Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

Discussion in 'General Business' started by jonidone, Sep 4, 2020.

  1. jonidone

    jonidone New Member

    Joined:
    Sep 3, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tulisan ini ditujukan untuk pemula yang tertarik dengan pendekatan investasi saham dan analisis fundamental (FA).

    Yang Terpenting Kenali Emiten dan Bisnisnya


    Untuk tahap awal dalam investasi saham, yang paling penting untuk anda adalah mengenal emiten lebih dekat, tahu apa saja kendalanya, apa resiko terbesarnya, dan apa keunggulan. Anda sejak awal harus mengasah kemampuan analisis, memproses informasi, dan juga intuisi tentang prospek emiten di masa depan.


    Tahapan Awal Mengenal Emiten Sebelum Investasi Saham

    1. Mulailah dari perusahaan/emiten yang anda kenal produk dan jasanya. Pilih perusahaan yang anda pikir cukup mudah dipelajari bisnisnya. Mulailah berpikir seperti investor, karena di balik setiap lembar saham ada bisnis perusahaan.
    2. Lakukan riset mandiri dengan tujuan mengenal emiten lebih dalam. Mulai dari bisnis, prospek, keuangan, manajemen, kendala, dan lain-lain.
    3. Baca Materi Public Expose (Paparan Publik) atau Pubex beserta laporan pelaksanaannya. Biasanya ada Tanya Jawab, insight dan info di dalamnya sering kali berguna. Dari sini anda akan mulai ada gambaran kasar bisnis dan isi emiten.
    4. Cari dan browsing situsnya. Baca juga berita terkait emiten. Luangkan waktu untuk baca semua info yang anda pikir bakal berguna.
    5. Baca Annual Report (Laporan Tahunan). Annual Report berisi info berharga tentang emiten, bisnisnya, industrinya, manajemennya, kendala yang dihadapi, rencana manajemen ke depan, dan lain-lain. Coba baca dari awal hingga akhir. Anda mungkin tidak bisa mengerti seluruhnya, tapi coba baca sampai tuntas. Semakin sering membaca, semakin banyak yang anda mengerti.
    6. Baca Laporan Keuangan (LK) emiten. Jangan lupa baca notes atau Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) agar tahu lebih detil tentang bisnis dan keuangan emiten. Pubex, AR, dan LK bisa diunduh dari situs www.idx.co.id dan situs resmi emiten.
    7. Catat setiap hal penting yang anda baca, temukan, dan pikirkan (plus dan minusnya).
    8. Valuasi, untuk awal, gunakan valuasi relatif/komparatif saja. Biasanya multiples seperti PER (Price to Earnings Ratio) dan PBV Ratio (Price to Book Value Ratio) emiten vs PER dan PBV sektornya sudah cukup. Atau bisa juga membandingkan dengan rata-rata multiples emiten secara historis. Tidak ada yang baku, tiap emiten/sektor/bisnis bisa berbeda.
    Selamat Berinvestasi!

    Sumber : Investasi Saham Untuk Pemula
     
  2. Herwin Junior Situmorang

    Herwin Junior Situmorang New Member

    Joined:
    Nov 24, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    secara umum investasilah ke perusahaan yang labanya tumbuh konsisten setiap tahun,
     
Loading...

Share This Page