnya harus menempel QR code shopee, gopay, ovo, dana, dan lainnya di meja kasir.

    3. Sediakan Metode Bayar dengan Transfer
    Kalau belum ada mesin EDC, atau kalau mesin EDC bermasalah, maka konsumen harus dipermudah dengan adanya kemudahan berupa bisa membayar dengan transfer ke rekening toko. Silahkan print saja nomor rekening, nama bank, dan nama rekening tersebut ke meja kasir.

    Masalah yang muncul biasanya adalah kalau ada yang ingin melakukan pembayaran dengan rekening dari bank lain. Solusinya tentu dengan memberikan edukasi adanya biaya transfer. Atau jika anda mau, anda sebagai pemilik toko dapat memberikan souvenir khusus kepada konsumen yang memang hendak melakukan pembayaran beda bank.

    Masalah lain saat hendak bayar ke beda bank adalah kadangkala dimintai kode bank di depan nomor rekening. Oleh sebab itu, permudah konsumen dengan menjelaskan kode bank dari rekening anda. Jika anda tidak tahu kode bank rekening anda, silahkan cek saja: daftar kode bank di Indonesia.

    4. Sediakan Mesin Cek Keaslian Uang dan Mesin Hitung Uang

    Banyak risiko saat menerima pembayaran secara tunai. Mulai dari menerima uang palsu hingga kasir yang salah dalam menghitung uang dan mengembalikan uang. Oleh sebab itu, pastikan ada mesin untuk cek keaslian uang dan mesin hitung uang sehingga kerja kasir bisa lebih cepat, efisien, dan minim kesalahan.

    Hal penting yang perlu diajarkan kepada kasir adalah bagaimana cara memberi tahu konsumen ketika ada uangnya yang palsu, atau ketika uang yang diberikan kurang. Hal ini untuk menghindari adanya perselisihan atau rasa tersinggung dari konsumen.

    Demikianlah beberapa solusi yang kiranya bisa membantu UMKM yang ingin berkembang dari sisi mempermudah konsumen melakukan pembayaran. Semoga bermanfaat ya.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,043
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Memberikan kemudahan pembayaran memberikan solusi cara pembayaran kepada pelanggan
    mungkin tidak semua orang memiliki uang cash dalam jumlah besar belanja sehingga lebih suka dengan gesek ATM atau transfer.
     
  3. Blackboo

    Blackboo New Member

    Joined:
    Dec 6, 2018
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Pembayaran Digital mungkin?
    Kan sudah banyak yg pakai dompet digital saat ini.
     
Loading...

Share This Page