Cara Memulai Usaha Parfum Isi Ulang

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Ezwin Presto, Jan 20, 2017.

  1. Ezwin Presto

    Ezwin Presto Member

    Joined:
    Mar 2, 2015
    Messages:
    32
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Banyak orang yang masih ragu dan bingung bagaimana cara memulai usaha parfum atau memulai bisnis parfum, terutama usaha parfum isi ulang/refill. Sebenarnya, apapun usaha yang akan anda rintis, pada dasarnya semua memiliki resiko. Namun, dengan memulai sebuah bisnis, secara tidak langsung anda telah memiliki sebuah kesempatan untuk membuka pintu rizki anda lebih lebar lagi.

    " Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan (Al-Hadis)"

    Jika anda bisa cermat memanfaatkan situasi dan memiliki daya juang yang tinggi, apapun usaha yang anda jalani pasti akan berjalan dan berkembang, entah itu secara perlahan ataupun secara drastis. Faktor keberanian merupakan salah satu elemen utama dalam memulai suatu usaha seperti salah satu bidang usaha yang akan di bahas pada kesempatan kali ini yaitu mengenai usaha parfum refill.

    1. Berdoa

    Jangan menyepelekan Langkah yang satu Ini lho sob, langkah pertama dan yang utama dalam memulai usaha parfum refill adalah Berdoa Kepada Allah SWT. Dengan harapan, usaha parfum isi ulang yang akan anda rintis dan jalani akan dapat menghasilkan sebuah rizki yang berkah dan berguna bagi anda, keluarga maupun orang lain. Amiin Ya Robbal 'alamiin.

    2. Potensi Pasar

    Pada dasarnya, seberapa matang rencana yang anda miliki dan berapapun modal yang anda miliki, tidaklah menjamin kesuksesan anda dalam memulai suatu usaha. Salah satu faktor penting dalam memulai usaha parfum refill adalah MARKET atau PASAR. Potensi pasar yang dimaksud adalah seberapa besar minat masyarakat dalam menggunakan parfum. Jika anda memiliki modal yang cukup besar, pilihlah tempat yang berada di pusat keramaian dimana orang-orang cenderung berminat untuk belanja. contoh beberapa pusat keramaian : Lingkungan pasar, Mall, Lingkungan sekolah maupun kampus dll.

    3. Prospek Usaha


    Keberlangsungan usaha juga salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memulai usaha. Jika kita berbicara mengenai usaha parfum, keberlangsungan bidang usaha ini dapat bertahan lama karena parfum bukanlah kebutuhan musiman. Parfum selalu dibutuhkan masyarakat dalam berbagai hal seperti ibadah keagamaan, penunjang aktivitas kerja, Pelengkap Fashion, aktivitas sekolah dll

    4. Modal


    Jangan berkecil hati jika mendengar istilah "Modal". Modal itu bukan hanya berarti masalah finansial/keuangan saja lho sob. Sebuah tekad, kesabaran, semangat juang, keberanian dan kecerdikan pun merupakan salah satu modal yang sangat penting dalam memulai usaha parfum isi ulang. Berkaitan dengan modal finansial, banyak pilihan yang dapat anda pilih dalam memulai usaha parfum refill. Jika anda memiliki budget yang terbatas, memulai bisnis parfum isi ulang tidak mengharuskan anda memiliki toko fisik. Jika anda belum cukup modal untuk menyewa atau membeli sebuah ruko atau toko, anda masih bisa berjualan dengan cara dor to dor atau menjajakan langsung ke konsumen, entah anda terjun sendiri ataupun dengan menggunakan sistem sales, reseller/dropship atau lainnya. Sebagai konsekuensi dari cara tersebut adalah anda dituntut lebih kreatif, pandai memanage sales, reseller/dropshipper dan anda pun harus lebih gencar dalam melakukan promosi usaha anda. Manfaatkan lingkungan sekitar rumah seperti keluarga, tetangga, teman, rekan kerja, komunitas dll.

    5.Desain

    Karena parfum merupakan suatu item yang digunakan untuk melengkapi sebuah mode maupun gaya hidup dan terkesan mewah, bagi anda yang ingin membuka toko parfum, penampilan toko yang bersih dan menarik merupakan hal yang wajib dari sebuah toko parfum.
    Desain toko parfum yang anda miliki pun harus semenarik mungkin, dengan dilengkapi Banner/Spanduk yang mempertegas keberadaan toko anda, juga sebagai sarana promosi. Hiasi juga toko parfum anda dengan lampu warna warni. jika perlu, pasanglah beberapa item pendukung seperti pendingin ruangan atau AC, TV atau Pemutar Music, Showcase minuman dll.

    5. Action!!!

    Setelah anda berhasil membuka toko parfum dengan desain yang menurut anda sudah sangat wooow, lantas apakah tugas anda sudah selesai?? tentu tidak, justru inilah saatnya anda mulai melakukan action untuk mengenalkan kepada konsumen dan meningkatkan omset penjualan toko parfum anda. Beberapa tips / cara meningkatkan omset parfum refill yang dapat anda lakukan :

    - Kelengkapan / ketersediaan Bibit Parfum.
    Jika kita berbicara mengenai parfum, berarti kita berbicara mengenai selera. Setiap orang memiliki selera masing - masing dalam memilih aroma parfum refill/ isi ulang yang akan mereka pakai. Ada orang yang menyukai aroma parfum refill yang soft/lembut, aroma parfum yang segar & fresh, ada yang suka aroma Hard/ keras, aroma buah dll. Sebagai pedagang parfum yang bertanggung jawab, anda harus memenuhi berbagai keinginan pelanggan/konsumen parfum anda dengan stock bibit parfum yang lengkap. atau kalau tidak mereka akan kecewa dan sakit hati kepada anda :D Nha lho!!!
    - Pelayanan yang ramah
    - Promosi
    ada beberapa cara promosi yang dapat anda lakukan :

    * Buatlah Kartu member, dimana konsumen parfum anda akan merasa terikat dan terpacu untuk kembali lagi membeli parum dari anda. Kartu member ini menawarkan hadiah langsung kepada konsumen anda, bisa hadiah berupa parfum atau hadiah lainnya per pembelian berapa kali sesuai keinginan anda.
    * Promosi Media Social.
    Promosikan juga toko anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll.
     
    Last edited: Jan 20, 2017
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Judulnya Threadnya Typo mas bro...!!!
     
    Ezwin Presto likes this.
  3. Ezwin Presto

    Ezwin Presto Member

    Joined:
    Mar 2, 2015
    Messages:
    32
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    hahahaha...makasih bro udah diingetin...tp gara2 itu akhirnya comment kan :D:p:p:p
     
  4. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ya begitulah...!!! Biar lebih indah dibacanya :D
     
Loading...

Share This Page